Musisi yang Pernah Jadi Vokalis Dewa 19 dari Masa ke Masa

Pernah mengalami bongkar pasang personel, berikut nama-nama musisi yang pernah jadi vokalis Dewa 19

Dewa 19 merupakan salah satu band legendaris di Indonesia. Grup musik beraliran rock yang dibentuk pada tahun 1986 di Surabaya ini, telah beberapa kali mengalami bongkar pasang personel. Terbaru, grup yang dipimpin Ahmad Dhani ini menggandeng solois Marcello Tahitoe atau dikenal Ello untuk mengisi posisi vokalis.

Advertisement

Melalui akun Instagramnya, Ello mengumumkan dirinya telah bergabung dengan grup band idolanya. Meski tidak menjadi vokalis tetap, Ello tidak lupa meminta dukungan para penggemar Dewa 19 karena ia tahu tidak akan bisa menggantikan vokalis-vokalis terdahulu. Pergantian vokalis di band papan atas ini boleh dibilang cukup sering dilakukan oleh sang pendirinya yakni Ahmad Dhani.

Nah, Sobat Hipwee berikut beberapa nama musisi yang pernah menjadi vokalis band Dewa 19.

Ari Lasso

Foto Ari Lasso

Credit : Photo by ari_lasso via instagram

Pemilik nama lengkap Ari Bernardus Lasso lebih dulu dikenal sebagai vokalis utama Dewa 19. Pria kelahiran 17 Januari 1973 ini menjadi vokalis band legendaris ini sekitar tahun 1988 hingga 1999. Bersama Ari Lasso, Dewa 19 meraih kesuksesan di sepanjang tahun 90-an. Album perdana mereka bertajuk 19 meledak dan laris manis di pasar belantika musik Indonesia pada tahun 1992.

Advertisement

Namun hubungan Dewa 19 dan Ari Lasso mengalami keretakan di tahun 1997, tepatnya setelah album Pandawa Lima rilis. Ari Lasso memilih mengundurkan diri dan tetap fokus pada dunia tarik suara. Kini Ari lebih dikenal sebagai solois, penulis lagu sekaligus juri salah satu ajang pencarian bakat menyanyi.

Once Mekel

Gambar Once Mekel

Credit : Photo by oncemekelofficial via instagram

Elfonda Mekel atau lebih dikenal Once Mekel merupakan vokalis Dewa 19 yang menggantikan posisi Ari Lasso pada tahun 1999. Bersama Once Mekel, Dewa 19 tidak kalah sukses saat bersama Ari Lasso. Vokal Once yang  khas sempat mengisi sejumlah album Dewa 19 seperti Bintang Lima, Cintailah Cinta, Laskar Cinta, Republik Cinta, dan Kerajaan Cinta.

Namun pada 2011, Once memutuskan keluar dari Dewa 19 dan memilih vakum beberapa waktu. Kini Once terus mengembangkan kariernya sebagai penyanyi solo, penulis lagu dan juri ajang pencarian bakat menyanyi.

Advertisement

Virzha

Potret Virzha

Credit : Photo by virzhaofficial via instagram

Sejak ditinggalkan vokalis-vokalis terdahulu, Dewa 19 tetap menjalankan aktivitasnya meski tanpa kehadiran vokalis. Kemudian Ahmad Dhani menunjuk secara langsung Muhammad Devirzha alias Virzha untuk mengisi posisi vokalis Dewa 19. Diketahui bahwa Virzha merupakan juara ketiga ajang Indonesian Idol musim kedelapan tahun 2014.

Meski Ahmad Dhani telah menunjuk Virzha, sampai detik ini Dewa 19 tidak memiliki vokalis tetap. Status Virzha pun hanya sebatas vokalis tamu dan tetap bisa menjalani aktivitasnya untuk berkarya sebagai seorang penyanyi solo kebanggaan Indonesia. Saat ini, Virzha berkarir sebagai seorang solois.

Saat ini Sobat Hipwee sudah tahu kan kalau posisi vokalis Dewa 19 diisi oleh Marcello Tahitoe alias Ello. Sama seperti Virzha, Ello juga bukan vokalis tetap dari Dewa 19, SoHip. Kira-kira gimana ya kalau suatu hari Dewa 19 mengadakan konser dan mengajak semua vokalisnya terdahulu berada di panggung yang sama. Wah, pasti seru!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE