Idap Kista dan Miom, Rachel Goddard Putuskan Angkat Rahim. Biar Nggak Sakit Lagi

Rachel Goddard angkat rahim

Kata-kata penuh semangat dan doa tampak membanjiri akun Instagram Rachel Goddard baru-baru ini. Selebgram sekaligus Beauty Vlogger tersebut menerima banyak dukungan usai mengabarkan kondisi kesehatannya. Seperti diketahui, Rachel pernah menderita kista dan miom. Setelah kista sempat dinyatakan lenyap dari rahimnya, Rachel harus menerima realita kalau kista tumbuh lagi. Alhasil ia harus mengambil keputusan berat dalam hidupnya.

Advertisement

Menukil Alodokter, kista merupakan penyakit yang dipicu oleh benjolan berbentuk kantung. Sebenarnya benjolan tersebut bisa muncul di bagian tubuh mana pun, tapi paling umum berkembang di area ovarium baik bagian kiri, bagian kanan, atau keduanya. Benjolan itu berisi cairan, semisolid, atau material gas. Sedangkan miom adalah pertumbuhan sel tumor jinak di sekitar dinding rahim. Dua-duanya menimbulkan nyeri yang luar biasa terutama saat menstruasi.

Selama ini menderita kista dan miom, Rachel Goddard melewati masa menstruasi yang menyakitkan sampai hampir pingsan. Ketika hamil pun ia kerap mengalami kontraksi

Sebelum mengandung anak semata wayangnya, Rachel pernah membagikan kalau dirinya memiliki kista dan miom yang masing-masing berukuran 3 cm dan 8 cm. Lantaran dua penyakit itu, Rachel harus menjalani masa mentsruasi dengan rasa nyeri yang tak biasa. Bahkan saking sakitnya, ia nggak bisa berjalan dan hampir pingsan. Bila mengingat rasa sakit setiap kali datang bulan, ia mengaku enggan merasakannya kembali. Apalagi gara-gara penyakit itu, durasi menstruasinya sangat panjang.

Advertisement

Cerita pilu Rachel tak sampai di situ. Selama hamil, ia harus mengalami kesakitan akibat konstraksi yang intens. Ia juga sering mual dan muntah karena lambungnya terhimpit rahim dan kista yang membesar. Saat melahirkan ia sengaja memilih operasi caesar agar bisa mengangkat kista di bagian sel telur kanan dan kirinya. Namun berselang tiga tahun usai melahirkan, kista muncul lagi.

Nggak mau lagi merasakan kesakitan karena kista dan miom, Rachel akhirnya mengambil keputusan berat. Ia menjalani operasi untuk mengangkat rahimnya

Rachel sempat berkonsultasi dengan dokter perihal penyakitnya. Beberapa perawatan medis dilakukan demi mempertahankan rahimnya. Namun, semua perawatan itu tak mengenakkan. Sehingga ia mulai mempertimbangkan untuk mengangkat rahim saja. Selama seminggu ia berpikir untuk mengambil keputusan berat itu. Apalagi imbas pengangkatan rahim, ia tak bisa mempunyai momongan lagi.

“Risikonya ya enggak bisa punya anak lagi, rahimnya udah diambil, dan gue tidak akan mens, tidak akan pendarahan, tidak akan ada rasa sakit lagi, itu sih yang paling penting,” terang Rachel, dinukil dari akun YouTube Rachel Goddard, Jumat (16 /4).

Ia mengungkapkan telah menjalani operasi pengangkatan rahim. Setelah memikirkan matang-matang, ia pun memilih opsi tersebut. Salah satu alasannya, ia memang tak berniat memiliki anak lagi. Bagi Rachel, hamil dengan kista dan miom di rahim sangat menyiksa. Bayangan sakit saat hamil dulu masih begitu lekat di ingatannya. Meski sempat dihantui risiko hanya mempunyai satu anak, tapi ia telah membulatkan tekad. Sambil mengusap air mata, ia telah memutuskan untuk mengangkat rahim supaya kesakitan yang dialaminya segera berakhir.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE