Monyet yang Viral di Tiktok Diundang Program TV, Sherina Kritik Keras Eksploitasi Satwa Liar

Sherina kritik eksploitasi satwa liar

Memelihara hewan memang bukan hal baru. Banyak orang merawat hewan seperti kucing, anjing, atau ikan sebagai piaraan. Namun, bagaimana dengan memelihara monyet? Karena tergolong satwa liar, monyet tidak bisa dijadikan hewan peliharaan secara sembarangan. Ya, meskipun monyet adalah satwa liar yang tidak dilindungi. Agar siklus hidup primata tersebut tetap alami dan normal, monyet sudah seharusnya hidup di alam. Jika tidak, monyet akan memiliki kebiasaan abnormal seperti menggigit badannya sendiri.

Advertisement

Nah, kemunculan Selebgram Rexie Vincie di salah satu program televisi menuai protes baru-baru ini. Rexie dikenal sebagai pemelihara monyet yang dinamai Baim. Gara-gara mengundang Rexie, Sherina Munaf dan Manohara melayangkan kritik keras pada program televisi tersebut. Keduanya kompak menyinggug soal eksploitasi satwa liar.

Hadir sebagai bintang tamu sebuah program televisi, Rexie Vincie membawa monyet peliharaannya, Baim

Nama Rexie memang sempat viral di Tik Tok gara-gara ia memelihara monyet. Ketika orang lain memelihara hewan yang lucu dan lumrah dijadikan piaraan, ia malah memilih monyet yang notabene adalah primata dan satwa liar. Keunikan inilah yang membuat salah satu program televisi mengundangnya. Pada Kamis (1/7), Rexie bersama Baim si monyet pun hadir sebagai bintang tamu.

Advertisement

“Thanks ya guyz udah pada support n nonton kita teruuus , semoga kita semua sehat sentosa 😁, ” ungkap Rexie setelah tampil di acara tersebut.

Usai penanyangan acara, baik Rexie maupun pihak program televisi mendapatkan protes warganet. Walaupun beberapa warganet mendukung, tapi banyak warganet menilai tindakan Rexie merupakan kekerasan pada hewan atau animal abuse. Apalagi monyet memang primata yang seharusnya tidak dipelihara. Warganet mengkritik keputusan program televisi mengundang Rexie karena tindakannya bisa ditiru banyak orang.

Sherina Munaf dan Manohara Odelia pun buka suara. Mereka geram dan kritik program televisi yang mengundang Rexie

Advertisement

Kritik Sherina pada eksploitasi satwa liar | Instagram @sherinasinna

Selama ini, baik Sherina Munaf maupun Manohara Odelia memang fokus pada isu-isu lingkungan dan perlindungan hewan. Bahkan bukan kali ini saja Sherina bersuara. Setelah kasus pemb*nuhan kucing beberapa waktu silam, kini Sherina tak tinggal diam. Ia heran program televisi menyediakan panggung untuk pemelihara monyet. Padahal mendandani monyet layaknya manusia termasuk praktik eksploitasi satwa liar.

“Sudah saatnya kita move on dari pemikiran pemikiran ketingalan zaman begini,” imbuhnya pada hari yang sama. “Dan media mempunyai peranan besar di sini,” tulis Sherina di Instagram Story, Jumat (2/7).

Ia menyayangkan program televisi malah menjadikan eksploitasi hewan itu sebagai tontonan. Tayangan itu tentu rentan diikuti orang lain. Menurutnya, media tak wajib membuat tayangan edukatif. Namun, bukan berarti media bisa memproduksi tayangan hiburan yang merugikan hewan.

Tak hanya Sherina, Manohara Odelia pun menyuarakan hal yang sama. Ia sedih melihat eksploitasi satwa liar dipertontonkan oleh program televisi. Baginya, tayangan itu sangat kejam, berbahaya, dan tidak etis. Ia meminta tayangan yang mempromosikan  satwa liar sebagai hewan piaraan dihentikan.

Tanggapi kritik Sherina dan Manohara, Rexie heran. Ia membandingkan dirinya dengan artis-artis lain memelihara satwa liar

Tanggapan Rexie Vincie | Instagram @rexie_vincie

Setelah unggahan Sherina dan Manohara ramai diprbincangkan, Rexie pun menanggapi. Ia merasa heran dengan sikap dua artis tersebut. Menurut Rexie, apa yang dilakukannya sama seperti artis-artis lain yang memelihara satwa liar seperti harimau atau ular. Satwa liar yang dijadikan konten oleh artis pun tak jauh beda dengan kontennya. Meskipun hewan para artis tersebut didapatkan dari budidaya dan disertai sertifikat legal. Sebagai orang biasa, ia ingin memelihara satwa liar. Jadi, hal tersebut bukan cuma hak mereka yang memiliki uang.

“Trus kenapa pas baim nongol di TV mba2 artis lama yg udah ga pernah kedengeran kabarnya tiba2 nongol dan permslahkan? kemarin2 pas artis2 atau influencer, youtuber lainya ngonten dan di panggil ke tv kalian ngapain??
jujur aja aku jga suka smua konten2 soal satwa, dan artis2 yang ngontenin satwa2 nya loh, malah pengen punya juga bberapa satwa yang mereka kontenin , tapi belum sanggup hehe 😬,” tulis Rexie.

Seolah merespons tanggapan Rexie, Manohara membuat satu lagi unggahan. Ia menyinggung soal permintaan yang tinggi menyebabkan perdagangan satwa lair masih ada hingga sekarang. Padahal perdagangan ini harus dihentikan karena berbahaya dan kejam. Untuk menghentikannya, promosi soal pemeliharaan satwa liar perlu dibendung. Sehingga permintaan orang akan satwa liar melonjak naik.

Dampak buruk lainnya, mempertontonkan monyet sebagai hewan peliharaan termasuk dalam mempromosikan domestikasi satwa liar. Memelihara satwa liar juga memungkinkan manusia terpapar virus yang biasanya ada pada hewan. Selain itu, primata memang sepatutnya tidak dirawat manusia. Di rentang umur tertentu, primata sangat bergantung pada sang induk. Dengan semua dampak tersebut, memelihara satwa liar lebih banyak mendatangkan kerugian pada  hewan ataupun manusia.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE