Profil Alvin Jonathan, Juara X Factor Indonesia Musim Ketiga

Salah satu ajang pencarian bakat menyanyi yang sangat populer di Indonesia adalah X Factor Indonesia. Tahun ini, ajang pencarian bakat menyanyi itu telah memasuki musim ketiga. Pada Senin (18/4) malam, gelaran X Factor Indonesia Musim 3 resmi berakhir. Alvin Jonathan dinobatkan menjadi juaranya setelah sukses mengalahkan Danar dan 2nd Chance.

Advertisement

Kemenangan Alvin seolah banyak diramalkan penonton usai mendengar suara merdunya di babak audisi saat menyanyikan lagu “Give Me Love” milik Ed Sheeran. Anak didik Bunga Citra Lestari itu berhasil menjadi juara setelah tampil membawakan lagu “Supermarket Flower” milik Ed Sheeran dan duet bersama Ziva Magnolya dengan lagu “Lovely” karya Billie Eilish.

Suara emasnya mampu menyihir para pendengar, banyak orang yang kemudian penasaran dengan sosok Alvin. Berikut profil dari juara X Factor Indonesia Musim 3 itu.

Alvin lahir di Malang dan kini berusia 24 tahun

alvin x factor

Alvin lahir di Malang | Credit: @xfactoridofficial via Instagram

Alvin Jonathan atau yang dikenal dengan nama Alvin Jo lahir di Malang, Jawa Timur pada 20 September 1997. Ayahnya bernama Antonius Sindhunata, sementara ibunya, Gracia, telah meninggal dunia sejak ia kecil.

Advertisement

Ia memiliki dua kakak perempuan bernama Anastasia Clareyssa Sindhunata dan Tania Tamarra Sindhunata. Alvin merupakan penganut Kristen yang ditunjukkan dari single rohani yang dinyanyikannya bersama Olga Victoria. Tak hanya tertarik pada musik, Alvin juga memiliki hobi olahraga sepak bola.

Pernah ikut Idola Cilik dan mendapatkan juara 3

alvin idola cilik

Pernah ikut Idola Cilik   | Credit: @alvinxjo via Instagram

Alvin sudah memperlihatkan bakat menyanyinya sejak masih kanak-kanak. Selain menyanyi, ia juga mahir bermain piano. Sebelum mengikuti ajang X Factor Indonesia, Alvin lebih dulu mengikuti ajang pencarian bakat Idola Cilik musim ketiga.

Saat itu, usianya baru menginjak 13 tahun. Di ajang tersebut, Alvin berhasil keluar sebagai juara ketiga. Ia bersaing melawan Lintar yang menjadi juara pertama dan Rio yang menjadi juara kedua.

Advertisement

Sudah merilis beberapa single, salah satunya berjudul “Mengenalmu”

alvin

Alvin merilis beberapa single | Credit: @alvinxjo via Instagram

Setelah sukses menjadi juara 3 di Idola Cilik, Alvin merilis single pertamanya yang berjudul “Berteman saja”. Single itu menjadi salah satu lagu di album kompilasi Dunia Idola yang digarap bersama para finalis Idola Cilik. Di tahun 2011 hingga 2012, pemuda asal Malang itu aktif mengerjakan proyek lagu rohani yang berkolaborasi dengan Olga Victoria.

Dua tahun kemudian di tahun 2014, Alvin tergabung dalam grup Yujin bersama Rio dan Patton. Mereka merilis single perdana “Mengenalmu” pada tahun 2015. Lama tak terdengar kabarnya, Alvin pun kembali muncul saat mengikuti audisi X Factor Indonesia Musim 3.

Ikut X Factor Indonesia karena merasa bosan, berakhir jadi pemenang

Alvin juara x factor

Alasan ikut X Factor Indonesia karena merasa bosan | Credit: @alvinxjo via Instagram

Pemilik nama lengkap Alvin Jonathan itu pernah membuat juri terkejut saat audisi bukan hanya karena suaranya, tetapi saat mengungkap alasannya mengikuti audisi X Factor Indonesia. Di depan juri, ia secara blak-blakan  mengaku ikut audisi karena merasa bosan dengan hidupnya.

“Kenapa ikut X Factor?,” tanya BCL.

“Karena saya bosan sama hidup saya,” jawab Alvin.

Perkataan Alvin itu langsung membuat BCL terkejut. Namun, Alvin berhasil lolos dengan lima ‘yes’, meskipun Anang sempat memberikan ‘no’. Di X Factor Indonesia Musim 3, Alvin tergabung dalam kelompok Boys yang dimentori Bunga Citra Lestari. Kini, ia berhasil menjadi juara 1 X Factor Indonesia Musim 3.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE