Geram dengan Aksi Pengamen Topeng Monyet, Panji Petualang Tindak Tegas dan Sita Hewan yang Disiksa

Panji Petualang tindak topeng monyet

Keberadaan pengamen satwa seperti atraksi topeng monyet memang cukup menjadi hiburan bagi masyarakat. Namun, sayangnya ada oknum pengamen yang memperlakukan monyet-monyet mereka dengan tidak baik. Misalnya melakukan penganiayaan atau kekerasan fisik. Hal ini seringkali dikecam oleh berbagai komunitas pencinta satwa. Seperti yang dilakukan oleh presenter dan YouTuber Panji Petualang beberapa waktu yang lalu.

Advertisement

Panji sempat geram saat mendapati atraksi topeng monyet di depan rumahnya dan melihat sendiri ketika monyet tersebut diseret dan diperlakukan kurang baik. Seketika itu Panji langsung menghentikan atraksi dan memanggil 2 kelompok pengamen topeng monyet ke rumahnya. Hal tersebut diungkap Panji melalui unggahan video di Instagram pribadinya pada Sabtu (7/8) lalu.

Panji mengaku marah saat nggak sengaja melihat monyet yang diseret dan jatuh hingga menjerit kesakitan, ia pun segera menidak tegas si pengamen

Pemilik nama lengkap Muhammad Panji ini mengungkap kekesalannya melalui keterangan unggahan video di Instagram pribadinya.”Gue nggak pernah usil sama orang yang nyari duit bawa hewan. Tapi kalau monyetnya lu tarik terus diseret dan jatuh tepat di depan muka gue, sampai monyetnya jerit, jelas gue murka!” tulis Panji dalam keterangan unggahan tersebut.

Advertisement

Menurutnya, apa yang sudah dilakukan oleh pengamen tersebut sudah benar-benar keterlaluan. Sehingga Panji sebagai pencinta hewan dan memiliki yayasan perlindungan satwa berhak melakukan tindakan tegas. Bahkan Panji juga menyatakan ia akan membela hewan yang mendapat kekerasan saat dipaksa mencari nafkah untuk pemiliknya. Panji mengaku bahwa ia nggak masalah dengan keberadaan pengamen topeng monyet jika mereka menyangi hewan tersebut dan memperlakukannya dengan baik.

“Bukan lagi soal ngamen di PPKM nggak pakai masker, bukan lagi soal fanatik nggak demen lihat orang nyari nafkah manfaatin satwa, tapi kalau udah berlebihan dan keterlaluan, percayalah sampai mati gue bela itu hewan!” Sambung Panji.

Panji segera memberi tindakan tegas dengan cara mengedukasi pengamen dan meminta monyet tersebut untuk ia pelihara sendiri

Advertisement

Selain mendapati hewan yang mengalami kekerasan fisik, Panji juga menunjukkan kandang monyet yang sangat kecil dan nggak layak untuk disebut kandang. Bahkan di sana terdapat perangkat listrik yang dijadikan sound system yang bisa melukai monyet tersebut. Usai menggiring 4 orang pengamen yang terdiri dari 2 kelompok masuk ke rumahnya, Panji pun memberikan edukasi mengenai kekerasan pada satwa.

Panji sempat meminta salah satu di antara pengamen tersebut untuk membacakan dasar-dasar penindakan tegas pada pelaku kekerasan terhadap satwa dari yayasan yang ia kelola. Hal ini dilakukan supaya mereka memahami kesalahan dan nggak mengulangi perbuatannya lagi. Tindakan tersebut nggak hanya edukasi saja, bahkan Panji juga turut menahan monyet tersebut untuk ia pelihara sendiri.

Sebagai ganti atas menyitaan monyet, Panji memberikan modal usaha untuk para pengamen, supaya mereka berhenti menjadi pengamen satwa

Panji saat memberikan modal usaha untuk pengamen monyet | Credit by @panjipetualang_real

Usai memberikan teguran, edukasi dan berujung menyita monyet, nggak membuat Panji lepas tangan begitu saja. Bahkan ia memberikan modal usaha pada masing-masing pengamen sebagai ganti rugi dan supaya mereka bisa membuat usaha lain. “Ini ada sedikit uang dari aku dan istri biar nggak ngamen lagi, ngerti nggak Mas? Biar usahanya yang lain lagi ya, ini ada 1 juta rupiah, jangan ngamen lagi ya, jangan ngamen monyet lagi maksud saya, kasihan,” ujar Panji.

Selain memberikan modal usaha, Panji juga memberikan masker supaya mereka menaati protokol kesehatan. Sebab, selain kedapatan menyiksa monyet saat mengamen, mereka juga melanggar prokes dengan membuat kerumunan dan nggak mengenakan masker. Di akhir video, Panji terus mengingatkan para pengamen tersebut supaya nggak mengulangi perbuatannya lagi, hingga mereka pamit dari kediamannya.

Panji juga menjadikan kejadian tersebut sebagai peringatan bagi siapa pun yang memanfaatkan hewan untuk mencari uang dengan cara menyiksanya “Ini buat siapa pun yang semena-mena sama hewan! Gue sangat nggak suka lu makan dari manfaatin hewan, tapi lu siksa mereka keterlaluan,” ujar Panji.

Menanggapi tindakan Panji tersebut, waganet memberikan dukungan dan memuji sikap Panji dalam menindak pelaku kekerasan terhadap hewan. Apalagi pengamen topeng monyet yang sering membuat para pencinta hewan resah, tapi belum bisa berbuat banyak.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE