Mengenal Sosok Laksmi Shari De Neefe Suardana, Pemenang Puteri Indonesia 2022 Asal Bali

Kontes kecantikan Puteri Indonesia memang selalu menarik untuk diikuti. Apalagi kontes kecantikan ini akan melahirkan para juara yang nggak hanya cantik secara penampilan, tapi juga cerdas dan memiliki visi misi mulia yang berdampak bagi masyarakat. Seperti sosok Laksmi Shari De Neefe Suardana yang baru saja terpilih sebagai Puteri Indonesia 2022.

Advertisement

Laksmi mewakili Bali resmi menggantikan Ayu Maulida yang menjadi Putri Indonesia 2021. Momen bahagia sekaligus membanggakan tersebut diselenggarakan di Jakarta Covention Center, Senayan pada Jumat (27/5) malam. Usai dinobatkan menjadi Puteri Indonesia 2022, Laksmi tak luput dari sorotan publik yang penasaran dengan sosoknya. Siapa sebenarnya ia? Berikut profil Laksmi Shari De Neefe Suardana.

Laksmi lahir dan dibesarkan di Ubud, Bali yang membuatnya jatuh cinta pada alam dan seni desain

Puteri Indonesia 2022

Potret Laksmi | Foto dari Instagram @laksmideneefe

Gadis kelahiran Ubud 26 Januari 1996 ini merupakan blasteran Indonesia-Australia dari pasangan Ketut Suardana dan Janet De Nefee. Laskmi tumbuh dewasa dibesarkan kedua orang tuanya di Ubud, sebuah desa di Bali yang terkenal dengan keindahan alam dan seni budaya.

Lahir dan besar di Ubud ternyata memupuk rasa cinta Laksmi pada keindahan alam, dan seni desain. Dilansir dari laman Puteri Indonesia, anak ketiga dari empat bersaudara ini memiliki hobi membaca, memasak, bermain tenis, berkuda, berkebun, dan mendaki gunung.

Advertisement

Laksmi aktif di berbagai kegiatan literasi di Bali melalui sebuah yayasan

Puteri Indonesia 2022

Potret Laksmi | Foto dari Instagram @laksmideneefe

Sebagai juara Puteri Indonesia, tentu Laksmi memiliki banyak prestasi. Ia memegang gelar akademik Bachelor of Fashion Business dari Universitas Polimoda, Italia. Laksmi sempat membagikan momenya wisuda di masa pandemi dan berhasil lulus dengan predikat cumlaude di kampus mode di daerah Florence, Italia.

Gadis 26 tahun ini juga aktif dalam kegiatan literasi seperti menjadi Host IG Live Book Club untuk Ubud Writers & Readers Festival sejak 2020, Klub Buku Narasi Bookshelf Tour 2021, dan menjadi moderator di peluncuran Ubud Writers & Readers Festival 2021.

Kedua orang tua Laksmi diketahui merupakan pengagas dan pendiri Yayasan Muda Swari Saraswati yang didirikan pada 2004. Yayasan tersebut merupakan yayasan nirlaba yang bertujuan mendukung kehiupan masyarakat Indonesia melalui program seni dan budaya, sekaligus didirikan sebagai pemulihan akibat tragedi bom Bali.

Advertisement

Laksmi giat menjadi sukarelawan yang fokus pada dunia pendidikan dan literasi anak

Puteri Indonesia 2022

Potret Laksmi | Foto dari Instagram @officialputeriindonesia

Perempuan yang bekerja sebagai Marketing Manager Casa Luna Bali Group ini juga aktif di kegiatan pendidikan dan sosial. Ia menjadi sukarelawan untuk mengajar Bahasa Inggris di Hope for Bali, Yayasan Begawan. Laksmi juga kerap  mengunjungi Lembaga Pembinaan Khusus Anak IIBB di Karangasem, Bali. Dari kegiatannya inilah, saat  malam grand final Puteri Indonesia 2022 Laksmi sempat membahas soal minat baca anak-anak Indonesia yang menurutnya perlu ditingkatkan.

Terpilihnya Laksmi menjadi Puteri Indonesia 2022 sekaligus membuatnya mencetak sejarah sebagai perempuan Bali pertama yang berhasil menjuarai kontes kecantikan begensi tersebut. Sebagai Puteri Indonesia, Laksmi pun bersiap untuk mewakili Indonesia di anang Miss Universe 2022.  Atas kesuksesannya tersebut pula, ia berharap bisa menyosialisaikan Bali dengan aspek berkelanjutan melalui Yayasan Puteri Indonesia.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE