Oscar Lawalata Kritik Gekrafs Soal Brand Indonesia yang Klaim Ikut PFW 2022

Menurutnya, memajukan produk lokal tidak bisa asal tampil di luar negeri

Desainer kenamaan Indonesia, Oscar Lawalata ikut bersuara soal kegaduhan sederet brand Indonesia yang mengklaim bergabung dalam Paris Fashion Week 2022 (PFW). Ia menyayangkan cara pemerintah Indonesia dalam mempromosikan produk fesyen Tanah Air ke mata dunia.

Advertisement

Karena difasilitasi oleh Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (GEKRAF) dan memakai uang negara, Oscar Lawalata berpendapat kalau uang itu sudah keluar dengan sia-sia.

Oscar Lawalata sebut kegaduhan brand Indonesia yang klaim ikut PFW 2022 sebagai hal yang memalukan

Lewat unggahan di Instagram pribadinya, desainer ini turut menuangkan kritik tajam terutama kepada GEKRAF yang sudah memfasilitasi keberangkatan brand Indonesia ke Paris. Harapan pemerintah tidak sebanding dengan hasil memalukan yang didapatkan.

Advertisement

“Apapun alasannya uang yang dibuang menjadi sia-sia dan menjadi hasil yang memalukan,” tulis Oscar Lawalata.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno sudah menanggapi keriuhan ini. Dilansir dari Kompas.com, Sandiaga Uno menganggap keberangkatan sejumlah brand Indonesia ke Paris menunjukkan bahwa pelaku kreatif Indonesia berhasil memanfaatkan peluang. Pemerintah juga akan terus memfasilitasi produk-produk ekonomi kreatif yang ingin mendunia.

Advertisement

Namun bagi Oscar Lawalata, alasan atau pembelaan seperti itu tidak dapat diterima. Untuk memajukan produk fesyen dalam negeri ke mata dunia tidak cukup sekadar hadir di acara luar negeri tanpa mengerti esensi dan alur resmi di baliknya. Lebih dari itu, butuh tim yang solid dan kemampuan memantaskan produk dalam negeri agar layak tampil di ajang kelas dunia secara resmi.

“Mengangkat kreatifitas fashion anak bangsa diperlukan team yang solid dan mengerti kelayakan pentas dunia. Fashion tidak tumbuh dari sensasi,” tulisnya.

Oscar Lawalata mengajak untuk lebih menghargai proses daripada sensasi sesaat

Tanggapan Oscar Lawalata soal kegaduhan PFW 2022

Tanggapan Oscar Lawalata soal kegaduhan PFW 2022 | Credit: Instagram @oscarlawalata

Wajar jika seseorang ingin karyanya dinikmati lebih banyak orang. Namun ketika mulai mengambil jalan pintas agar lebih cepat populer, justru itu yang tidak boleh terjadi menurut Oscar. Ia mengingatkan untuk lebih setia pada proses.

“Belajar menghargai proses sebuah nilai cipta. Tidak kita dibutakan dalam kebodohan ilusi sensasi,” tulis Oscar.

Komentar Oscar Lawalata ini disambut baik oleh warganet. Mereka berharap lebih banyak lagi desainer Indonesia yang mengkritisi hal ini agar jangan sampai terulang kembali.

Sebelumnya, aktris senior Wanda Hamidah sudah lebih dulu mengkritik rombongan selebgram yang beramai-ramai ke Paris. Ia juga mengungkap bahwa deretan brand lokal itu hanya tampil di fashion show biasa yang digelar bersamaan dengan pekan PFW 2022.

Meskipun sempat dikecam warganet, argumen Wanda tersebut dikuatkan oleh seorang pengusaha parfum Lucky Heng. Ia mengajak publik agar jangan mau dibodohi oleh informasi salah yang beredar. Ia mengungkap bahwa jadwal tampil sejumlah brand itu tidak ada dalam jadwal resmi Paris Fashion Week 2022.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE