Video Musiknya Dianggap Menjiplak, Via Vallen Ramai Jadi Perbincangan Warganet

Via Vallen menjiplak IU

Sebuah karya akan terasa lebih bagus saat karya tersebut original. Salah satu kesulitan dalam berkarya adalah menjaga originalitas tersebut. Banyak artis besar yang mendapat tantangan dan masalah karena kontroversi soal original. Dalam kasus originalitas, kali ini yang mengalami masalah tersebut adalah pedangdut Via Vallen.

Advertisement

Nama Via Vallen kembali jadi sorotan setelah ia mengeluarkan karya terbarunya  pada hari Jumat, 23 Oktober 2020 kemarin. Via dianggap menjiplak karya IU, musisi asal Korea. Penasaran? Yuk langsung simak berita lengkapnya di bawah ini!

Via Vallen mendapat masalah soal orisinalitas karya setelah merilis video klip lagu terbarunya berjudul “Kasih Dengarkanlah Aku”

Potongan video klip Via Vallen | Youtube Ascada Music via youtu.be

Pada Jumat, 23 Oktober 2020 kemarin, Via Vallen mengeluarkan karya berupa lagu baru berjudul “Kasih Dengarkanlah Aku”. Dalam lagu tersebut Via berkolaborasi dengan penyanyi dari band Dadali, Dyrga. Alih-alih mendapat respon positif, Via Vallen justru menuai kontroversi karena dianggap menjiplak video penyanyi asal Korea, IU.

Pada beberapa adegan Music Video miliki Via Vallen memang terlihat serupa dengan MV lagu “Above The Time” milik IU. Sontak saja nama Via Vallen jadi trending topik di media sosial. Nggak sedikit warganet yang mengkritik sang pedangdut tersebut. “Emang yg punya ide niru MV nya IU bikin malu negara aja. Ini team produksinya mbak Via Vallen siapa sih. Gk modal ide banget,” cetus salah satu warganet. “Bener mbak Via Vallen, mending ditake down mv kamu itu terus dibuat ulang tanpa harus ada unsur ngejiplak,” balas warganet lain.

Advertisement

Menanggapi hal tersebut, Via telah memberi klarifikasi melalui unggahan Instagram story pada akun pribadinya

Dalam unggahan story terbaru Via, ia menuliskan bahwa ia mengakui bahwa videonya mirip dengan MV milik IU dan memohon maaf sebesar-besarnya kepada IU, fans IU, Vyanisty, dan pihak-pihak lain yang merasa dirugikan. Ia mengaku bahwa kasus kali ini tidak ada unsur kesengajaan sama sekali.

Melansir Kompas, menurut pihak manajemen yang menaungi Via, Ascada Music, seluruh konsep video musik “Kasih Dengarkanlah Aku” ini didapat dari pihak sutradara dan mereka juga sama sekali tidak mengetahui akan kemiripan konsep tersebut dengan MV “Above The Time” milik IU. Pihak manajemen Via juga masih menunggu klarifikasi dari pihak sutradara mengenai hal ini.

Masalah originalitas bukan yang pertama kali bagi Via. Via pernah dianggap menjiplak BLACKPINK dan menggunakan lagu miliki band Superman Is Dead tanpa izin

Advertisement

Via Vallen via www.instagram.com

Kasus soal originalitas ini bukan yang pertama bagi Via Vallen yang pernah dituduh sebagai ‘Ratu Cover’. Sang pedangdut pernah berurusan dengan para penggemar K-Pop setelah ia menjadikan lagu ‘How You Like That’ menjadi versi koplo dan dinyanyikan. Banyak warganet yang merasa kalau Via hanya berniat mencari uang tanpa menghargai orang yang membuat lagu originalnya.

Lebih jauh lagi Via Vallen pernah bermasalah dengan band Superman Is Dead. Secara blak-blakan Jerinx SID pernah mengatakan kalau ia membenci Via Vallen karena menggunakan lagu Superman Is Dead berjudul Sunset di Tanah Anarki tanpa sepengetahuan mereka dan mengambil keuntungan dari sana.

Semoga kasus kali ini membuat Via lebih berhati-hati dan membuat karyanya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE