Pamungkas Dituding Plagiat Puisi Sastrawan Luar Negeri di Lagu Barunya

Lagu "Birdy" dianggap menjiplak puisi "Bluebird" milik Charles Bukowski

Nama musisi ternama Pamungkas kini sedang jadi bahan perbincangan warganet. Bukan karena prestasi, Pamungkas jadi bahan perbincangan karena dianggap plagiat puisi sastrawan luar negeri. Hal ini pertama kali diketahui dari sebuah cuitan dari warganet di sosial media Twitter.

Kabar ini tentu membuat gempar banyak orang. Pasalnya, plagiarisme dalam karya adalah hal yang sangat berbahaya. Apalagi dilakukan oleh musisi sebesar Pamungkas. Bagaimana cerita dari kasus Pamungkas plagiat puisi ini? Daripada penasaran, yuk langsung simak aja berita lengkapnya di bawah ini!

Pamungkas ditunding memplagiat puisi sastrawan luar negeri untuk lagu barunya

Kontroversi kembali mengitari nama musisi ternama Pamungkas. Kontroversi ini bermula di media sosial Twitter. Seorang warganet membuat cuitan yang memperlihatkan bagaimana Pamungkas melakukan plagiarisme terhadap salah satu puisi sastrawan luar negeri. Plagiarisme tersebut terjadi dalam lagu terbaru Pamungkas berjudul “Birdy”.

Dari cuitan tersebut, kita bisa melihat bahwa Pamungkas dituding menjiplak dan mengganti sedikit kalimat dari puisi berjudul “bluebird” karya Charles Bukowski. Isi dari puisi tersebut kemudian diambil dan dituangkan oleh Pamungkas pada lagu barunya berjudul “Birdy”.

“Problem Pamungkas bukan musikalitas. Tapi mentalitas. Single terbarunya Birdy tidak menawarkan pembacaan ulang atas the bluebird Charles Bukowski. Birdy adalah parafrase yang buruk,” tulis warganet dalam cuitannya.

Pamungkas melakukan beberapa parafrase pada isi puisi berjudul “Bluebird”

Bagian yang dianggap plagiarisme (kiri lirik lagu Pamungkas, kanan puisi Charles Bukowski/Credit: Music Match

Tentu saja tuduhan plagiarisme ini muncul bukan tanpa bukti. Sang warganet kemudian memberikan bukti dari isi puisi Charles Bukowski yang sangat mirip dengan lirik lagu baru Pamungkas “Birdy” yang dirilis pada tanggal 28 Januari 2022 kemarin.

Kemiripan yang ada dalam lirik lagu Pamungkas dan puisi Charles Bukowski terlihat begitu jelas. Pamungkas seperti mengganti kata “bluebird” dengan “Birdy” dan mengotak-ngatik beberapa kata dari puisi tersebut agar terlihat berbeda. Namun, dari keseluruhan kita bisa melihat hal tersebut begitu mirip. Kemiripannya terlihat seperti dalam gambar di atas.

Publik pun menunggu klarifikasi Pamungkas atas tudingan ini. Mereka berharap Pamungkas sudah belajar dari kasus sebelumnya yang serupa.

Pamungkas sempat dianggap mencuri ilustrasi visual untuk album barunya pada tahun 2021 silam

Pamungkas sempat plagiat ilustrasi/Credit: Twitter @m3gumiii

Tudingan plagiat yang dilakukan Pamungkas ternyata bukan yang pertama kalinya. Pada tahun 2021 silam, Pamungkas sempat dianggap meniru sebuah ilustrasi visual untuk album barunya. Saat itu, Pamungkas kemudian berkomunikasi langsung dengan pemilik asli dari ilustrasi yang ia plagiat. Pamungkas juga mengakui kesalahannya.

Kendati begitu, Pamungkas pada akhirnya menyelesaikan permasalahan tersebut. Ia kemudian mengklarifikasi, mengakui kesalahan dan membeli hak ilustasi visual tersebut pada pemilik yang bersangkutan. Setelah itu, masalah dianggap selesai.

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung