Putra Sulung Ridwan Kamil Hilang Terseret Arus Sungai Saat Berenang di Swiss, Begini Kronologinya

Kabar musibah datang dari keluarga Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Emmeril Kahn, putra sulungnya dikabarkan hilang setelah terseret arus saat berenang di Sungai Aare, Swiss pada Kamis (26/5) lalu. Kabar tersebut dibenarkan dan dikonfirmasi oleh adik Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman.

Advertisement

Hari itu, Emmeril Kahn Mumtadz berenang di Sungai Aare. Kabarnya, Camillia Laetitia, sang adik juga ikut berenang bersama. Keluarga Ridwan Kamil diketahui memang sedang berada di Swiss dalam rangka mencari sekolah untuk melanjutkan pendidikan S2 Eril.

Eril hanyut terseret arus saat hendak menepi ke pinggir sungai

Anak sulung Ridwan Kamil hilang saat berenang di sungai Swiss

Anak sulung Ridwan Kamil hilang saat berenang di sungai Swiss | Credit: Instagram @emmerilkahn

Elpi Nazmuzaman menceritakan bahwa putra sulung Ridwan Kamil itu berenang pada siang hari saat cuaca dalam kondisi cerah.

Advertisement

“Bahwa benar anak pertama kakak kami, Ridwan Kamil, yang bernama Emmeril Kahn Mumtadz atau biasa dipanggil Eril mengalami musibah di Bern, Swiss pada 26 Mei 2022 siang hari waktu Swiss,” jelasnya dalam keterangan tertulis, dikutip dari CNN Indonesia.

Eril tidak berenang sendiri, ia membawa serta sang adik dan teman-temannya. Saat kejadian, posisi Eril hendak naik ke permukaan sungai untuk menepi. Belum sampai ke pinggir, derasnya arus sungai sudah lebih dulu menyeret tubuhnya. Teman-teman Eril sigap membantu menarik tubuhnya sebelum akhirnya terseret arus sungai sepanjang 295 km itu.

Advertisement

“Kronologisnya, Eril berenang di Sungai Aaree, Bern bersama adik dan kawannya. Saat ingin naik ke permukaan, Eril terseret arus sungai yang cukup deras yang sebelumnya sempat mendapat bantuan dari kawannya.

Kejadian tersebut terjadi pada tanggal 26 Mei 2022 siang hari waktu Swiss dengan kondisi cuaca cerah,” lanjut Elpi.

Mendengar kabar musibah itu, Ridwan Kamil langsung bertolak ke Swiss. Diketahui, ia sedang berada di Inggris untuk urusan pekerjaan.

“Saat kejadian, Pak Ridwan Kamil sedang berada di Inggris dalam kegiatan pemerintahan di luar negeri bersama delegasi dari Pemprov Jawa Barat. Beliau langsung menyusul ke Swiss setelah menerima kabar musibah tersebut dan saat ini telah bertemu dengan keluarga di sana,” ujarnya.

Kepolisian setempat masih melakukan pencarian keberadaan Eril

Emmeril Kahn dan ayahnya, Ridwan Kamil

Emmeril Kahn dan ayahnya, Ridwan Kamil | Credit: Instagram @emmerilkahn

Kepolisian dan tim SAR setempat sudah memulai proses pencarian. Upaya tersebut sementara ini belum membuahkan hasil dan terpaksa ditunda karena hari sudah mulai gelap.

“Kondisi Eril saat ini masih dalam pencarian tim SAR dan polisi Swiss. Namun pencarian dihentikan sementara karena hari sudah mulai gelap dan rencananya akan dilanjutkan esok pagi.

Hingga informasi ini disampaikan, pencarian sudah berjalan 6 jam (26 Mei jam 23 WIB) dan kami berharap Eril dapat ditemukan segera dalam keadaan sehat,” jelasnya.

Sementara itu, Duta Besar RI untuk Swiss, Muliaman D Hadad membenarkan bahwa saat ini tim SAR dan kepolisian setempat masih melakukan proses pencarian. Ia pun menambahkan bahwa istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya ikut berenang saat musibah itu terjadi. Namun, Atalia dan rombongan berhasil selamat.

“Benar, saat ini sedang dalam pencarian oleh pihak kepolisian dan SAR setempat. Mohon doanya,” ujar Muliaman pada Jumat (27/5) pagi, dilansir dari CNN Indonesia.

Semoga Eril bisa segera ditemukan dalam kondisi sehat walafiat, ya SoHip. Kita doakan agar proses pencarian yang dilakukan polisi berjalan lancar dan Eril bisa berkumpul lagi dengan keluarga serta teman-temannya. Amin.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE