Will Smith Dilarang Datang ke Acara Oscar Selama 10 Tahun

Hukuman atas aksi Will Smith menampar Chris Rock di panggung Oscar 2022 kini telah diputuskan The Academy. Aktor pemeran film King Richard itu dilarang menghadiri Academy Awards selama 10 tahun ke depan.

Advertisement

Sebelumnya, Will Smith telah mengumumkan bahwa dirinya mengundurkan diri dari The Academy of Motion Picture Arts and Sciences. Namun, kini hukuman lain telah diberikan oleh Dewan Gubernur The Academy.

Will Smith dilarang menghadiri acara The Academy apa pun, termasuk Academy Awards

will smith oscar

Will Smith dilarang menghadiri acara The Academy apa pun | Credit: @willsmith via Instagram

Dalam sebuah pernyataan resmi, The Academy mengumumkan bahwa Will Smith dilarang menghadiri acara Academy apa pun, termasuk Oscar, terhitung sejak 8 April 2022. Pengumuman ini disampaikan langsung oleh Presiden Academy David Rubin dan CEO Dawn Hudson setelah menggelar rapat Dewan Academy pada Kamis (8/4) kemarin.

“Academy telah memutuskan, untuk jangka waktu 10 tahun sejak 8 April 2022, Tuan Smith tidak akan diizinkan untuk menghadiri acara atau program Akademi apa pun, secara langsung atau virtual, termasuk namun tidak terbatas pada Academy Awards,” tulis Presiden Akademi David Rubin dan CEO Dawn Hudson dilansir dari CNN.com, Sabtu (9/4).

Advertisement

Keputusan dilarangnya Will Smith untuk hadir di acara Oscar ini muncul setelah banyak pihak  memperdebatkan konsekuensi yang harus ditanggung Will Smith atas aksinya.

Academy menambahkan bahwa acara Oscar tahun ini dimaksudkan untuk menjadi perayaan, tetapi justru dibayangi oleh perilaku tidak dapat diterima Will Smith di atas panggung. Mereka juga meminta maaf kepada semua pihak karena merasa tidak cukup menangani situasi di dalam ruangan.

Kepada Chris Rock, Dewan Gubernur mengucapkan terima kasih karena telah menjaga ketenangannya dalam keadaan tersebut. Keputusan menghukum Will Smith ini mereka lakukan untuk melindungi kepercayaan pada The Academy.

Advertisement

Smith menerima dan menghormati keputusan Academy

will smith blacklist

Smith tetap bisa dinominasikan atau memenangi penghargaan Oscar | Credit: @willsmith via Instagram

Dalam keterangan terpisah, Will Smith merilis sebuah pernyataan menanggapi pengumuman The Academy. Ia menerima dan menghormati keputusan yang telah ditentukan oleh Dewan Gubernur.

“Saya menerima dan menghormati keputusan The Academy,” kata Will Smith dilansir Comicbook, Sabtu (9/4/2022).

Sebelumnya, panggung Oscar 2022 sempat dihebohkan dengan aksi Will Smith menampar Chris Rock di atas panggung. Peristiwa bermula saat presenter sekaligus komedian itu menjadikan Jada Pinkett Smith, istri Will Smith, sebagai bahan bercandaan di atas panggung. Chris Rock bercanda merujuk pada film G.I Jane yang pemeran utamanya tampil botak.

Sementara Jada Pinkett Smith kala itu tampil botak usai mencukur habis rambutnya. Ia melakukan hal tersebut karena berkaitan dengan penyakit alopecia yang diderita. Tak lama, Will Smith naik ke atas panggung dan menampar keras pipi Chris Rock.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

CLOSE