Rihanna Diangkat Jadi Pahlawan Nasional Usai Barbados Jadi Negara Republik

Rihanna pahlawan nasional Barbados

Penghargaan pahlawan nasional tentu tidak bisa diberikan kepada sembarang orang. Untuk menerima gelar itu, seseorang tentu sudah sangat berjasa atau memiliki prestasi yang luar biasa bagi negaranya. Itulah yang telah dilakukan penyanyi Rihanna kepada negaranya, Barbados.

Advertisement

Rihanna dinobatkan sebagai pahlawan nasional setelah Barbados resmi menjadi republik. Negara di Kepulauan Karibia itu secara resmi mencopot Ratu Elizabeth II sebagai kepala negaranya. Di hadapan Pangeran Charles, Presiden Dame Sandra Manson, dan Perdana Menteri Mia Motley, pelantun lagu “Umbrella” itu diangkat sebagai pahlawan nasional ke-11 Republik Barbados.

Bertepatan dengan pelantikan Presiden Barbados, Rihanna dinobatkan sebagai pahlawan nasional

Penyanyi Rihanna dinobatkan sebagai pahlawan nasional Barbados pada Selasa (30/11/2021) dini hari, bertepatan dengan Pelantikan presiden Dame Sandra Mason. Acara itu diselenggarakan di ibu kota Barbados, Bridgetown. Mereka mendeklarasikan Rihanna sebagai pahlawan nasional setelah mencopot Ratu Elizabeth II sebagai kepala negara. Perdana Menteri Barbados, Mia Mottley, mengumumkan bahwa penyanyi pop itu dianugerahi kehormatan Pahlawan Nasional Barbados.

Advertisement

“Atas nama bangsa yang bersyukur, sebagai penduduk yang bangga, kami mempersembahkan kepada Anda orang yang ditunjuk sebagai pahlawan nasional Barbados, Duta Besar Robyn Rihanna Fenty.” kata Perdana Menteri Mia Mottley.

Saat pengangkatannya sebagai pahlawan nasional, Mia Mottley juga mengutip lagu populer Rihanna, “Diamonds”, yang berisi harapan mereka kepada sang penyanyi.

Advertisement

“Semoga Anda terus bersinar seperti berlian dan membawa kehormatan bagi bangsa dengan karya-karya dan tindakan Anda. Menuai pujian ke mana pun Anda pergi,” lanjut Mia Mottley.

Penghargaan pahlawan nasional itu disematkan kepadanya karena Rihanna telah menjadi pemimpin imajinasi dunia melalui kreativitas, kedisiplinan, dan komitmennya yang luar biasa kepada tanah kelahirannya. Pelantun “Diamonds” ini lahir di Saint Michael dan dibesarkan di Bridgetown, Barbados sebelum pindah ke Amerika Serikat untuk mengejar karier musiknya. Di tanah kelahirannya itu, Rihanna telah mempromosikan pendidikan, pariwisata, dan investasi di Pulau Karibia dan dinobatkan sebagai Duta Besar pada tahun 2018.

Barbados resmi “bercerai” dengan Kerajaan Inggris dan mengubah sistem menjadi republik

Negara di kawasan Karibia ini telah resmi berpisah dengan Kerajaan Inggris dan Ratu Elizabeth II. Barbados resmi meninggalkan sistem monarki konstitusional dan berubah menjadi republik pada Selasa (30/11/2021) dini hari. Mereka juga mengangkat Dame Sandra Mason sebagai presiden setelah sebelumnya menjadi Gubernur Jenderal Barbados.

Keinginan Barbados menjadi republik sudah muncul sejak tahun 2008. Namun, keputusan untuk mengubah sistem pemerintahan menjadi republik itu memerlukan izin dari Kerajaan Inggris. Akhirnya, restu dari Istana Buckingham itu ditunjukkan melalui kehadiran Pangeran Charles pada malam penobatan itu. Rakyat Barbados pun menyambut baik perubahan sistem pemerintahan yang baru mengingat Barbados memiliki sejarah kelam penjajahan dan perbudakan.

Wah, selamat atas penghargaan pahlawan nasionalnya ya, Rihanna!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE