Tanggapi Tren Bangunkan Sahur dengan Teriak-Teriak Pakai Toa Masjid, Zaskia Mecca: Etis Nggak sih?

Zaskia Mecca risih tren bangunkan sahur

Suasana Ramadan memang berbeda dengan hari-hari biasa. Selain berbuka puasa, sahur menjadi momen berkesan yang selalu dinantikan. Apalagi cara membangunkan sahur selalu unik dan berbeda tiap daerah. Misalnya membangun sahur dengan berkeliling kampung sambil menabuh beduk dan kentungan atau memakai toa di masjid. Sehingga cara membangunkan sahur semakin menarik.

Advertisement

Tahun ini, membangunkan sahur dengan suara keras melalui toa masjid disebut-sebut sebagai tren baru. Misalnya dengan memutar rekaman suara Mimi Peri, menirukan lagu yang lagi hits terutama di TikTok, dan lainnya. Ada pula yang membangunkan sahur dengan berteriak seolah tengah marah. Karena kerasnya suara itu, beberapa orang merasa terganggu. Seperti yang dirasakan oleh Zaskia Adya Mecca.

Mendengar suara orang membangunkan sahur di dekat rumahnya, Zaskia mempertanyakan etis atau nggak cara itu. Apalagi ada hak orang non Muslim yang harus dihargai juga

Melalui unggahannya di Instagram, Zaskia menanggapi cara membangunkan sahur di dekat kediamannya. Dalam video berdurasi singkat itu, Zaskia merekam suara dari toa masjid. Terdengar suara orang membangunkan sahur dengan berteriak. Lantas Bia, sapaan akrab Zaskia, pun mempertanyakan cara yang sedang menjadi tren itu.

Advertisement

“Cuma mau nanya ini bangunin model gini lagi HITS katanya?! Trus etis ga si pake toa masjid bangunin model gini??” Penggalan tulisan Zaskia, Kamis (22/4).

Menurutnya, cara itu nggak etis dan nggak menghargai orang lain terutama orang non Muslim. Apalagi mengingat Indonesia nggak cuma ditinggali oleh pemeluk agama Islam. Suara teriak-teriak itu dapat mengganggu mereka yang nggak menjalankan sahur. Saking bingungnya dengan suara membangunkan sahur itu, ia sempat menanyakan ke orang-orang di sekitarnya. Menurut mereka, cara seperti itu memang sedang hits. Berbeda dengan anggapan umum, Zaskia justru berpikir cara itu nggak lucu dan malah nggak menghargai orang lain.

Unggahan Zaskia itu langsung menuai beragam komentar. Banyak yang menyebut Zaskia terlalu serius. Lantaran sikapnya dinilai berlebihan, ini respons Zaskia

respons Zaskia Adya Mecca | Credit: Instagram @zaskiadyamecca via www.instagram.com

Tampak sejumlah artis meninggalkan komentar di unggahan Zaskia tersebut seperti Jefri Nichol, Tasya Nur Medina, hingga Ayushita. Mereka sepakat dengan pendapat artis yang namanya melambung berkat sinetron “Para Pencari Tuhan” itu. Bahkan mereka  membagikan pengalaman serupa. Beberapa warganet pun menyuarakan hal sama. Namun, banyak pula warganet yang menilai Zaskia terlalu berlebihan dan serius. Menurut mereka, cara membangunkan sahur seperti itu biasa dan sudah ada dari dulu.

Seperti yang diungkapkan oleh akun @haryanto_asep ini:

“Perasaan dari dulu2 juga udah biasa deh masjid/mushola ada yg bangunin saur pake toa. Gak asing sama sekali. Justru asing kalo bulan ramadhan sepi2 aja. 😊”

Membaca komentar itu, Zaskia pun menimpali. Selama 33 tahun hidup, ia mengaku tak pernah mendengar cara membangun sahur dengan teriak-teriak. Cara itu membuatnya malu kaget, dan tak bisa berkata-kata. Baginya, cara membangunkan sahur dengan berkeliling kampung sembari menabuh beduk lebih biasa ketimbang menggunakan suara kencang melalui toa masjid.

“Bagaimana dengan hak tetangga kita yang non muslim?” tanya balik Zaskia ketika ia dianggap terlal serius oleh seorang warganet.

Dalam balasan lainnya, Zaskia mengungkapkan masih syok dan gemas. Pasalnya, sebagian orang merasa cara membangunkan sahur dengan teriak-teriak bukan masalah. Mereka mewajarkannya dengan alasan Ramadan terjadi setahun sekali aja. Hingga detik ini, unggahan Zaskia masih dibanjiri komentar pro dan kontra. Terhitung ada sekitar 730 ribu komentar.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE