Ungkap Momen Saat Memutuskan Pindah Agama, Reza Rahadian: Mama Cuma Titip Satu Pesan

Reza Rahadian pindah agama

Sebagai salah satu aktor yang bisa dibilang terbaik di Indonesia, Reza Rahadian merupakan sosok yang sedikit tertutup. Salah satu buktinya adalah Reza nggak punya akun media sosial. Selain itu dirinya juga sangat jarang membicarakan hal-hal yang menyangkut privasinya seperti hubungan asmara atau pun kehidupan beragamanya. Tetapi dalam sebuah acara “Daniel Tetangga Kamu” di YouTube milik presenter Daniel Mananta, Reza berbagi kepada penonton perihal keyakinannya.

Advertisement

Dalam acara tersebut, Reza Rahadian membagikan kisahnya ketika dirinya ingin mengubah kepercayaan yang dimilikinya. Ia menyatakan bahwa hal tersebut nggak berpengaruh kepada hubungan dirinya dengan ibu serta adiknya yang kini berbeda agama dengannya.

Reza Rahardian menganggap bahwa spiritualitas dan cara menjalankan agama adalah dua hal yang berbeda

Reza Rahadian ketika diwawancara oleh Daniel Mananta | Credit: Daniel Mananta Network via www.youtube.com

“Gua merasa bahwa, kekuatan spiritual seseorang, atau rasa spiritual seseorang itu, itu kan berbeda dengan cara dia menjalankan agamanya. I thinks its two different things, menurut gua, mungkin gua bisa salah, tapi menurut gua begitu”. Dia merasa dirinya nggak bisa mengatakan bahwa dirinya sudah menjalankan agama yang diyakininya dengan baik. “Oh gua sudah menjalankan ajaran agama gua dengan baik dan seharusnya, solat yang mungkin bolongnya banyak dan lain-lain itu adalah definisi gua ketika gua berbicara tentang agama yang gua yakini dan gua jalani. Masih banyak kurangnya deh, gua masih harus belajar lebih baik lagi”.

Hal ini berbeda dengan sisi spiritual yang diyakini oleh Reza. Untuk permasalahan spiritualitas, Reza menganggap bahwa hal ini menyangkut masalah-masalah yang lebih abstrak, seperti cara berkomunikasi dengan Tuhan dan cara menjalani keseharian serta interaksinya dengan orang-orang lain. “Tapi di sisi spiritual, sepertinya gua boleh kok menjalankan juga sisi lain tentang pola gua berkomunikasi dengan Sang Pencipta.”. Konsep-konsep tentang agama dan spiritualitas yang terkadang berbeda pada setiap orang yang akhirnya membuat seorang Reza Rahadian nggak terlalu banyak berbicara tentang perihal agama.

Advertisement

Reza dibesarkan dengan cara Nasrani sejak kecil. Tetapi atas kemauannya sendiri, akhirnya dia menjadi mualaf dan masuk islam

“Transisi gua, bukan karena alasan apa pun selain keyakinan yang gua rasa itu dialog gua dengan Tuhan, dan I dont know how to express that clearly,” ungkapnya kepada Daniel Mananta yang menjadi presenter acara tersebut. Reza mengakui bahwa dirinya dibesarkan dengan didikan Nasrani yang kental sedari kecil. Dirinya bercerita bagaimana dia dulu selalu ikut sekolah Minggu, masuk ke sekolah kristen, hingga menceritakan bahwa mendiang Glenn Fredly pernah menjadi guru sekolah Minggunya.

Transisi ini menurut dia terjadi tanpa ada pengaruh dari siapa pun, tetapi hasil komunikasi batinnya dengan  Sang Pencipta. “Tapi begitu gua meyakini keyakinan yang memang kok panggilan gua ke sana dan gua yakini, gua bersyukur itu bukan karena alasan apa pun,” pungkas pemeran utama film Habibie & Ainun ini.

Ungkap momen pertama kali dirinya mengurakan keinginan menjadi mualaf, Reza ternyata mendapat restu dari sang ibunda

“Kerjaan bukan, pasangan lebih-lebih lagi, atau paksaan dari orang sekitar atau orang-orang terdekat yang mungkin mengajak. Nggak sama sekali.” Selain berkomunikasi dengan Sang Pencipta, dirinya juga mengakui bahwa hal tersebut bisa terjadi karena dia mengutarakan niatannya tersebut kepada sang ibu. “Tapi itu komunikasi gue dengan Yang Di Atas dan komunikasi dengan nyokap gua. Karena gua komunikasikan ke nyokap,” jelasnya.

Sang ibu juga nggak keberatan ketika Reza meminta izin dan mengutarakan keinginannya untuk menjadi seorang Muslim. Nggak ada perdebatan dan pertengkaran, ibunda Reza langsung mempersilakan anaknya untuk menganut apa yang diyakini. “Ma, Kayaknya kakak punya….’ belom selesai gua ngomong, You kno what? ‘Itu hak kamu untuk menentukan keyakinan kamu. Pesan mama satu, jalani itu dan yakini itu dengan baik. That’s it. Nggak ada perdebatan, nggak ada pertengkaran,” lanjutnya.

Tetap menemani sang ibu merayakan Natal atau Paskah

Meskipun berbeda agama dengan orang tua serta adiknya, Reza Rahadian mengakui bahwa nggak ada yang berubah di keluarga mereka. Mereka tetap menjalankan ibadah agama masing-masing dan berbahagia dengan satu sama lain. Bahkan Reza tetap menemani keluarganya di momen Natal atau Paskah. “Hubungan sama nyokap baik-baik aja, nothing changes. Adik gua tetep sebagai nasrani and we could live very happy together, dalam artian menjalankan agama masing-masing,” pungkasnya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

What is bravery, without a dash of recklessness?

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE