Sindiran Figur Publik terhadap Rachel Vennya yang Tak Ditahan karena Dianggap Sopan

Sindiran figur publik Rachel Vennya tak ditahan

Selebgram Rachel Vennya belakangan menjadi trending topic di media sosial. Hal ini berkaitan dengan pelanggaran karantina yang kemudian divonis hukuman percobaan selama delapan bulan oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Tangerang, Jumat (10/12).

Advertisement

Meski dinyatakan bersalah, Rachel tak dipenjara. Ia akan ditahan selama empat bulan jika melakukan tindak pidana selama masa percobaan delapan bulan. Adapun yang meringankan Rachel, di antaranya terus terang mengakui perbuatan, kooperatif menjalani proses hukum hingga disebut sopan dalam persidangan. Salah satu alasan tersebut nyatanya menjadi viral di media sosial, warganet termasuk figur publik menyayangkan putusan yang diberi oleh pengadilan.

Lantas, siapa saja yang memberi sindiran? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Aktor Arie Kriting kecewa dengan hukuman yang diberi pihak pengadilan. Ia lantas memberi sindiran melalui Twitter

Advertisement

Hakim: Wah kamu hanya berpura-pura photo untuk mengelabui petugas? Tindakan kamu sopan sekali. Jadi kamu tidak akan kami penjarakan,” tulis Arie Kriting di Twitter bernada sindiran.

Di unggahan selanjutnya suami Indah Permatasari ini menyayangkan tindakan suap yang dilakukan Rachel. Namun, hanya berakhir dengan masa percobaan.

Advertisement

“Guru: anak-anak ada yang bisa kasih contoh tindakan sopan? Murid: Menyuap petugas Bu. Guru: Betul,” sambung Arie Kriting.

2. YouTuber Jerome Polin juga turut memberikan pandangannya soal hukum yang seringkali tumpul ke atas dan runcing ke bawah

“Keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Mana????,” tulis Jerome menyindir isu yang belakangan diperbincangkan di media sosial. Mulai dari kejahatan asusila kepada perempuan hingga aturan karantina yang dilanggar.

3. Dokter Gia Pratama yang aktif memberikan ilmunya di Twitter juga sama geramnya. Menurutnya, konsekuensi yang diberikan hakim tak bikin jera

“Memperlihatkan kemewahan di luar negeri, lalu pulang langsung party membahayakan rakyat Indonesia dengan tidak karantina. Pakai cara menyogok Rp40 juta dan berbohong pura-pura karantina dengan foto di Wisma Atlet. Apa konsekuensinya? Gak ada. Oleh karena itu adik-adik, belajarlah tentang kesopanan,” pungkas dr.Gia Pratama.

4. Aktif mengomentari kasus yang tengah viral, Nikita Mirzani tak luput menuangkan kekesalannya terhadap putusan hukuman Rachel Vennya

Perempuan berusia 35 tahun ini mengunggah gambar artikel tentang vonis Rachel Vennya di Instagram Story. Nikita menekankan kasus Rachel jangan sampai berakhir begitu saja. “Terlupakan, kan,” ungkap Nikita Mirzani melalui akun media sosial resminya.

5. Tanpa menandai langsung sosok yang dimaksud, dr. Tirta mengunggah kartu priviledge ke Instagram resminya menyindir kasus yang tengah viral

“Kartu sakti yang bisa menyelematkan kalau kita di permainan masuk bui. Coba kartu ini bisa menyelamatkan di dunia nyata. Atau jangan-jangan di dunia nyata ada yang punya kartu ini?,” tulisnya memberi sindiran secara halus.

6. Tak sedikit yang menyinggung soal sikap selama persidangan. Bukankah setiap terdakwa dituntun untuk sopan selama proses berlangsung?

Sopan dalam persidangan | Credit: Twitter

“Emang terdakwa lain yang dipenjara kalau duduk kakinya ditaro di mejakah?,” komentar warganet. Pun dijelaskan bahwa bersikap sopan di persidangan adalah suatu kewajiban.

7. Wanda Ponika, Director of Global Humanitarian Response @indonesiapastibisaofficial turut menyuarakan. Apakah faktor kesopanan bisa diterapkan untuk masyarakat kecil

“Apa boleh buatlah, kami ini hanya remahan rengginang, bukan siapa-siapa. Takutnya kalau kami banyak bersuara, nanti vonisnya disunat lagi jadi vonis bebas,” ungkapnya.

8. Selebtwit @jek___ juga turut mengomentari penilaian “sopan” yang membuat Rachel tak ditahan. Sindirannya halus tapi lucu~

9. Komika Uus juga turut mengomentari kasus Rachel

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE