Usai Beredar Tanggal Keberangkatan Wamil, Jin BTS Tulis Pesan Khusus untuk ARMY

Wamil atau wajib militer adalah kewajiban bela negara yang harus dijalani oleh setiap laki-laki berbadan sehat di Korea Selatan yang sudah menginjak usia 18-28 tahun. Kebijakan ini menyasar seluruh laki-laki tak terkecuali kalangan selebritas. Salah satu seleb yang dalam waktu dekat akan menjalani wamil yaitu Jin, member tertua K-pop grup ternama BTS.

Advertisement

Kabar keberangkatan Jin untuk wamil sudah tersiar sejak 17 Oktober 2022. Saat itu agensi BTS, HYBE Labels belum merinci soal tanggal keberangkatan dan lokasi penempatannya. Namun baru-baru ini media Korea Selatan menyebut kalau Jin akan memulai wamilnya pada 13 Desember 2022.

Jin lalu menuliskan pesan untuk ARMY (sebutan penggemar BTS) untuk menanggapi kabar tersebut sekaligus memberikan pesan penting untuk dilakukan oleh ARMY.

Jin menanggapi langsung berita tanggal keberangkatan wamilnya

Pesan Jin untuk ARMY

Pesan Jin untuk ARMY | Credit: Weverse

Jin menanggapi langsung soal tanggal keberangkatan wamilnya yang sempat tersebar. Lewat pesan yang ia tulis di aplikasi Weverse, Kamis (24/11), Jin mengaku nggak ingin berita tentang wamilnya tersebar dengan cara seperti itu.

Advertisement

“Meski ada pemberitaan soal itu, saya harap itu tidak dirilis seperti yang terjadi tadi,” tulis Jin, dilansir dari CNN Indonesia.

Sebelumnya, beberapa media Korea Selatan menyiarkan kabar bahwa Jin akan memulai wamilnya pada 13 Desember 2022 mendatang. Jin juga disebut akan menjalani pelatihan dasar selama lima minggu di pusat pelatihan militer Yeoncheon, Provinsi Gyeonggi sebelum akhirnya menjalani penugasan utama. Namun, baik agensi HYBE Labels dan Kementerian Pertahanan Korea Selatan belum bisa mengonfirmasi kebenaran berita tersebut.

“Susah untuk mengonfirmasi berita tersebut. Tolong dimengerti,” tulis HYBE Labels, dilansir dari Koreaboo.

Advertisement

Jin meminta ARMY untuk nggak mendatangi kamp pelatihan

Potret Jin

Potret Jin BTS | Credit: Instagram @jin

Meneruskan pesan yang ia tulis, Jin juga mengingatkan ARMY untuk nggak perlu datang ke kamp pelatihan. Menurutnya, itu bisa menimbulkan keramaian mengingat di sana Jin juga akan bersama-sama dengan peserta wamil lainnya yang berjumlah banyak.

“ARMY, kamu tidak perlu datang ke kamp pelatihan, ya. Ada begitu banyak orang di sekitarku dan bisa berbahaya kalau sampai kacau.

ARMY, aku sayang kalian,” tulis Jin mengakhiri pesannya.

Untuk kamu ketahui, para fans biasanya akan mengantarkan idola mereka ke kamp pelatihan saat akan memulai wajib militernya. Saat itu, sang idol sudah memangkas rambutnya dengan model cepak. Nah, Jin nggak ingin ARMY beramai-ramai mengantarnya seperti itu sebelum resmi menjalani wamil. Nggak cuma kalangan seleb, para peserta wamil lainnya juga biasanya diantar oleh keluarga atau teman dekat sampai di kamp pelatihan.

Sebagai informasi, para member BTS mendapat pengecualian dari pemerintah Korea Selatan untuk bisa menunda wajib militer sampai umur 30 tahun karena pernah mendapat anugerah Order of Cultural Merit dari pemerintah. Korsel memang memberikan pengecualian seperti itu kepada atlet peraih medali Olimpiade dan Asian Games, musisi, hingga penari klasik yang menjuarai kompetisi tertentu.

Pada Oktober 2022 lalu HYBE Labels juga sudah mengumumkan bahwa satu per satu member BTS akan mulai menjalani wamil. Sebagai yang tertua dan sudah menginjak umur 30 tahun, Jin akan jadi member BTS pertama yang berangkat wamil.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE