Robby Purba Tunjukkan Hasil Operasi Tumor Payudara, Ungkap Apa yang Ia Rasakan

Robby Purba tunjukkan hasil operasi tumor

Kabar mengenai Robby Purba yang mengidap tumor payudara beberapa waktu lalu memang sempat menarik perhatian publik. Kondisi tersebut membuat Robby Purba harus menjalani operasi pengangkatan tumor yang ada pada tubuhnya itu. Setelah berhasil menjalani operasi pengangkatan tumor tersebut, Robby Purba akhirnya membagikan perjuangannya mengatasi tumor payudara yang diidapnya tersebut.

Advertisement

Robby Purba menceritakan secara gamblang bagaimana kronologi dirinya mengetahui adanya tumor pada tubuhnya, bagaimana ciri-ciri tumor tersebut, serta potret besar dan banyaknya tumor yang berhasil diangkat pada tubuhnya itu. Tak lupa, Robby Purba juga memberikan pesan agar publik lebih waspada terhadap penyakit tumor payudara, meskipun kemunculan tumor payudara pada pria terbilang cukup langka.

Kronologi Robby Purba mengetahui bahwa dirinya mengidap tumor payudara, dimulai dari rasa tidak nyaman

Robby Purba | Credit: Instagram @robbypurba

Robby Purba menceritakan bahwa ia sudah merasakan rasa tidak nyaman di bagian kanan dadanya selama 9 bulan terakhir. Ia merasa dada kanannya sangat sakit saat sedang olahraga, turun tangga, bahkan saat disentuh pun terasa nyeri. Robby akhirnya memutuskan untuk melakukan medical check-up untuk memastikan rasa nyeri yang kerap kali dia rasakan tersebut dan setelah dicek, ternyata ia divonis mengidap tumor payudara.

Faktor penyebab dan ciri-ciri tumor payudara yang diidap oleh Robby Purba

Robby Purba | Credit: Instagram @robbypurba

Robby juga menceritakan bahwa ternyata terdapat faktor genetik yang menyebabkan dirinya mengalami penyakit tersebut. Berdasarkan ceritanya, Robby menyebutkan bahwa beberapa kakak perempuannya juga mengidap tumor payudara dan bahkan ada yang sudah berkembang menjadi kanker.

Advertisement

“Aku cek history kakak-kakakku yang cewek-cewek, ternyata memang ada titipan dari Allah. Salah satunya sekarang sudah menjadi penyintas kanker,” kata Robby Purba, dikutip dari kanal YouTube Robby Purba pada (10/01).

Selain itu, Robby menyebutkan bahwa semua makanan yang dikonsumsi bisa juga menjadi pemicu munculnya tumor pada tubuh. Menurut Robby berdasarkan penjelasan dokter yang menanganinya, tumor dalam tubuh Robby tersebut diduga muncul lantaran melalui konsumsi suplemen.

“Waktu pertama ketemu, dokter nanya aku minum suplemen atau nggak, ya aku jawab iya. Nah dokter berasumsi dari situ,” kata Robby.

Advertisement

Penyakit tumor payudara yang ada pada tubuh laki-laki adalah penyakit langka

Robby Purba | Credit: Instagram @robbypurba

Setelah menyadari bahwa kakak perempuannya mengidap tumor payudara, Robby mengaku bertanya-tanya apakah mungkin penyakit tersebut menyerang laki-laki. Setelah mencari tahu, Robby menyebutkan bahwa kemungkinan tersebut ada meskipun langka. Setelah mengetahui fakta tersebut, Robby mengaku jauh lebih siap menghadapi kenyataan jika benar dirinya mengidap tumor payudara.

“Mungkinkah pria memiliki tumor? Ternyata bisa,” kata Robby.

Robby juga mengungkap ketakutannya jika tumor tersebut berkembang menjadi CA atau kanker. Bahkan, dokter yang menanganinya pun menyebutkan bahwa meskipun tumor payudara sangat langka terjadi pada laki-laki, tetapi tingkat kemungkinan berkembang menjadi kanker justru lebih besar.

“Dari dokternya sendiri yang bilang, ini penyakit langka untuk laki-laki, yang bisa terjadi sama perempuan, misalkan 100 atau 1.000 banding 1. Nah, yang satu ini si laki-laki ini yang mengidap tumor payudara, jarang bisa dihadapi atau dimiliki oleh laki-laki,” kata Robby.

“Yang jarang ini malah possibility untuk CA-nya lebih besar. Untuk mengarah ke kanker lebih besar,” kata Robby menambahkan.

Robby Purba memperlihatkan bentuk tumor payudara yang diidapnya agar masyarakat lebih peduli lagi dengan penyakit tersebut

Penampakan tumor Robby Purba | Credit: YouTube Robby Purba

Robby Purba membuka fakta mengenai bentuk tumor payudara yang berhasil diangkat dari tubuhnya. Pada foto yang dibagikannya, Robby menyebut bahwa tumor tersebut terbilang cukup besar dan banyak.

“Kalau mau tahu hasil tumornya seperti apa setelah dioperasi. Ini gambarnya. Ini gambarnya. Cukup besar, cukup banyak,” ungkap Robby.

Robby Purba meminta pada masyarakat agar mereka tak meremehkan benjolan yang ada di dada, baik pria maupun wanita karena penyakit tersebut bisa muncul pada siapapun melalui apapun pemicunya. Menurutnya, tak ada salahnya memeriksakan benjolan tersebut ke dokter.

Robby juga membagikan cerita bagaimana dirinya bisa ikhlas menjalani cobaan penyakit yang dialaminya tersebut. Robby memilih untuk menjadikan penyakit tersebut sebagai sahabat yang bisa diajak mengobrol. Saat ini Robby masih menjalani proses pemulihan setelah dirinya menjalani operasi pengangkatan tumor tersebut.

Lebih lanjut, Robby mengatakan bahwa dirinya akan siap menyampaikan banyak hal tentang penyakitnya usai dirinya mendapat arahan dari dokter yang menanganinya, hal ini dilakukannya agar tak terjadi salah persepsi di masyarakat.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE