Paula Verhoeven dan Asri Welas Terpilih Jadi Duta Bunda Asuh Anak Stunting oleh BKKBN

Stunting masih menjadi permasalahan penting yang terjadi di Indonesia. Pengertian stunting sendiri yaitu gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang, yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar.

Menurut hasil Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) Kementerian Kesehatan (Kemenkes), prevalensi balita yang mengalami stunting di Indonesia sebanyak 24,4% pada tahun 2021. Hal itu menunjukkan bahwa hampir seperempat balita di dalam negeri yang mengalami stunting pada tahun lalu.

Langkah yang dilakukan pemerintah melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) untuk mencegah stunting tidaklah main-main. Dalam kerjanya, BKKBN menggaet beberapa publik figur untuk ditunjuk sebagai Duta Bunda Asuh Anak Stunting.

Ada dua artis yang terpilih yaitu Paula Verhoeven dan Asri Welas. Lantas apa alasan yang membuat BKKBN menunjuk Paula Verhoeven dan Asri Welas menjadi Duta Bunda Asuh Anak Stunting dan apa tugas mereka kelak? Kita simak ulasannya berikut yuk, Sobat Hipwee.

ADVERTISEMENT

Alasan BKKBN memilih Paula Verhoeven dan Asri Welas menjadi Duta Bunda Asuh Anak Stunting

Alasan Paula Verhouven Paula Verhoeven dan Astri Welas terpilih jadi Duta Bunda Asih Anak Stunting

Alasan Paula Verhoeven dan Asri Welas terpilih jadi Duta Bunda Asih Anak Stunting | Credit: Instagram @asri_welas

Dilansir dari laman Kompas pada Selasa (7/2/2023), artis Paula Verhoeven dan Asri Welas dikukuhkan menjadi Duta Bunda Asuh Anak Stunting oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Hasto Wardoyo selaku ketua BKKBN mengukuhkan keduanya dalam acara Sosialisasi Cegah Stunting dan Wawasan di Kelurahan Kali Baru, Cilincing, Jakarta Utara pada hari Selasa 7 Februari 2023.

“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, saya selaku kepala BKKBN dengan ini mengukuhkan kepada saudari Paula Verhoeven dan saudari Asri Welas sebagai Duta Bunda Asuh Anak Stunting,” kata Hasto.

Menurut Hasto, Paula Verhoeven dan Asri Welas merupakan sosok yang memiliki komitmen dan berpartisipasi aktif dalam menyukseskan program Bangga Kencana, khususnya dalam percepatan penurunan stunting. Selain itu keduanya merupakan publik figur dengan followers yang banyak di media sosial. Sehingga, dapat membantu pengoptimalan penyebaran informasi mengenai pencegahan stunting kepada masyarakat.

Diketahui Paula Verhoeven telah memiliki 2 orang anak. Sedangkan Asri Welas mempunyai 3 orang anak. Alasan itu jugalah yang menurut Hasto membuat Paula Verhoeven dan Asri Welas layak dinobatkan menjadi Duta Bunda Asuh Anak Stunting karena dianggap memiliki pengalaman dalam merawat anak.

“Kita harus melakukan massive informastion system. Jadi tentu seperti Paula dan Mbak Asri ini kan follower-nya banyak dan mereka ini punya pengalaman. Saya pernah ke rumah beliau, itu bagaimana anak dirawat dengan baik, jarak melahirkannya juga bagus. Beliau punya pengalaman,”, imbuh Hasto.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Tugas Paula Verhoeven dan Asri Welas sebagai Duta Bunda Asih Anak Stunting

Tugas Paula Verhoeven dan Astri Welas sebagai Duta Bunda Asih Anak Stunting

Tugas Paula Verhoeven dan Asri Welas sebagai Duta Bunda Asih Anak Stunting | Credit: Instagram @asri_welas

Selanjutnya, Paula dan Asri bersama dengan duta generasi muda BKKBN atau yang dikenal sebagai Genre (Generasi Berencana) akan bersama-sama menyampaikan informasi soal stunting kepada masyarakat luas melalui sosialisasi dan kampanye. Hasto menjelaskan bahwa apa yang disampaikan publik figur akan lebih mudah untuk dipahami dan selanjutnya diikuti oleh masyarakat dibanding dengan dirinya.

“Kalau saya yang bilang jangan kawin muda, sering nggak didengar. Kalau mereka yang ngomong, pasti diingat betul,” jelas Hasto.

Heru Budi Hartono yang menjabat sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta juga hadir dalam acara itu. Dia mengatakan Paula dan Asri nantinya bisa mengedukasi ibu-ibu hamil terkait cara-cara mencegah stunting. Hal ini dilakukan agar gizi buruk kronis dapat dicegah sejak bayi berada di dalam kandungan.

“Sehingga ketika melahirkan, anak-anak kita menjadi sehat, menjadi generasi penerus bangsa,” ucap Heru.

Wah, keren banget ya SoHip. Kita doakan bersama yuk semoga Paula dan Asri bisa menjalankan amanahnya dengan baik dan juga masalah stunting di Indonesia segera bisa teratasi.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

"Jangan bosan jadi orang baik."

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day