Sejumlah Wilayah Indonesia Dilanda Banjir, Maia Estianty Ungkap Rasa Prihatin

Seperti yang bisa kita saksikan beberapa waktu belakangan, hujan turun terus hampir setiap hari. Indonesia memang udah memasuki musim penghujan sejak September 2022 lalu. Curah hujan yang meningkat pun menimbulkan bencana banjir di berbagai wilayah Indonesia seperti di Bogor dan Bali yang baru-baru ini terjadi. Bencana alam ini juga membawa duka bagi mereka yang terdampak.

Advertisement

Musisi Maia Estianty turut mengutarakan keprihatinannya atas kondisi yang tengah melanda Indonesia tersebut. Ia mengajak warganet agar lebih peduli pada kebersihan lingkungan serta tetap siap siaga karena musim penghujan masih akan berlangsung beberapa bulan lagi.

Maia Estianty prihatin dengan bencana banjir yang melanda sejumlah wilayah di Indonesia. Menurutnya, beberapa hal ini harus diperbaiki secepatnya

Istri Irwan Mussry ini mengungkapkan kesedihan hatinya menanggapi bencana alam banjir yang semakin sering melanda Indonesia di musim penghujan ini. Perasaan itu ia tuliskan lewat unggahan Instagram pribadinya, Selasa (18/10) dengan menampilkan potret sekelompok orang yang tengah mengevakuasi diri dengan perahu karet di atas genangan banjir. Bersama potret itu Maia pun menuliskan beberapa hal yang menurutnya bisa dilakukan pemerintah untuk mencegah agar banjir nggak terulang lagi di kemudian hari.

Advertisement

“Untuk pemerintah… Perbaikilah tanggul-tanggul yang ada. Kalo perlu bangun tanggul lagi ke daerah-daerah yang rawan banjir, sama-sama mengajak rakyat buang sampah pada tempatnya, selalu beri peringatan dini kepada warga daerah rawan banjir, cek semua efektifitas sumur resapan dan sistem drainasenya. Bersihkan aliran air dari kotoran, sehingga air tidak tersumbat,” tulis Maia.

Maia bilang kesadaran akan kebersihan lingkungan itu perlu banget agar Indonesia nggak selalu jadi langganan banjir setiap musim penghujan begini. Ia mewanti-wanti hal tersebut dari awal agar lebih banyak orang yang segera sadar dan ke depannya nggak ada lagi banjir apalagi sampai memakan korban jiwa.

Nggak lupa juga Maia mengutarakan empatinya terhadap korban meninggal. Ia mendoakan semoga mereka ditempatkan di sisi terbaik oleh Yang Maha Kuasa. Begitu pun dengan keluarga yang ditinggalkan serta warga-warga lainnya yang terdampak, agar senantiasa tabah, ikhlas, kuat, dan sabar menghadapi cobaan ini.

Advertisement

Bagi mereka yang tinggal di daerah rawan banjir, Maia Estianty ingatkan agar selalu siap siaga

Maia Estianty

Maia Estianty | Credit: Instagram @maiaestiantyreal

Beberapa wilayah Indonesia memang ada yang dikenal sebagai langganan banjir. Dalam beberapa kasus malah disebutkan banjir datang secara tiba-tiba alias banjir bandang. Maka dari itu, perlu banget untuk mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan untuk menghadapi bencana alam ini. Menurut Maia, sikap siaga bencana harus ada dalam diri mereka yang tinggal di daerah rawan banjir agar meminimalisir risiko yang mungkin terjadi.

“Untuk yang tinggal di area rawan banjir, mari siapkan siaga bencana. Simpan barang berharga di tempat yang tidak akan terkena banjir, siapkan alat-alat P3K untuk keadaan darurat, makanan, dan minuman kaleng, pakaian nyaman yang praktis, senter, dll,” sambungnya.

Lebih lanjut, Maia mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama mendoakan Indonesia. Musim penghujan masih akan berlangsung hingga beberapa bulan ke depan. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncaknya akan jatuh pada Desember 2022 dan Januari 2023 mendatang.

Pencegahan dan penanganan perlu dilakukan secepat mungkin untuk meminimalisir kemungkinan banjir dan potensi korban jiwa.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE