Video Klipnya Dituding Plagiat Milik Lay EXO, Nama Young Lex Trending sampai Masuk Media Asing

Young Lex dituding plagiat Lay EXO

Nama Young Lex baru-baru ini viral lantaran video musik Raja Terakhir (The Last King) dinilai meniru video Lay EXO berjudul “Lit” yang sudah diunggah pada Juni tahun lalu. Video yang baru dirilis Youn Lex pada 8 Maret 2021 tersebut langsung dibanjiri dengan komentar warganet yang mengaku kecewa. Namanya bahkan menjadi trending topic di Twitter berkat video klip tersebut.

Advertisement

Setidaknya ada beberapa potongan video Young Lex yang dibandingkan, mulai dari penari di awal video, karakter naga, kostum hingga background. Banyak warganet yang tak terima sebab khawatir karya Indonesia akan dipandang sebelah mata. Fans K-pop pun membuat kalimat ‘Respect Zhang Yising’ atau nama asli dari Lay, bertengger di trending Twitter.

Kemiripan yang paling menonjol adanya tampilan naga besar yang meliuk di belakang bangunan dengan latar bulan purnama dan barisan prajurit

Kiri video Young Lex, kanan MV Lay EXO | Credit: Twitter @XXUXIAO99 via twitter.com

Tudingan tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya kesamaan yang ditemukan bukan satu atau dua, melainkan lebih dari 5. Jika dibandingkan tampilan yang paling menonjol adalah karakter naga, kedua video sama-sama menunjukkan naga yang keluar dari balik bangunan di tengah pasukan prajurit. Namun, ada perbedaannya, yakni video milik Lay EXO terdapat bulan di sebelah kanan sedangkan Young Lex di sebelah kiri.

Tak hanya itu kostum yang dipakai penari perempuan juga dinilai sangat mirip sama-sama menggunakan kuku panjang dengan penutup wajah berbentuk jaring. Bukan hanya latar belakang dan kostum yang disebut hampir sama, ada juga bagian koreografi yang dianggap mirip dengan gerakan Lay EXO di Lit ditambah lagi dengan kobaran api berwarna merah. Selanjutnya ada adegan di mana Young Lex menghadap ke naga raksasa yang juga dilakukan Lay pada video musiknya.

Advertisement

Meski sudah dihapus, komentarnya soal “Fans K-pop otak micin akan bilang ini plagiat” justru memperparah keadaan. Kasus ini sampai diberitakan media asing

Media Koreaboo bahas plagiat Young Lex | Credit: koreaboo.com via www.koreaboo.com

Young Lex sendiri sempat menyulut kemarahan dari penggemar Lay EXO. Pasalnya ia memberikan komentar di YouTube video “Raja Terakhir” dengan menulis ‘Fans K-pop otak micin akan bilang ini plagiat’, meski sudah dihapus kata-kata tersebut terlanjur disimpan oleh beberapa orang dan diangkat kembali ke media sosial. Para penggemar EXO pun meminta untuk ramai-ramai melaporkan video Young Lex supaya dihapus oleh pihak YouTube.

Bukan hanya itu, media lokal Korea Selatan Koreaboo hingga Kpopstarz.com yang berbasis di Amerika juga mengulas unsur plagiat Young Lex pada video milik Lay EXO. Jejaring media sosial sang rapper sampai dibanjiri ribuan komentar yang menuding Young Lex ingin tenar dengan isu plagiat.

“Segaja banget ya biar tenar lagi?” komentar warganet.

“Masalahnya udah sampe inter nih, tinggal nunggu rame di weibo aja”, tulis @starppat pada laman Instagram.

“Konsepnya mirip banget haha, mungkin terinspirasi,” pungkas yang lain.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE