Marak Perundungan di Forum Diskusi Online, Rachel Vennya hingga Nana Mirdad Buka Suara

Rachel Vennya bahas perundungan di forum online

Berkembangnya teknologi digital membuat pengguna mudah mengakses suatu hal yang dibutuhkanMulai dari ilmu baru yang ingin diketahui, akses belajar online hingga forum diskusi yang mempermudahkan warganet berbagi cerita dan pengalaman. Namun, di balik masifnya penggunaan forum online, ternyata masih ada oknum yang memanfaatkan hal tersebut sebagai ajang menyebar kebencian hingga fitnah.

Advertisement

Hal inilah yang tengah dirasakan oleh artis hingga selebgram di Indonesia. Mereka buka suara perihal forum diskusi yang dijadikan ajang menebar kebencian bahkan mengomentari kehidupan seseorang yang belum terbukti kebenarannya. Rachel Vennya menjadi salah satu selebgram yang mengungkapkan rasa trauma ketika harus menjadi bahan gunjingan di sebuah forum. Sebab hal tersebut, ia bahkan sempat ketakutan akan pandangan orang lain.

Tiga tahun dipendam, Rachel lantas buka suara terhadap akun anonim/tanpa nama yang memfitnah dirinya dan keluarga di sebuah forum online

Melalui Instagram resminya, Rachel menceritakan perundungan yang terjadi sejak 2018. Kala itu ia bahkan sampai trauma hingga mengarsipkan foto putranya, Xabiru supaya nggak djadikan bahan gibah oleh orang yang membencinya. Lantas perempuan berusia 25 tahun ini mempertanyakan siapa sebenarnya dalang di balik forum online yang menurutnya penuh fitnah dan kebencian itu. Ia lantas mengenang sebuah peristiwa  pada tiga tahun silam.

Advertisement

“Inget sampai capture yang ngata-ngatin abang Biru dari story mamaku. Hidup aku ditambah-tambahin, gini salah gitu salah, apapun yang aku unggah bener-bener matters buat mereka. Aku sampai archive foto-foto anakku, nangis setiap hari karena ada yang laporin kalau aku masuk D**** Forum,” papar Rachel Vennya melalui media sosial, Minggu (5/9).

Rachel Vennya terang-terangan menyebut forum yang awalnya ditujukan untuk menambah informasi itu sebagai wadah kebencian. “Wadah kebencian orang-orang terhadap seseorang bahkan sudah sampai part-part sekian dan beribu-ribu page”. Mantan istri Niko Al Hakim itu lantas menekankan komentar julid yang bertebaran levelnya melebihi tanggapan ibu-ibu di TikTok atau Instagram. Dibahas oleh orang nggak dikenal hingga berjilid-jilid membuatnya resah.

Advertisement

“Tapi sudah sampai ‘Ni orang duduk di sebelah meja gue tadi, orangnya tuh abcdefghijklmnzz’ Seakan tahu cerita hidup ni orang dari lahir,” sambung Rachel.

Mencoba untuk menghindari pikiran negatif yang membuatnya sakit hati. Rachel memilih untuk mengabaikan. Namun, tudingan terhadap dirinya bertambah setelah perceraian dengan mantan suaminya. Sekuat-kuatnya benteng pertahanan, akhirnya runtuh juga.

“Keinget waktu itu aku benar-benar down banget kayak berasa berat banget dada untuk nafas, padahal seberapa sering aku dapat komen hate? tapi di forum ini anakku, ibuku, semuanya seakan sampah yang mereka ga peduli mau ngomong apapun,” tutur Rachel Vennya.

Kejadian serupa bukan hanya dialami Rachel, sederet artis dan selebgram Indonesia juga jadi bulan-bulanan hujatan

Figur publik yang akhirnya buka suara | Credit: Instagram

Aksi perundungan di forum online, nyatanya bukan hanya terjadi kepada Rachel, tetapi juga deretan artis di Indonesia. Setelah ibunda Xabiru itu angkat bicara soal keresahannya, sederet selebgram lain kemudian menyampaikan hal serupa. Dwi Handayani mengaku sampai pingsan setelah membaca fitnahan kepada dirinya di forum tersebut, padahal kala itu ia tengah hamil. Mirisnya ia sampai terlintas untuk mengakhiri hidup berkat omongan warganet yang nggak bertanggung jawab.

Nana Mirdad juga menjadi figur publik yang buka suara soal forum tersebut, pasalnya keluarga mereka dituduh tukang selingkuh usai isu perceraian sang adik beredar.

“Apa yang tiba-tiba bikin kamu punya hak menghakimi dan menyebar gosip yang ngga benar ini? Semoga hal yang sama ngga terjadi sama kamu dan keluarga kamu. Semoga kamu ngga pernah harus mengalami kehilangan luar biasa lalu difitnah seperti ini,” papar Nana Mirdad, membagikan tangkapan layar komentar jahat di forum tersebut.

Dokter gigi sekaligus influencer Astari Budi juga sempat mengalami hal serupa, ketika anaknya menjadi perundungan akun anonim. Ia mengaku sedih sebab hanya dengan alasan “katanya” orang-orang di forum tersebut langsung mudah percaya.

Isyaratkan untuk menindaklanjuti akun anonim itu, sikap Rachel Vennya mendapat dukungan dari banyak pihak

Sebab bukan hanya Rachel Vennya yang merasakan hal tersebut, sederet figur publik pun menyampaikan dukungan kepada ibu dua anak itu. Mereka juga mempertanyakan orang yang berlindung di akun anonim untuk menghujat figur publik. Ditekankan bahwa sepulang bisnisnya dari Amerika Serikat, Rachel akan mencoba fokus mencari pelaku. Beberapa tayangan soal dirinya di forum tersebut bahkan sudah dihapus oleh pihak yang berwenang.

Sederet figur publik lain seperti Didiet Maulana, Tyna Kanna, Gita Savitri, Karin Novilda, hingga Jerome Polin turut memberikan dukungan kepada Rachel untuk menindaklanjuti. Hal tersebut dilakukan supaya warganet yang belum menjaga jarinya di media sosial bisa lebih bijak mengutarakan hujatan. Apalagi kini telah ada UU ITE yang mengatur sanksi jika seseorang megumbar kebencian di media sosial. “Risiko seorang figur publik” bukan anggapan yang membenarkan untuk melakukan perundungan, sebab setiap perkataan yang terucap bisa berdampak pada kondisi jiwa dan perasaan orang yang bersangkutan. Jadi lebih baik untuk menggunakan media sosial sebagimana mestinya, ya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE