Will Smith Pilih Mundur dari The Academy, Nasib Piala Oscar Dipertanyakan

Peristiwa penamparan komedian Chris Rock oleh Will Smith di atas panggung Oscar 2022 berbuntut panjang. Kejadian itu bermula saat Chris Rock sempat bercanda tentang kondisi istri Will Smith yang mencukur habis rambutnya akibat penyakit alopecia yang dideritanya.

Advertisement

Beberapa hari setelah kejadian itu, Will Smith membuat keputusan mengejutkan dengan memilih mundur dari Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS). Pengunduran diri itu juga diumumkan setelah ia memenangkan piala Aktor Terbaik dalam Oscar 2022.

Ia meraih penghargaan tersebut berkat perannya sebagai Richard Williams dalam film King Richard. Oleh karena pemerolehan piala tersebut, banyak pihak mulai mempertanyakan nasib piala Oscar yang ia peroleh.

Will Smith mengundurkan diri dari keanggotaannya di AMPAS

Will Smith

Will Smith mengundurkan diri dari keanggotaannya di AMPAS | Credit: @willsmith via Instagram

Will Smith menyatakan mundur dari keanggotaan AMPAS sebagai imbas aksinya menampar komedian Chris Rock di panggung Oscar 2022. Bintang film King Richard itu siap menerima konsekuensi atas tindakannya dari Dewan Gubernur Academy.

Advertisement

“Saya mengundurkan diri dari keanggotaan Academy of Motion Picture Arts and Sciences, dan akan menerima konsekuensi lebih lanjut yang dianggap pantas oleh Dewan” kata Will Smith dalam pernyataan resmi dilansir dari CNN, Jumat (1/4).

Ia juga menyatakan tindakannya adalah sesuatu yang mengejutkan, menyakitkan, dan tidak bisa dimaafkan.

Advertisement

“Tindakan saya pada Academy Awards ke-94 mengejutkan, menyakitkan, dan tidak bisa dimaafkan,” lanjutnya.

Keputusan Will Smith mundur dari keanggotaan AMPAS disampaikan beberapa saat setelah beredar kabar pertemuannya dengan pimpinan pihak penyelenggara Oscar. Melansir dari Variety, Will Smith berbicara dengan Presiden Academy David Rubin selama sekitar 30 menit dan membahas dampak insiden itu.

Ia menyesali tindakannya  dan meminta maaf kepada berbagai pihak

Penerima penghargaan Aktor Terbaik Oscar itu menyesali tindakannya menampar Chris Rock di perhelatan yang bergengsi Oscar 2022. Dia mengakui dirinya telah menghilangkan kesempatan kepada para pemenang dan nomine untuk mendapatkan perhatian atas prestasi mereka.

“Saya sangat sedih. Saya ingin mengembalikan fokus kepada mereka yang berhak mendapat perhatian atas prestasi mereka,” lanjutnya.

Will juga meminta maaf kepada Rubin dan Hudson atas kejadian tersebut. Dia menjelaskan bahwa alasannya menampar Chris Rock tidak lain karena komedian itu membuat lelucon tentang istrinya.

Pihak the Academy sudah menerima pengunduran dirinya

will smith jada pinkett smith

Pihak the Academy sudah menerima pengunduran dirinya | Credit: @willsmith via Instagram

Setelah kabar pengunduran diri Will Smith, Presiden AMPAS, David Rubin menyatakan telah menerima pengunduran diri aktor tersebut. Selain itu, pihaknya juga tetap akan melanjutkan proses disipliner terhadap Will Smith.

“Kami telah menerima pengunduran diri Will Smith dari Academy of Motion Picture Arts and Sciences. Kami akan terus melanjutkan proses disipliner kami terhadap Will Smith atas pelanggaran Standar Perilaku Akademi, sebelum pertemuan dewan terjadwal berikutnya pada 18 April,” kata Rubin.

Melansir dari Variety, Jumat (1/4), Will Smith hingga kini masih bisa menyimpan piala kemenangannya setelah kabar pengunduran dirinya dari AMPAS. Dia juga masih berkesempatan untuk diundang ke acara Oscar dan masuk nominasi di tahun-tahun mendatang. Namun, suami Jada Pinkett Smith itu tidak lagi menjadi voter dalam the Academy.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

CLOSE