Percobaan Bunuh Diri Dibuat Vlog, Saaih Halilintar Dikritik karena Manfaatkan Penderitaan Orang Lain

Saaih Halilintar video bunuh diri

Saaih Halilintar kembali menjadi sasaran kritik warganet. Bulan lalu, dia berkata kalau tempat tinggalnya di Los Angeles berada sangat dekat dengan lokasi jatuhnya helikopter Kobe Bryant. Saaih juga mengunggah foto bukti lengkap dengan watermark dirinya, padahal ternyata foto itu diambil dari media lain. Dia pun dianggap memanfaatkan musibah demi konten semata.

Advertisement

Nggak lama kemudian, kejadian yang mirip kembali terjadi. Saaih membuat vlog berisi konten sensitif yang melibatkan orang lain. Dia pun kembali mendapat kritik, bahkan kali ini seorang YouTuber lain juga ikut angkat suara. Yuk simak!

Saaih Halilintar membuat vlog yang merekam percobaan bunuh diri seorang lelaki di Los Angeles. Karena judul videonya ambigu, lelaki yang ingin bunuh diri tersebut seolah merupakan pasien virus corona

Lelaki yang mencoba bunuh diri via www.youtube.com

Lima hari lalu, Saaih mengunggah vlog berjudul 2 orang kena VIRUS CORONA!! Ada 1 orang mau Bvnvh dlr! depan mata!! *S3ReM*. Video tersebut berisi pengalamannya saat liburan ke Los Angeles bersama keluarga. Dia berkata kalau sudah ada dua orang yang terkena virus corona di kota itu. Demi keamanan, Saaih pun pergi membeli masker bersama saudara-saudaranya.

Saat mencapai daerah sekitar Wall of Fame, mereka heran karena melihat banyak mobil polisi dan pemadam kebakaran. Rupanya ada seorang lelaki yang hendak bunuh diri dengan cara melompat dari tempat tinggi. Saaih tampak kaget melihatnya. Dia pun merekam gerak-gerik lelaki itu, lantas mengunggahnya menjadi vlog. Namun karena judul videonya ambigu, seolah orang yang mencoba bunuh diri adalah pasien virus corona.

Advertisement

Vlog buatan Saaih dikritik oleh Youtuber bernama Vic Sam. Dia berpendapat kalau Saaih seharusnya nggak memanfaatkan penderitaan orang lain untuk konten, apalagi sampai dibuat giveaway

Kritik dari Vic Sam via www.instagram.com

Dalam vlog yang dibuatnya, Saaih memberitahu kalau lelaki yang mencoba bunuh diri tadi akhirnya berhasil diselamatkan. Namun kontennya tetap dianggap nggak pantas. Salah satu orang yang mengkritiknya adalah Vic Sam, seorang YouTuber kuliner. Dia berpendapat kalau bunuh diri bukanlah candaan yang pantas dijadikan konten. Vic merasa Saaih sudah keterlaluan, apalagi dia sampai membuat giveaway di vlog tentang percobaan bunuh diri itu.

Sejumlah warganet juga mengkritik vlog yang dibuat Saaih. Mereka berpendapat kalau bunuh diri nggak sepantasnya dijadikan konten

Komentar dari warganet di YouTube via www.youtube.com

Kolom komentar di vlog tersebut dipenuhi oleh orang-orang yang ikut giveaway. Mereka mengetikkan kalimat tertentu untuk mendapat hadiah berupa iPhone 11, sampai-sampai videonya menjadi trending di YouTube. Hal ini dirasa nggak pantas. Sejumlah warganet pun mengkritik isi vlog Saiih. Mereka berpendapat kalau seharusnya Saaih nggak menjadikan bunuh diri sebagai konten, sebab itu adalah isu sensitif yang bisa berbahaya kalau nggak ditangani dengan berhati-hati.

Walaupun menerima banyak kritik, anak keenam keluarga Gen Halilintar ini tetap memertahankan vlog-nya di YouTube. Semoga kelak dia lebih cermat dalam membuat vlog. Sebagai penonton, kita juga perlu lebih berhati-hati dalam mengonsumsi tontonan.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tinggal di hutan dan suka makan bambu

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE