Oh Young Soo Pemeran Pria Tua di Squid Game Dituduh Lakukan Pelecehan, Dicoret dari Beberapa Iklan

Bagi penggemar drama Korea Squid Game, aktor Oh Young-soo mungkin sudah nggak asing lagi. Namanya baru-baru ini jadi sorotan publik usai kasus dugaan pelecehan menimpanya. Sebenarnya pelaporan kasus itu sudah terjadi ia akhir tahun 2021, tapi proses hukum sempat terhenti, hingga akhirnya Young-soo dijatuhi dakwaan atas kasus itu.

Advertisement

Young-soo juga sudah memberikan bantahan yang disiarkan pada publik atas dakwaan tersebut. Namun, buntut kasus itu tetap membuat karier Young-soo di beberapa proyek harus gagal.

Oh Young-soo dihapus dari beberapa proyek iklan kepemerintahan Korea Selatan dan mengundurkan diri dari film terbaru

Aktor senior pemenang Golden Globe itu harus menelan pil pahit usai dijatuhi dakwaan atas dugaan pelecehan. Melansir dari Korea Herald, Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan mengumumkan telah menghapus iklan yang menampilkan Young-soo pada Minggu (27/11). Proyek iklan tersebut diketahui mempromosikan peraturan pemerintah.

Bahkan sejumlah foto dan video yang menampilkan wajah Young-soo juga telah dihapus dari akun-akun media sosial pemerintah Korea Selatan. Salah satunya Kantor Koordinasi Kebijakan Pemerintah Korea yang telah menghapus foto Young-soo dari situs web resmi mereka. Selain dihapus dari proyek iklan yang sudah berjalan, Korea Herald pun menyebut ada iklan komersial lain yang nggak disebutkan secara detail telah membatalkan kontrak dengan aktor 78 tahun itu.

Advertisement

Bahkan, ia juga resmi mengundurkan diri dari perannya dalam produksi seni panggung Love Letters yang rencananya akan digelar pada 14 Januari 2023 mendatang, di Jeonju, Provinsi Jeolla Utara. Keputusan itu Young-soo ambil demi menjaga acara tersebut dari hal-hal yang nggak diinginkan terkait proyek itu, usai ia didakwa dugaan pelecehan pada seorang perempuan.

Awal mula dakwaan pelecehan yang menimpa Oh Young-soo

Oh Young-soo pelecehan

Potret Young-soo di Squid Game | Foto dari Instagram

Persoalan yang menimpa Young-soo berawal dari seorang perempuan yang mengaku disentuh tubuhnya oleh Young-soo dengan tak senonoh pada pertengahan 2017. Korban melaporkan kejadian itu ke pihak berwajib pada Desember 2021. Kemudian proses penyelidikan pun berlangsung.

Namun, polisi akhirnya memutuskan nggak melanjutkan kasus tersebut pada April 2022, karena kurangnya bukti. Kemudian korban mengajukan banding, sehingga kasus itu diselidiki ulang oleh kejaksaan. Berdasarkan hasil penyelidikan menemukan bukti pendukung dugaan pelecehan itu sehingga kasus naik ke pengadilan. Melansir dari Never, akhirnya Kantor Kejaksaan Distrik Suwon Cabang Seongnam menjatuhi dakwaan tanpa penahanan kepada Young-soo.

Advertisement

Oh Young-soo memberikan bantahan telah melakukan pelecehan

Oh Young-soo pelecehan

Potret Young-soo di Squid Game | Foto dari Instagram

Usai dijatuhi dakwaan, Young-soo secara terbuka pada publik membantah tuduhan pelecehan itu. Ia mengaku hanya memegang tangan pelapor saat membantu jalan di sekitar danau.

“Saya hanya memegang tangannya untuk memandu jalan di sekitar danau,” ungkap Young-soo seperti diberitakan SBS via Naver, Jumat (25/11).

Lebih lanjut Young-soo juga sudah meminta maaf pada yang bersangkutan, saat melakukan tindakan itu. Bahkan, pelapor sempat mengaku nggak akan mempermasahkan tindakan Young-soo. Atas pengakuan itu, Young-soo menegaskan bahwa ia nggak mengakui tuduhan pelecehan tersebut.

“Saya meminta maaf karena (pelapor) mengatakan dia nggak akan mempermasalahkannya, tetapi bukan berarti saya mengakui tuduhan itu,” tegas Young-soo.

Kiprang Young-soo sebagai aktor semakin dikenal saat ia tampil sebagai Oh Il-nam di serial Squid Game. Perannya sebagai pria tua penderita tumor otak yang mengikuti permainan maut, justu mencuri perhatian penonton. Bahkan, berkat aktingnya itu, Young-soo berhasil meraih penghargaan internasional sebagai Best Supporting Actor for Television dalam Golden Globe Award 2022.

Kendati sudah memberikan bantahan, tapi proses hukum tetap kasus itu akan berlanjut dan beberapa proyek pekerjaan juga sudah dibatalkan imbas dakwaan pelecehan itu. Pihak agensi pun belum memberikan keterangan terkait karier Young-soo ke depannya.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE