Permohonan Doddy Sudrajat Ditolak Pengadilan Terkait Perwalian dan Ahli Waris

Permohonan Doddy Sudrajat ditolak

Doddy Sudrajat, ayah mendiang Vanessa Angel, diketahui telah mengajuakan dua permohonan di Pengadilan Agama (PA) Jakarta Pusat pada 10 Desember lalu. Pertama, Doddy mengajukan penetapan ahli waris Dari Vanessa Angel. Kedua, permohonan perwalian anak bernama Gala Sky Andriansyah binti Vanessa Adzania. Dalam permohonan itu, terdapat perubahan nama Gala Sky yang seharusnya mengikuti nama ayahnya, Bibi Andriansyah.

Advertisement

Permohonan itu kemudian diputuskan oleh majelis hakim secara e-litigasi pada Senin (27/12/2021). Humas Pengadilan Agama Jakarta Pusat memutuskan bahwa perkara perwalian atas nama Gala Sky Andriansyah dan penetapan ahli waris Vanessa Adzania dinyatakan tidak diterima. Sementara itu, permohonan perwalian Gala Sky di Jakarta Barat yang diajukan oleh H. Faisal masih di tahap mediasi.

Perkara perwalian anak dan penetapan ahli waris keduanya tidak diterima

Kedua permohonan Doddy ditolak | Credit: @dodysoedrajat_1 via Instagram

Keinginan ayah mendiang Vanessa Angel untuk mendapatkan hak perwalian cucunya dan ahli waris anaknya sepertinya sudah pupus. Pasalnya, kedua perkara yang diajukan kepada Pengadilan Agama Jakarta Pusat itu telah ditolak. Keputusan penolakan  permohonan Doddy Sudrajat itu dinyatakan majelis hakim dalam sidang e-litigasi, Senin (27/12/2021). e-litigasi merupakan sidang secara elektronik sehingga pihak yang bersangkutan tidak hadir secara langsung.

Jajat Sudrajat, humas Pengadilan Agama Jakarta Pusat mengatakan bahwa perwalian anak serta penetapan ahli waris yang diajukan Doddy Sudrajat keduanya dinyatakan tidak diterima.

Advertisement

“Majelis sudah membacakan putusan sebagaimana yang kami sampaikan pada minggu yang lalu, yang perkara perwalian anak serta penetapan ahli waris. Kedua-duanya dinyatakan tidak dapat diterima,” kata Jajat dikutip dari kanal YouTube KH INFOTAINMENT, Senin (27/12/2021).

Permohonan ahli waris ditolak dengan alasan Doddy belum memiliki legal standing menjadi wali dari Gala Sky. Sementara itu, dua permohonan yang sama sedang diproses di Pengadilan Agama Jakarta Barat. Jajat juga menyebutkan bahwa dokumen permohonan lebih dulu diterima oleh PA Jakarta Barat sebelum Doddy mengajukannya di PA Jakarta Pusat.

Merespons penolakan permohonan Doddy, ayah mertua Vanessa Angel mengatakan itu sudah tepat

Advertisement

Faisal merespons penolakan permohonan Doddy | Credit: @dodysoedrajat_1 via Instagram

Menanggapi penolakan permohonan sang besan, ayah mertua Vanessa Angel, Faisal mengatakan keputusan itu sudah tepat. Pasalnya, penolakan itu  sudah menjadi prosedur yang harus dijalankan di pengadilan. Dia mengatakan bahwa saat ini permohonan perwalian Gala Sky di Jakarta Barat masih di tahap mediasi.

“Ya gimana saya mau menanggapinya, kalau menurut saya memang sudah pas itu. Karena kan memang lagi berjalan juga di Pengadilan Jakarta Barat,” kata Faisal dilansir dari detik.com, Senin (27/12).

Setelah dilakukan mediasi minggu lalu dan belum ada penyelesaian, agenda permohonan akan dilanjutkan dengan sidang pada Rabu, 29 Desember 2021. Jika nantinya Doddy berencana melakukan permohonan kembali, pihaknya baru bisa mengajukannya usai permohonan dari Faisal selesai dilaksanakan di Pengadilan Agama Jakarta Barat. Namun, Faisal berharap masalah hal ini bisa diselesaikan secara kekeluargaan dan tidak berlarut-larut. Ayah Bibi Andriansyah itu merasa masalah perwalian Gala Sky sudah melebar ke mana-mana. Saat ini, dia hanya menginginkan yang terbaik untuk sang cucu.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE