7+ Seleb yang Galang Dana untuk Bantu Korban Bencana NTT. Lelang Akun hingga Gelar Konser Amal

Seleb galang dana bencana NTT

Bencana banjir bandang yang menimpa sejumlah wilayah di Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Minggu 4 April 2021, menorehkan duka bagi masyarakat Indonesia. Setidaknya ada ratusan rumah yang rusak parah dan terendam banjir, sehingga warga terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman. Dilansir dari Kompas, berdasarkan data terbaru Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tercatat ada 138 korban jiwa dan 61 orang dilaporkan hilang.

Advertisement

Duka dari bencana tersebut membuat tagar #PrayforNTT sempat menjadi trending di Twitter. Sejumlah seleb Tanah Air pun menyampaikan rasa dukacita mereka melalui akan media sosial. Bahkan mereka juga berinisiatif melakukan penggalangan dana untuk membantu para korban. Berikut sejumlah seleb yang menggalang dana untuk NTT.

1. Rachel Vennya kumpulkan dana 1 Miliyar dalam semalam. Bahkan ia terjun langsung ke NTT untuk menyalurkan bantuan bersama Keanu, Fadil Jaidi dan sejumlah seleb lainnya

Rachel Vennya, selebgram sekaligus pebisnis yang aktif di media sosial ini melakukan penggalangan dana untuk membantu korban bencana di NTT. Rachel sempat nggak percaya dengan dana yang berhasil ia kumpulkan dalam semalam. Melalui akun Instagram pribadinya, Rachel membagikan tangkapan layar dari platform Kitabisa yang menunjukkan nominal angka yang fantastis.

Advertisement

Rachel juga membagikan momennya bersama sejumlah seleb yaitu Keanu, Fadil Jaidi, Jovial dan Andovi saat akan berangkat menuju NTT untuk menyalurkan bantuan. Bahkan mereka rela naik pesawat cargo yang turut membawa berbagai logistik yang diperlukan oleh para korban di pengungsian.

2. Penggalangan dana juga dilakukan oleh Kunto Aji melalui platform Kitabisa

Advertisement

Kunto Aji juga tergerak untuk melakukan penggalangan dana guna membantu korban bencana di NTT. Saat ini, Kunto berhasil mengumpulkan dana lebih dari Rp120 juta. Penyanyi Raisa Andriana juga turut mengajak warganet melalui Instagram pribadinya untuk berdonasi melalui penggalangan dana yang diinisiasi oleh Kunto Aji. Jika kamu juga ingin ikut berdonasi, kamu bisa klik link ini: kitabisa.com/bantubanjirntt

3. Marion Jola menyampaikan dukanya dan membantu menggalang dana untuk saudara-saudara di kampung halamannya

Marion Jola adalah salah satu penyanyi yang berasal dari Kupang, NTT. Pelantun lagu Aduh ini sangat berduka atas bencana di NTT. Bahkan ia mengaku tidak bisa tidur karena kepikiran tanah kelahirannya. Marion Jola pun tergerak untuk mengajak warganet untuk berdonasi melalui Kitabisa. Marion mengunggah ajakan tersebut melalui Instagram pribadinya.

“NTT membutuhkan bantuan. Korban jiwa, cedera, korban yang hilang, kerugian infrastruktur, kebutuhan sembako dan tempat pengungsian yang layak, NTT membutuhkan bantuan dari kita semua,” tulis Marion pada unggahannya. Jika kamu ingin ikut berdonasi, sila klik link berikut: kiabisa.com/bantuanuntukntt

4. Sebelum pergi honeymoon, Atta dan Aurel menyempatkan diri membuat campaign donasi melalui Kitabisa

Pasangan pengantin baru Atta dan Aurel turut mengajak warganet membantu korban bencana NTT melalui Kitabisa. Atta juga membagikan dana sementara yang sudah berhasil ia kumpulkan lewat postingan Instagram pribadinya. Penggalangan dana ini dimulai sejak 5 April lalu dan saat ini sudah mencapai Rp464 juta. Dana yang terkumpul rencananya akan disalurkan untuk membantu kebutuhan korban bencana di pengungsian seperti menyediakan kebutuhan pokok, menyediakan alat sanitasi, dan menyediakan obat-obatan. Jika kamu ingin membantu berdonasi, sila klik link berikut: kitabisa.com/solidaritasuntukwargantt

5. Yoshua Marcellos, membuka donasi dan lelang amal akun 2 TikTok-nya untuk membantu korban bencana NTT

Selebgram Yoshua Marcellos turut tergerak untuk membantu korban bencana di NTT. Bahkan nggak hanya mengajak warganet dan content creator untuk berdonasi, Cellos juga membuka lelang amal untuk 2 akun TikTok-nya. Akun TikToK yang dilelang adalah @botaktiktok3 dengan pengikut 757,5k dan @botaktiktok2 dengan pengikut 3,5m.

Nggak cukup sampai di situ saja, Cellos juga menjawab tantangan warganet untuk diberi imbalan berupa dana bantuan. Salah satu tantangan yang Cellos lakukan adalah mencukur alis untuk mendapatkan uang Rp5 juta. Wah, salut juga ya sama Cellos.

6. Ernest Prakarsa menggalang dana bantuan untuk NTT melalui lelang amal barang-barang pribadi kesayangannya

Komika Ernest Prakarsa turut tergerak membantu korban bencana NTT dengan cara membuka lelang amal. Ernes berniat membuka lelang untuk beberapa barang kesayangannya seperti jaket dan sepatu. Acara lelang ini rencananya akan digelar melalui Zoom dengan konsep ngobrol one on one bersamanya. Selain membuka lelang, Ernes juga turut membantu menyebarkan beberapa penggalangan dana terverifikasi melalui Twitter resminya.

7. Nia Daniaty akan menggelar konser amal bersama sejumlah penyanyi lain. Ia akan membawakan lagu-lagu lawas dalam konser tersebut

Penyanyi tembang lawas Nia Daniaty mengutarakan rencananya menggelar konser amal virtual bertajuk Doa untuk NTT bersama Sandro Tobing. Konser amal ini akan digelar di YouTube dengan mengajak sejumlah penyanyi tembang lawas lainnya. Nia juga berencana mengajak penyanyi pendatang baru, Ninna Rinny Darmawan untuk ikut serta dalam konser ini.

Dilansir dari Republika, Nia menuturkan bahwa konser amal ini akan digelar paling lampat akhir pekan ini. “Saya akan menyanyikan sekitar lima lagu, mulai dari Gelas-gelas Kaca hingga Burung Pun Ingat Pulang. Semoga konser ini bisa mengobati kerinduan masyarakat,” ungkap penyanyi 56 tahun ini.

Itulah sejumlah figur publik yang turut serta menginisiasi penggalangan dana untuk saudara-saudara kita yang sedang terkena bencana di NTT. Kamu juga bisa berkontribusi dengan ikut menyumbang semampumu melalui platform yang telah disediakan. Semoga menjadi amal ibadah dan kebaikan untuk kita semua ya~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE