Putuskan Tak Pakai Nama Asli untuk Berkarier, Refal Hady Ungkap Alasan di Baliknya

Pemberian nama untuk seseorang punya sejumlah tujuan. Orang tua sering mengatakan kalau nama anak adalah bagian dari doa dan harapan mereka akan masa depan si kecil. Di sisi lain, nama kita sebenarnya juga digunakan untuk jadi pembeda antara diri sendiri dan orang lain.

Advertisement

Namun nyatanya, beberapa nama di dunia ini dimiliki oleh banyak orang sekaligus. Ini membuat sebagian orang memutuskan mengubah nama mereka untuk tujuan tertentu. Seperti yang dilakukan oleh aktor Refal Hady. Ia memutuskan memakai nama panggung berbeda agar lebih mudah dikenal. Lantas, siapa nama asli Refal Hady, ya?

Refal Hady ternyata bukan nama asli sang aktor. Nama itu didapat dari gabungan nama lahirnya

Nama asli Refal Hady

Nama asli Refal Hady | Credit: Instagram @refalhady

Bintang Wedding Agreement ini diketahui berdarah campuran Arab Betawi. Sebagaimana keturunan Arab pada umumnya, Refal Hady pun memiliki marga yang disematkan di belakang nama aslinya yakni Alhady. Dari sini bisa dibilang kalau kata “Hady” pada nama Refal Hady berasal dari marga sang aktor.

Hal itu diketahui dari obrolan Refal Hady dalam acara Talkative yang tayang di kanal YouTube Folkative (8/11). Di situ, ia mengungkap namanya yang selama ini dikenal publik ternyata bukan nama asli. Refal menjelaskan kalau nama aslinya adalah Reza Fahlevi Alhady.

Advertisement

“Nama gue sebenernya Reza Fahlevi Alhady. (Disingkat jadi) Refal Hady,” katanya.

Meskipun berasal dari gabungan nama asli, ternyata ada cerita di balik digantinya nama “Reza” sebagai nama depan Refal Hady

Alasan Refal Hady mengubah nama

Alasan Refal Hady mengubah nama | Credit: Instagram @refalhady

Usai mengungkapkan nama lahir yang sebenarnya, Refal Hady menceritakan kisah di balik terbentuknya nama panggung tersebut. Semua itu bermula pada tahun 2011 saat sang aktor hendak casting mengawali kariernya di dunia hiburan. Kala itu, nama Reza ternyata udah banyak banget dipakai oleh aktor Tanah Air.

Advertisement

“Gara-gara gua casting dulu banget 2011, nama Reza tuh banyak banget. Ada yang disebutnya Reza kriting, Reza ini, Reza itu, gua nggak tahu Reza apa, ‘Reza Bukan’ mungkin? Saking banyaknya,” kenang Refal Hady.

Menanggapi soal banyaknya aktor yang udah lebih dulu memakai nama Reza, akhirnya manajer Refal Hady pun berinisiatif untuk mengubah nama depan sang aktor menjadi “Refal.” Perubahan itu nantinya diharapkan agar Refal Hady lebih mudah dikenal lewat namanya.

Tanpa pikir panjang Refal Hady akhirnya memulai karier di industri hiburan Indonesia menggunakan nama tersebut. Nama itu jugalah yang ikut melambung dan mendatangkan rezeki seiring berkembangnya karier sang aktor saat ini.

Sejumlah warganet ternyata baru mengetahui tentang fakta Refal Hady satu ini. Bahkan salah satu dari mereka mengaku bingung karena Refal hanya memakai kata “Hady” di belakang namanya sementara kakaknya diketahui lengkap menggunakan “Alhady”.

“Akhirnya pertanyaan gw terjawab. Kenapa kakaknya pada Al Hady, doi Hady doang,” tulis seorang warganet.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE