Profil Jung Eun Hye, Aktris Penyandang Down Syndrome di K-Drama “Our Blues”

Ada yang berbeda dari episode terbaru drama Our Blues yang tayang Minggu (22/5) lalu. Penonton setia drama ini dibuat terpana oleh kemunculan sosok Jung Eun Hye. Perempuan tersebut bukan aktris biasa. Ia merupakan penyandang down syndrome pertama di Korea yang beradu akting dalam sebuah drama.

Advertisement

Our Blues mengangkat kisah warga-warga di Pulau Jeju. Setiap episodenya akan berfokus pada satu karakter berbeda tapi masih berkaitan satu sama lain dengan episode sebelum maupun selanjutnya nanti. Setiap tokoh punya kisahnya sendiri ketika datang maupun meninggalkan Pulau Jeju. Namun, mereka selalu menganggap pulau tersebut sebagai pelarian sempurna dari kehidupan di kota.

Drama ini dibintangi oleh Kim Woo Bin, Shin Min Ah, Lee Byung Hyun, dan sederet aktris berbakat lainnya. Kehadiran Jung Eun Hye otomatis menambah daftar aktris berbakat tersebut.

Lalu, seperti apa peran Jung Eun Hye dalam drama Our Blues? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini~

Advertisement

Jung Eun Hye berperan sebagai perempuan dengan down syndrome yang punya semangat hidup tinggi

Jung Eun Hye dalam drama Our Blues

Jung Eun Hye dalam drama Our Blues | Credit by TvN Drama Our Blues

Jung Eun Hye muncul dalam episode 14 drama Our Blues membawakan karakter Lee Yeong Hui. Ia merupakan kakak sekaligus saudara kembar dari Lee Yeong Ok. Meskipun kembar, mereka sama sekali nggak menunjukkan kedekatan seperti saudara kembar pada umumnya.

Yeong Ok sengaja pergi meninggalkan kakaknya karena nggak mau direpotkan dalam mengurus Yeong Hui yang terlahir dengan down syndrome. Alhasil, ia hanya mengirim uang tanpa pernah peduli bagaimana keadaan kakaknya.

Advertisement

Meskipun demikian, Yeong Hui bukanlah sosok yang tak berdaya. Sehari-hari, ia menetap di rumah fasilitas khusus untuk orang cacat di Seoul. Ia memang hidup sebatang kara karena orang tua mereka telah meninggal. Namun, disabilitasnya sama sekali nggak mempengaruhi kegigihannya dalam bekerja.

Yeong Hui dikenal sebagai sosok yang rajin membantu di rumah tersebut, hobi merajut, dan bekerja paruh waktu di sebuah kedai kopi.

Selama ini, Yeong Hui selalu ingin menjalin komunikasi dengan adik kembarnya itu. Meskipun sering nggak mendapat jawaban, ia tetap rajin menelepon Yeong Ok untuk menanyakan kabarnya. Dalam episode 14, Yeong Hui akhirnya memutuskan untuk menemui adiknya langsung ke Pulau Jeju. Kalau kamu udah nonton, pasti tahu kelanjutan ceritanya seperti apa~

Karakter Yeong Hui terinspirasi dari kehidupan nyata Jung Eun Hye

Cerita terinspirasi dari kehidupan nyata Eun Hye

Cerita terinspirasi dari kehidupan nyata Eun Hye | Credit: Instagram @tvn_drama

Selain down syndrome, Yeong Hui juga digambarkan menderita penyakit skizofrenia dalam drama Our Blues. Ia tetap menjaga semangat hidupnya karena ingin mewujudkan impian terbesarnya menjadi seorang pelukis. Penggambaran itu bukan skenario di atas kertas belaka. Nyatanya, itu sesuai dengan cerita asli kehidupan Jung Eun Hye.

Wah, ini bagus banget untuk menginspirasi banyak orang, ya SoHip! Kesempatan hidup yang lebih baik akan selalu ada untuk siapa pun yang mau memperjuangkannya.

Lewat kemampuan aktingnya, Eun Hye sukses menuai pujian dari publik. Kemunculannya sebagai artis pengidap down syndrome pertama yang main drama di Korea juga diapresiasi sebagai wujud keberagaman kondisi manusia.

Jung Eun Hye menjadikan lukisan sebagai wadah untuk berkarya dan menjaga kesehatan mentalnya

Eun Hye adalah seorang pelukis andal

Eun Hye adalah seorang pelukis andal | Credit: Instagram @tvn_drama

Perempuan berusia 32 tahun ini adalah seorang seniman berbakat. Ia berkarya di bawah naungan Seoul Cultural Foundation, Jamsil Creative Studio dan telah menghasilkan beragam karya lukisan serta pameran. Awalnya, ia dimotivasi oleh kedua orang tuanya untuk mulai menggambar sejak tahun 2013.

Sang ibu, Jang Cha Hyun, mulai menyadari bahwa melukis dan menggambar adalah bentuk penyaluran emosi paling sesuai untuk putrinya. Pemikiran itu berawal dari keprihatinannya melihat kondisi Eun Hye yang nggak punya aktivitas lain sehabis lulus dari sekolah. Putrinya itu hanya berdiam diri di rumah sehingga mengalami kemunduran berpikir, gejala obsesif-kompulsif, dan skizofrenia.

Awalnya, Cha Hyun menyarankan putrinya untuk bersih-bersih sebuah studio yang ibunya dirikan di depan sekolahnya. Namun, Eun Hye justru tampak lebih tertarik menggambar setelah melihat anak-anak lainnya menggambar. Sejak saat itu, sang ibu sadar bahwa gejala skizofrenia putrinya perlahan membaik setiap ia mulai fokus menggambar.

Lukisan karya Jung Eun Hye sering mengangkat potret orang asing yang berlalu lalang di sebuah tempat

Eun Hye telah melukis 4000 potret wajah

Eun Hye telah melukis 4000 potret wajah | Credit: Instagram @tvn_drama

Sejak tahun 2016, Eun Hye mulai menemukan warna dan keunikan lukisannya sendiri. Ia sangat menikmati melukis potret dan karikatur wajah seseorang. Ia akan mengunjungi tempat-tempat ramai dan mulai memilih wajah-wajah yang ingin ia lukis. Salah satu tempat terkenal yang pernah ia datangi yaitu Pasar Sungai Munho di Yangpyeong, Provinsi Gyeonggi.

Terhitung dari tahun 2016 hingga 2019, Eun Hye berhasil menggambar wajah 4000 orang. Hasil lukisannya itulah yang ia pajang di sebuah pameran seni. Berkat keunikannya itu, ia menjadi terkenal sebagai pelukis “Your Face”.

Nah, itu tadi profil Jung Eun Hye yang jadi perbincangan hangat sejak kemunculannya dalam drama Our Blues. Kamu juga bisa mengikuti kesehariannya selain melukis, lo. Eun Hye punya kanal YouTube bernama Caricatur Artist Eunhye yang berisi kesehariannya di studio lukis hingga interaksi hangatnya dengan orang-orang sekitar.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE