Rina Nose Klarifikasi, Usai Dikritik karena Bilang ‘Punya Anak Nambah Masalah’

Pembahasan tentang keluarga terutama anak memang tidak pernah ada habisnya. Akhir-akhir ini banyak yang memberikan pendapat tentang punya atau tidaknya anak dalam sebuah keluarga. Keputusan memiliki anak adalah hak setiap individu dan pasangan, tapi seringkali pendapat soal itu memicu pro dan kontra ya Sobat Hipwee.

Advertisement

Salah satu artis serba bisa Rina Nose pernah mendapatkan sebuah pertanyaan dari Melaney Ricardo yang diunggah di kanal YouTubenya tentang apakah punya rencana untuk mempunyai anak. Lalu, dengan mantap pemilik nama asli Nurina Permata Putri mengakui bahwa dirinya dan suami sudah memutuskan untuk childfree atau tidak mempunyai anak.

Dia menjelaskan bahwa dirinya dan Josscy Vallaza Aartsen atau yang akrab disapa Josscy sudah bahagia dengan kehidupan yang dijalani sekarang di usia pernikahan mereka yang berjalan 3 tahun.

Kritikan warganet tentang Rina Nose yang pernah bilang “punya anak nambah masalah”

Rina Nose banyak mendapat kritikan dari warganet | Credit: Instagram @rinanose16

Dalam perbincangannya dengan Melaney tersebut, Rina Nose sempat mengungkapkan pernyataan bahwa hidupnya sekarang sudah banyak masalah. Nanti, jika dia mempunyai anak sudah dipastikan akan ada tambahan masalah lain dalam hidupnya.

Advertisement

“Kalau secara diskusi, ibaratnya gini, hidup sudah banyak masalah, nanti kalau menambah anak itu, akan tambah masalah, sudah pasti,” jelasnya, dikutip dari YouTube Melaney.

Sontak saja, pernyataan yang dilontarkan oleh wanita yang berasal dari Bandung, Jawa Barat ini langsung dibanjiri komentar dari para warganet. Banyak yang tidak setuju dengan pendapatnya tersebut.

Advertisement

Salah satunya adalah seorang wanita dalam video TikTok (@riamarliana78) yang secara lugas memberikan kritikan terhadapnya. Menurutnya, pernyataan Rina tersebut tidak bisa dijadikan acuan, karena dia belum pernah merasakan punya anak.

“Kayak dia pernah punya anak saja. Apa pun testimoni dia tentang punya anak itu menjadi invalid. Karena dia saja enggak pernah ngalamin. Jangan jadiin orang-orang seperti ini sebagai kiblat. Tujuan kita berbeda. Ada anak atau gak ada anak itu semua ada ujiannya masing-masing,” kata wanita dalam video TikTok (@riamarliana78).

Akhirnya Rina Nose memberikan klarifikasi terkait ucapannya

Rina Nose akhirnya memberikan klarifikasi | Credit: Instagram @rinanose16

Melihat banyaknya orang yang salah paham terhadap pernyataannya tentang punya anak menambah masalah, akhirnya Rina Nose memberikan klarifikasi melalui video yang diunggahnya di akun TikTok (@rinanose_josscy).

Rina menjelaskan bahwa yang dia maksud sebagai sumber masalah bukanlah anaknya, tetapi dirinya sendiri. Dia telah memahami tentang dirinya seperti apa dan bagaimana ketika sedang emosi. Hal itu juga yang menjadi salah satu pertimbangan dirinya ketika memutuskan untuk tidak punya anak.

“Ada susunan narasi yang tepat sebelumnya, akhirnya apa yang ditangkap sama orang jadi menjauh dari maksud yang sebenarnya. Padahal yang dimaksud masalah itu bukan anaknya sebagai sumber masalah, melainkan saya sendiri,” ungkap Rina dalam video yang diunggah di akun TikTok miliknya (@rinanose_josscy).

Selanjutnya, Rina mengaku setuju dengan pendapat yang diucapkan oleh wanita dalam video TikTok (@riamarliana78) tersebut. Hanya saja, kini Rina sudah menyadari letak permasalahannya itu di mana.

“Jadi, saya akan mencoba meminimalisir masalah-masalah lain. Bahkan, kalau perlu mencegah permasalahan yang belum terjadi,” tuturnya.

Pendapat Rina Nose soal punya anak bukanlah sebuah keharusan

Punya anak bukanlah sebuah keharusan | Credit: Instagram @rinanose16

Selanjutnya, Rina menyinggung pula pendapat wanita tersebut tentang dirinya yang belum pernah merasakan punya anak. Rina menyampaikan bahwa keputusannya untuk tidak mempunyai anak juga didasari dari penglihatannya terhadap pengalaman orang-orang di sekitarnya.

Dia menggarisbawahi bahwa keputusannya tersebut tidak seharusnya dijadikan sebagai kiblat. Tak lupa juga Rina berpesan kepada masyarakat agar tidak mudah terpengaruh dengan ucapan orang lain.

“Saya mengutarakan kalimat ini sebagai jawaban saya ketika ditanya kapan punya anak ya jawaban saya begini, kalau kalian punya jawab lain jawab masing-masing jangan ikut-ikutan jawaban saya,” ujar Rina Nose.

Setiap keputusan yang diambil dalam kehidupan rumah tangga pastinya sudah dipertimbangkan dengan matang oleh setiap pasangan. Hal itu juga berkaitan dengan prinsip dan pandangan-pandangan setiap individu. Nggak heran bila pendapat setiap orang tentang keputusan dalam berumahtangga terutama soal anak pun berbeda-beda. Yang jelas, menghormati keputusan orang lain tentu lebih bijak ya SoHip, ketimbang melontarkan cacian apalagi lewat media sosial.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE