Profil Oh Young Soo, Pemeran Kakek di “Squid Game” yang Raih Golden Globe Awards

Pemeran kakek di "Squid Game" tersebut tentu bangga dan terharu

Aktor Oh Young Soo pemeran kakek di serial Netflix “Squid Game” mengejutkan publik setelah berhasil memenangkan salah satu kategori Golden Globe Awards baru-baru ini. Dia berhasil memenangkan nominasi Aktor Pendukung Terbaik lewat penampilannya di “Squid Game”, serial original Netflix asal Korea Selatan. Oh Young Soo pun dikabarkan menjadi aktor Korea Selatan pertama yang mendapat penghargaan individu di Golden Globe Awards.

Advertisement

Oh Young Soo menjadi aktor Korea pertama yang pernah memenangkan Golden Globe sejak penghargaan dimulai tahun 1944. Aktor berusia 77 tahun itu memerankan kakek bernomor 001 yang bernama Oh Il Nam dalam serial “Squid Game”. Oh Young Soo bukan nama yang baru di industri hiburan Korea Selatan. Dia mengawali kariernya di panggung teater pada tahun 1963 dan tergabung dalam kelompok ‘The Square‘. Young Soo memulai debut dalam film dan serial pada tahun 1998 dan telah membintangi sejumlah di antaranya.

Oh Young Soo merupakan aktor veteran Korea Selatan yang lahir tahun 1944

Aktor veteran Korea Selatan Oh Young Soo | Credit: Asianwiki

Setelah sukses menjadi sorotan dunia lewat keberhasilannya meraih Golden Globe, banyak yang penasaran dengan fakta-fakta Oh Young Soo. Dia lahir di Kaesong, Korea Utara pada 19 Oktober 1944 dengan nama Oh Se Kang. Oleh karena konflik Korea Utara dan Korea Selatan, keluarganya berpindah ke Paju, Korea Selatan dan dia besar di sana.

Young Soo memulai kariernya di dunia teater pada tahun 1963. Kesempatan datang kepadanya pada tahun 1971 saat ditugaskan memainkan peran Stanley dalam drama “A Streetcar Named Desire“. Dia merupakan anggota National Theater Company of Korea sejak tahun 1987 sampai 2010.  Selama lebih dari setengah abad, Young Soo sudah tampil di lebih dari 200 produksi.

Advertisement

Dia memulai debut sebagai aktor film dan serial sejak tahun 1998, paling sering memerankan biksu

Oh Young Soo menjadi biksu | Credit: News.fox

Setelah terjun dalam berbagai pagelaran teater, Oh Young Soo kemudian memulai debut sebagai aktor film dan serial pada tahun 1998. Di  usianya yang kini menginjak 77 tahun, dia telah membintangi sederet film dan drama Korea. Beberapa drama yang pernah dia bintangi di antaranya “God of War”, “Chocolate”, “The Great Queen Seondeok”, dan “Moon River”. Sementara sederet film yang pernah dibintanginya antara lain “A Little Monk”, “Summer, Fall,… and Spring”, dan “Soul Guardians”.

Sebelum membintangi serial “Squid Game”, Oh Young Soo sering memerankan karakter seorang biksu. Bahkan, banyak orang mengira dirinya benar-benar menjadi biksu di dunia nyata. Di “Squid Game”, dia berperan sebagai peserta nomor 001 bernama Oh Il Nam. Dia merupakan seorang kakek penderita tumor yang mengaku mengikuti “Squid Game” untuk bersenang-senang di sisa hidupnya.

Karakternya yang penuh teka-teki membuat banyak penonton berspekulasi. Namun, ending yang mengejutkan berhasil dimainkan sempurna oleh aktor veteran ini. Berkat pencapaiannya memperoleh Golden Globe Awards, media, kolega, dan penonton pun banyak yang memujinya. Bahkan, Presiden Moon Jae In memposting di halaman pribadinya memberikan hormat dan terima kasih kepada aktor Oh Young Soo.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE