Psikis Rizky Billar Terganggu, Kuasa Hukum Minta Jadwal Pemeriksaan Ditunda

Dugaan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang dilakukan seleb Rizky Billar terhadap sang istri Lesti Kejora hingga saat ini belum menemukan titik terang. Pasalnya, polisi memang sudah melakukan pemeriksaan terhadap hasil visum Lesti Kejora dan melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) di kediaman Lesti dan Billar. Namun, hingga saat ini pemeriksaan terhadap Rizky Billar belum bisa dilakukan.

Advertisement

Pemeriksaan tersebut seharusnya dilakukan pada Kamis (6/10) siang kemarin, tapi terpaksa batal. Bahkan, tim kuasa hukum Rizky Billar yang datang ke Polres Metro Jakarta Selatan hanya untuk menyerahkan surat permohonan pengunduran pemeriksaan terhadap klien mereka.

Tim kuasa kukum mengungkap bahwa psikis Rizky Billar terganggu, sehingga minta pemeriksaan ditunda

Rizky Billar bantah KDRT

Potret Rizky Billar | Foto dari Instagram Rizky Billar

Ketidakhadiran Rizky Billar dalam pemeriksaan pada Kamis (6/10) yang sudah dijadwalkan beberapa hari sebelumnya ini memang menimbulkan tanda tanya bagi publik yang menunggu perkembangan kasus dugaan KDRT tersebut. Tim kuasa hukum Rizky Billar yang datang ke Polres Metro Jakarta Selatan Adek Erfil Manurung mengungkap bahwa psikis kliennya itu terganggu, sehingga nggak bisa memenuhi panggilan pemeriksaan.

“Hari ini kami mewakili Billar, beliau tidak hadir karena beliau terganggu, kondisi psikisnya terganggu. Karena beliau lagi tunggu ustaz dan beliau ada kesibukan, sehingga tidak bisa datang kemari, ” kata Adek pada media, seperti yang Hipwee nukil dari CNN Indonesia.

Advertisement

Lebih lanjut, Adek juga menjelaskan bahwa psikis Rizky Billar yang terganggu itu, karena pemberitaan yang ramai di media sosial mengani dugaan KDRT terhadap Lesti Kejora.

“Dia (Billar) tidak bisa datang karena terganggu psikisnya terkait media soisal yang menayangkan berita-berita dengan narasi yang dibangun kurang baiklah, yang tidak sepantasnya, yang dilakukan oleh para netizen,” jelas Adek.

Bahkan, Adek juga mengungkap bahwa psikis ibunda Rizky Billar pun ikut terganggu karena ramainya pemberitaan tersebut. Maka dari itu, kedatangan tim kuasa hukum Rizky Billar ke Polres Metro Jakarta Selatan bertujuan untuk menyerahkan surat permohonan penundaan pemeriksaan hingga minggu depan. Namun, pihak kepolisian juga belum memberikan keterangan terkait penjadwalan ulang pemeriksaan tersebut.

Advertisement

Pihak Rizky Billar membantah adanya KDRT pada Lesti Kejora

Rizky Billar bantah KDRT

Potret Rizky Billar dan Lesti Kejora | Foto dari Instagram Rizky Billar

Selain mengungkap kondisi dan alasan Rizky Billar nggak hadir memenuhi panggilan pemeriksaan polisi, tim kuasa hukum juga mengungkap adanya bantahan terhadap tuduhan KDRT yang dilakukan kliennya. Saat ditanya soal KDRT itu, menurut Adek tuduhan tersebut cukup berlebihan meski ada bukti visum.

“Oh itu tidak, (tuduhan KDRT) itu berlebihan. Walaupun visum ada, tapi kan belum ada pemeriksaan. Kita tunggulah pemeriksaan minggu depan,” ujar Adek.

Mengetahui bantahan dari pihak Rizky Billar tersebut, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan bahwa nggak masalah bila Rizky Billar saat ini membantah. Namun, pihak kepolisian telah bekerja berdasarkan fakta hukum yang ada. Apalagi penyidik juga memiliki bukti visum.

“Silakan saja membantah. Penyidik kan berdasarkan fakta hukum. Hasil visum sudah dibuktikan semua seperti itu. Nggak ada yang berlebihan, orang itu hasil visumnya begitu menyatakan. Salah satu bukti untuk pemeriksaan KDRT kan visum yang mendukung,” ungkap Zulpan, dinukil dari Detiknews.

Lebih lanjut Zulpan juga mengungkap bahwa penyidikan dugaan KDRT yang dilaporkan Lesti Kejora juga sudah sesuai prosedur. Selain pemeriksaan terhadap terlampor Rizky Billar, bukti visum, ada juga saksi, bukti CCTV, dan keterangan ahli.

Sebelumnya, Rizky Billar dilaporkan oleh sang istri Lesti Kejora dalam kasus dugaan KDRT ke Polres Metro Jakarta Selatan, pada 28 September 2022. Lesti Kejora ditemani kuasa hukumnya, Sandy Arifin memberikan keterangan telah mengalami KDRT yang dilakukan Rizky Billar.

Masalah rumah tangga pasangan seleb yang menikah pada 19 Agustus 2021 silam itu diketahui bermula ketika Lesti mengetahui Billar selingkuh. Billar yang nggak terima dan emosi, kemudian melakukan beberapa tindak kekerasan pada sang istri.

Beda kronologi yang diungkap pihak Lesti Kejora dan pihak Rizky Billar

Selain membantah adanya KDRT yang dilakukan Rizky Billar, pihak kuasa hukum juga mengungkap kronologi kejadian versi mereka. Tim kuasa hukum membantah adanya tindakan Rizky Billar yang membanting Lesti Kejora, seperti yang heboh diberitakan. Menurut mereka, Lesti bukan dibanting tapi kebanting karena Billar sempat menepisnya.

“Sebenarnya, kata dibanting-banting itu tidak benar. Dibanting berkali-kali tak benar. Sebenarnya itu dia (Billar) menepis, ketika dia mau ke kamar mandi, Lesti ngejar dan narik kalung, ditepis, Lesti jatuh,” kata Adek.

Cerita tersebut berbeda dengan versi Lesti Kejora dalam laporannya pada polisi. Lesti mengaku dicekik hingga jatuh ke kasur pada Rabu 28 September 2022 dini hari. Kemudian di paginya dia diseret ke kamar mandi dan dibanting berkali-kali oleh Rizky Billar.

Keterangan pihak Rizky Billar tersebut memang membuat tanda tanya besar. Namun, masih butuh pemeriksaan dan penyidikan lebih lanjut oleh pihak berwajib. Meski bukti utama, bukti pendukung, keterangan saksi dan ahli sudah disiapkan, tapi proses tetap harus menunggu penjadwalan ulang untuk pemeriksaan Rizky Billar.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE