Ridwan Kamil Bikin Peraturan Istri Gubernur, Warganet: Andai Semua Laki-laki Sepemikiran

Di mata masyarakat Jawa Barat, Ridwan Kamil adalah gubernur mereka. Pria yang akrab disapa Kang Emil ini termasuk salah satu pejabat publik yang kerap menghibur masyarakat dengan aktivitasnya di sosial media. Mulai dari unggahan foto, cuitan, hingga jawaban usilnya ketika menjawab pertanyaan atau keresahan warganet. Meskipun begitu, karakter humorisnya itu nggak mengurangi profesionalitasnya saat bekerja membangun Jawa Barat.

Advertisement

Di sisi lain, dalam kesehariannya di keluarga, Ridwan Kamil adalah sosok ayah bagi anak-anaknya dan suami bagi sang istri, Atalia Praratya. Sebagai suami sekaligus gubernur, ternyata Ridwan Kamil punya sederet tugas dari istrinya. Tenang, lagi-lagi ini salah satu dari tingkah kocak sang gubernur di media sosialnya kok.

Yuk, kita lihat apa aja sih kewajiban seorang gubernur kepada istrinya~

Ridwan Kamil menuliskan tugas pokok dan fungsi gubernur berdasarkan Peraturan Istri Gubernur

Advertisement

Kalau selama ini kita sering mendengar Peraturan Gubernur, kali ini Ridwan Kamil menambahkan kata ‘istri’ di tengah-tengahnya. Kalau dilihat secara administratif, berarti Peraturan Istri Gubernur dikeluarkan oleh seorang istri gubernur untuk dilaksanakan oleh suaminya sendiri. Wah, ada-ada aja, ya Kang Emil ini.

Nggak cuma itu, biar kesannya agak serius meskipun tetap bikin warganet tertawa, Ridwan Kamil sampai menambahkan detail nomor surat dan tahun pembuatannya. “Tupoksi Gubernur berdasarkan SK Perigub No 002 Tahun 2022 (Peraturan Istri Gubernur),” tulisnya.

Advertisement

Dalam unggahannya itu, Ridwan Kamil terlihat sedang membantu mengikatkan aksen berbentuk burung merak hijau di kepala sang istri. Atalia Praratya yang akrab disapa Bu Cinta itu terlihat mengenakan kostum tradisional dan tengah bersiap-siap untuk menghadiri suatu acara bersama suaminya.

Dari aksinya membantu Bu Cinta bisa terlihat kalau dalam situasi tertentu seorang gubernur sekali pun harus tetap membantu istrinya. Terutama saat akan menghadiri suatu acara atau pesta, sang suami harus bisa meringankan beban istri dengan membantu mengancingkan baju membuka resleting gaun atau kebaya sang istri.

1. Membantu buka tutup sleting punggung gaun/kebaya/stagen istri kalo kondangan

2. Membantu mengancingkan kalung dan gelang

3. Membantu mengikatkan tali temali pernak pernik baju pentas seni

Peraturan Istri Gubernur itu bahkan mengatur sikap dan respons sang gubernur saat dimintai pendapat tentang penampilan si istri. Dalam peraturan kocak buatannya, Ridwan Kamil berseloroh bilang wajib hukumnya untuk memuji sang istri dalam kondisi apapun. Daripada terjadi perdebatan sengit yang nggak diinginkan, kan hehe~

Karena komunikasi antara suami dan istri nggak bisa lepas dari topik keuangan, memang udah pas banget kalau topik itu juga dicantumkan di Peraturan Istri Gubernur ini. Namun lagi-lagi, aturannya bikin sang gubernur nggak bisa berkutik apa-apa. Pasalnya, peraturannya bilang kalau gubernur nggak boleh menolak atau komplain kalau istri melaporkan ada kenaikan anggaran belanja atau skincare.

4. Wajib bilang cantik dimanapun dan kapanpun dalam kondisi normal maupun darurat

5. Tidak boleh menolak kenaikan berkala anggaran dan belanja skincare

Warganet yang melihat unggahan kocak Ridwan Kamil ini pun nggak habis pikir dengan humor sang gubernur. Mereka ikut bercanda bilang Peraturan Istri Gubernur itu harus segera disahkan agar bisa langsung dilaksanakan. Bahkan kalau bisa, peraturan itu bisa ditujukan untuk para suami di luar sana apapun pekerjaannya.

“Dari Sabang setuju dengan segala peraturan @ridwankamil tersebut yang disahkan bu @ataliapr. Mohon untuk segera mungkin dilakukan percepatan pergerakan agar peraturan ini tidak hanya untuk istri gub saja namun juga untuk istri perupa atau istri-istri lainnya di seluruh Indonesia,” tulis @ramad**

“Tolong ya ini termasuk dalam tugas negara dalam berumah tangga agar terjaga aman, damai, dan tenteram,” tulis @mega**

“Apasih pak caption-nya uwuuu banget sih. Andai semua laki-laki sepemikiran ya pak,” tulis @opy**

Meskipun dibuat dalam bentuk bercandaan, dari deretan Peraturan Istri Gubernur ini kita bisa belajar kalau tindakan sekecil apapun yang bisa membantu meringankan urusan pasangan, pasti akan bermakna banget. Jadi, buat SoHip yang udah berpasangan dan bingung gimana cara menyenangkan hati doi, coba deh praktikin PIG ala Kang Emil ini~

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE