YouTuber Windah Basudara Galang Donasi di Live Steaming untuk Rahmat Okky Boy

Baru-baru ini publik dibuat kagum dengan aksi YouTuber Brando Franco Windah alias Windah Basudara yang menggelar penggalangan dana melalui live streaming di kanal YouTube. Aksinya itu menjadi sorotan lantaran Windah mengajak bocah viral di TikTok yang mendapat julukan Okky Boy.

Advertisement

Bocah viral pemilik nama asli Rahmat atau sering juga disapa Amat itu memang cukup menyita perhatian warganet usai kemunculannya di sebuah video viral yang sekaligus menyematkan julukan Okky Boy padanya. Sosok Amat semakin mencuri perhatian, dan aksi Windah yang mengajak Amat live streaming untuk penggalangan dana itu, semakin menjadi sorotan warganet.

Windah sukses mengumpulkan donasi Rp 338 juta selama 3 jam live streaming

Sehari sebelum menggelar penggalangan dana, Windah lebih dulu mengumumkan acara tersebut melalui Instagram Story miliknya. Ia mengunggah fotonya bersama Amat dan menuliskan bahwa akan menggelar Charity Live Stream untuk Amat pada Selasa (11/10) pukul 18:30 WIB. Unggahan tersebut kemudian mendapat respons antusias warganet yang ikut membagikan tangkapan layar unggahan itu di media sosial mereka.

Advertisement

Dalam acara siaran langsung itu, Amat turut hadir di depan layar, duduk disamping Windah. Keduanya kompak mengenakan kaus kembar bergambar kartun Bugs Bunny yang membuat keduanya semakin mirip. Windah juga menegaskan bahwa penggalangan dana itu, bertujuan untuk membantu membiayani pendidikan Amat dan anak-anak berkebutuhan khusus lainnya.

“Charity ini murni untuk pendidikan Rahmat anak-anak lain yang membutuhkan. Aku berharap kalian nggak subscribe channel ini karena konten charity,” kata Windah dikutip dari YouTube Windah Basudara, Rabu (12/10).

Advertisement

Windah sempat menceritakan sedikit soal latar belakang Amat yang sebenarnya memimiliki keluarga yang mengasuhnya tapi kondisinya nggak mampu untuk membiayai sekolah bocah 11 tahun itu. Windah berharap para donatur nggak berdonasi karena kasihan pada Amat, tapi karena merasa terhibur dengan tingkah si Okky Boy itu.

“Sebenarnya Rahmat ada yang jaga, dan yang ngurus. Tapi saat ini lagi sulit untuk cover biaya sekolah. Gue nggak mau kalian semua donate karena kasihan, Kalau mau donasi atas rasa terhibur karena Rahmat lucu, gemoy, dan agar mencapai impian untuk sekaloh,” kata Windah.

Windah yang dikenal sebagai YouTuber Gaming, membuat siaran langsung aksinya bersama Amat saat bermain game balap, Tekken dan Grand Theft Auto (GTA). Selama permainan berlangsung, bunyi “kring” tanda seseorang berdonasi terus terdengar. Hingga akhirnya, siaran yang berlangsung selama 3 jam itu berhasil mengumpulkan dana Rp337.725.996 atau dibulatkan menjadi Rp338.000.000.

Melalui unggahan di Instagramnya, Windah mengucapkan terima kasih pada seluruh pihak yang telah berdonasi dan teman-temannya yang telah membantu untuk bertemu dengan Amat dan mengadakan penggalangan dana itu.

Amat si Okky Boy, bocah berkebutuhan khusus yang mencuri perhatian warganet

Sebelum diajak live streaming oleh Windah, Amat memang sudah lebih dulu mencuri perhatian warganet melalui video viral di TikTok. Julukan Okky Boy didapat Amat setelah beredar video dirinya terlihat kebingungan saat menjawab pertanyaan yang nggak jelas. Amat yang saat itu mengenakan kaus merah bertuliskan Okky (logo minuman jelly), akhirnya dijuluki sebagai Okky Boy.

Setelah video tersebut viral, kemudian muncul berbagai video lain yang merekam keseharian Amat yang bekerja menjadi tukang parkir dan menjaga adik-adiknya. Amat si Okky Boy semakin mendapat simpati warganet usai terungkap bahwa ia putus sekolah karena memiliki keterbatasan dalam menangkap pelajaran di sekolah, karena ia merupakan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Bahkan, Amat sering di-bully oleh teman-temannya, dan membuatnya merasa enggan kembali ke sekolah.

Amat kini tinggal bersama paman dan bibinya di Baubau, Sulawesi Tenggara. Ibunya bekerja sebagai TKW di Malaysia, sementara sang ayah entah kemana perginya sejak Amat lahir. Amat sebagai ABK harus bersekolah di Sekolah Luar Biasa (SLB) dengan biaya yang nggak murah, sehingga keluarganya cukup kesulian menyekolahkan Amat yang sudah putus sekolah sejak kelas 2 SD.

Amat yang semakin terkenal kemudian disebut-sebut warganet mirip dengan Windah Basudara, hingga akhirnya memicu pertemuan keduanya. Aksi Windah Basudara yang menggalang donasi untuk Amat pun dibanjiri pujian oleh warganet. Bahkan, nama Windah dan Okky sempat menduduki trending di Twitter.

Salut banget dengan aksi Windah yang membantu Amat dan anak-anak ABK lain yang membutuhkan biaya pendidikan. Semoga Amat yang bercita-cita sekolah di SLB dan kelak ingin menjadi polisi bisa terwujud, ya.

Buat SoHip yang juga ingin berdonasi untuk Amat, bisa melalui Kita Bisa. Penggalangan dana yang dibuat oleh akun Danny Ramadhan ini, juga menggalang dana untuk pendidikan Amat. Sila klik di sini, untuk ikut berdonasi.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE