Turut Rasakan Beratnya Jadi Single Mom, Rachel Vennya Galang Bantuan untuk UMKM Perempuan

Rachel galang dana untuk UMKM perempuan

Selebgram Rachel Vennya kerap menyuarakan aksi membantu sesama melalui media sosial pribadinya. Seperti baru-baru ini ia kembali menunjukkan empatinya terhadap warga yang terdampak Covid-19. Dalam aksinya kali ini, perempuan berusia 25 tahun tersebut memfokuskan menggalang dana untuk memborong Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) milik perempuan.

Advertisement

Dalam dua hari penayangan di Kitabisa.com sejak 31 Juli 2021, dana yang masuk telah melebihi Rp200 juta. Tindakan Rachel mendapat apresiasi dari banyak pihak. Ia dinilai sebagai salah satu figur publik yang peduli akan kelangsungan ekonomi masyarakat kecil. Penggalangan dana kali ini pun sangat spesial bagi Rachel, sebab ia merasakan sendiri bagaimana menjadi perempuan mandiri di tengah kondisi yang sulit bagi banyak pihak.

Bukan tanpa alasan, penggalangan dibuat karena Rachel simpati perjuangan perempuan terutama single parent untuk bisa bertahan kala pandemi

Rachel Vennya galang dana untuk perempuan | Credit; Instagram @rachelvennya

Melalui laman Instagramnya, Rachel berinisiatif membuka donasi untuk UMKM milik para perempuan. Dagangan yang dibeli nantinya bakal disalurkan ke orang-orang yang membutuhkan. Ia menjalaskan bahwa program ini terbatas untuk 5.000 UMKM perempuan saja.

Syaratnya harus dalam bidang kuliner atau warung kelontong yang menjual kebutuhan pokok dan berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Semarang Yogyakarta, Surabaya, Lampung, serta Medan. Penggalangan dana ini pun masih dibuka hingga 29 hari ke depan.

Advertisement

“Sebagai perempuan kita harus saling support, makannya aku kepikiran banget pas banyak ibu-ibu dan perempuan yang DM buat bantuin usahanya selama pandemi. Aku tahu gimana beratnya single mom karena aku sendiri dibesarin sama single mom dan bukan dari keluarga yang berkecukupan malah, yang susah banget,” papar Rachel Vennya dikutip dari Instagramnya, Senin (2/8).

Ia kemudian menjelaskan bahwa sebenarnya ingin membantu tanpa melihat gender apapun, tetapi ia sadar bahwa peran perempuan kala pandemi sangat krusial, apalagi mereka yang menjadi tulang punggung di keluarga. Untuk itu Rachel punya tekad yang kuat mengadakan penggalangan bagi mereka yang membutuhkan. Hinga Senin, 2 Agustus 2021, donasi Rachel Vennya yang sudah terkumpul lebih dari Rp240 juta.

Sebelum membantu UMKM perempuan, Rachel sudah berhasil mengadakan 6 kali penggalangan dana dengan jumlah yang besar

Advertisement

Dua hari penayangan terkumpul Rp200 juta| Credit: Kitabisa.com

Sikap Rachel Vennya mendapat pujian dari banyak pihak, terhitung ibu dua anak ini telah melakukan penggalangan dana sebanyak 7 kali di laman Kitabisa.com. Mulai dari bencana gempa bumi Donggala dan tsunami Palu, anak-anak dengan HIV/AIDS, ketersediaan APD Covid-19, bencana alam di Kalimantan Selatan dan Sulawesei Barat, banjir dan longsor NTT, warga dan nakes terdampak Covid-19 hingga UMKM bagi perempuan dengan target sebesar Rp1 miliar.

Sebelumnya Rachel sempat menolak penghargaan yang diberikan oleh Museum Rekor Indonesia atau MURI karena menjadi figur publik yang berusaha menanggulagi pandemi Covid-19 di Indonesia. Ia telah mengumpulkan setidaknya Rp9 miliar untuk tenaga kesehatan dan masyarakat yang terdampak.

“Diantara mereka banyak ibu-ibu kayak kita yang gak bisa ketemu anaknya demi menolong orang lain. Atau pedagang keliling yang tetap kerja di masa sekarang. Mereka ngelakuin itu demi keluarganya. Demi anak-anaknya. Kita sebenarnya gak sedang membantu mereka, tapi kita lagi belajar dari perjuangan mereka,” tutupnya dikutip dari Fimela saat Rachel menolak pemberian rekor MURI.

Diharapkan penggalangan dana ini bisa menjadi sebuah semangat untuk masyarakat Indonesia menghadapi pandemi Covid-19. Semoga dana yang terkumpul bisa digunakan sebaik mungkin untuk perempuan Indonesia yang tengah terdampak pandemi. Semangat selalu!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE