Viral Daftar Kosmetik Berbahaya Temuan BPOM, Madame Gie Termasuk Salah Satunya

Bicara soal membeli kosmetik, sebagian besar orang cenderung memikirkan apakah produk tersebut bakal cocok di kulit mereka atau nggak. Padahal, faktor keamanan juga persoalan yang nggak bisa dikesampingkan. Pasalnya, jika ditemukan kandungan berbahaya dalam produk, kulitmu juga akan terkena efek negatifnya. Di sinilah izin dari BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan) itu penting banget.

Advertisement

Baru-baru ini, BPOM merilis daftar produk kosmetik yang ditemukan mengandung bahan-bahan berbahaya di dalamnya. Daftar itu menjadi viral karena ada beberapa merek kosmetik yang cukup familiar. Salah satu produk yang mencuri perhatian publik adalah Madame Gie, lini kosmetik milik artis dan penyanyi Gisella Anastasia.

Total ada 16 produk kosmetik dalam daftar BPOM itu. Produk-produk itu ditemukan mengandung pewarna bersifat karsinogenik

Produk Madame Gie masuk daftar kosmetik berbahaya

Lampiran daftar kosmetik berbahaya BPOM | Credit: Lampiran 3 resmi BPOM

BPOM merilis daftar temuan terbaru mereka soal produk kosmetik yang mengandung bahan dilarang atau berbahaya. Daftar tersebut merupakan hasil pengawasan BPOM sejak Oktober 2021 hingga Agustus 2022. Kemudian pada 4 Oktober 2022, BPOM melansir daftar total 16 produk kosmetik yang diketahui berbahaya yaitu pewarna merah K3, K10, dan Sudan III.

Bahan-bahan pewarna ini bukanlah bahan yang aman untuk digunakan. Sayangnya, kedua bahan tersebut malah sering ditemukan dalam produk kosmetik padahal berbahaya banget buat kesehatan.

Advertisement

Melansir dari CNN Indonesia, Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik BPOM RI, Reri Indriani bilang kalau K3 dan K10 bersifat karsinogenik atau menyebabkan kanker. Dengan demikian, bahan ini bisa menimbulkan gangguan fungsi hati dan kanker hati.

Berikut ini daftar 16 produk kosmetik berbahaya dalam daftar termuan terbaru BPOM:

Advertisement
  1. Madame Gie Sweet Cheek Blused 03 (mengandung K3)
  2. Madame Gie Nail Shell 14 (mengandung K10)
  3. Madame Gie Nail Shell 10 (mengandung K10)
  4. Casandra Lip Balm Care with Aloe Vera varian Strawberry (mengandung Sudan III)
  5. Casandra Lip Balm Magic varian Strawberry (mengandung Sudan III)
  6. Casandra Lip Balm Magic varian Orange (mengandung Sudan III)
  7. LOVES ME Keep Color Trio Eyeshadow LM3044 04 (mengandung K10)
  8. LOVES ME The Matte Eyeshadow LM3016 02 (mengandung K10)
  9. LOVES ME The Matte Eyeshadow LM3022 04 (mengandung K10)
  10. MISS GIRL Eyeshadow + Blush On No. 2 (mengandung K3)
  11. MISS GIRL Eyeshadow + Blush On No. 3 (mengandung K3)
  12. MISS FORE Matte 33 Orchid 7301-043B33 (mengandung K3 dan K10)
  13. MISS FORE Mate 46 Love Bug 7301-043B46 (mengandung K3)
  14. MISS FORRE Matte 52 Americano 7301-043B52 (mengandung K3)
  15. MISS FORE Matte 48 Beeper 7301-043B48 (mengandung K3)
  16. MISS FORE Matte 50 Loved 7301-043B50 (mengandung K3 dan K10)

Lampiran lengkap dari BPOM bisa dilihat di sini.

Brand populer yang disebut dalam daftar itu yaitu Madame Gie, belum memberikan keterangan resmi. Meski terlihat merespon komentar negatif di medsos

madame gie bpom

Tanggapan Madame Gie di Instagram | Credit: Instagram @madame.gie

Usai daftar ini beredar dan jadi perbincangan, banyak warganet yang menagih penjelasan dari lini kosmetik Madame Gie terkait kandungan berbahaya di dalamnya. Menanggapi soal itu, pihak Madame Gie mengaku kalau ketiga produk yang masuk daftar berbahaya tersebut udah ditarik dari peredaran dan nggak diperjual belikan lagi.

“Permasalahan tersebut sudah terselesaikan dan case closed sejak lama ya kak dan produk-produk tersebut sudah kami tarik untuk tidak diperjual belikan kembali,” jelas pihak Madame Gie menjawab pernyataan salah seorang warganet (14/10).

Pihak Madame Gie nggak memberi rincian lebih lanjut mengenai kapan tepatnya persoalan tentang kandungan bahan berbahaya dalam produknya ini terselesaikan. Pasalnya, BPOM sendiri baru merilis daftar ini pada 4 Oktober 2022 lalu yang berarti belum lama ini. Sampai artikel ini Hipwee terbitkan, belum ada pernyataan lanjutan dari pihak Madame Gie maupun Gisella Anastasia selaku pemilik bisnis.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE