4 Busana Miss Universe 2022 yang Curi Perhatian, Ada yang Terbuat dari Kaleng Bekas

Ajang kontes kecantikan selalu mencuri perhatian publik, apalagi kalau bukan busana-busana yang dikenakan para kontestan dan juga visi misi yang mereka bawa. Salah satu kontes kencantikan yang sedang berlangsung adalah Miss Universe 2022, yang tahun ini digelar di New Orkeans, Amerika Serikat. Miss Universe 2022 memang baru diselenggarakan di tahun 2023 ini, karena di ajang-ajang sebelumnya terpaksa mundur akibat pandemi Covid-19.

Advertisement

Meski malam puncak Miss Universe baru akan terselenggara pada Minggu (15/1) besok, tapi sudah sejak beberapa hari yang lalu beberapa gaun dari kontestan dari berbagai negara sudah mencuri perhatian. Gaun-gaun yang mereka kenakan ada yang punya cerita tersendiri dan pesan-pesan yang ingin disampaikan, loh. Seperti apa gaun-gaun para kontestan yang unik dan jadi perhatian?

Laksmi De Neefe Suardana perwakilan Indonesia bawa miniatur kapal Phinisi di kontes Busana Nasional

Gaun Miss Universe 2022

MIss Indonesia | Foto dari Instagram

Puteri Indonesia 2022 ini menjadi perwakilan untuk maju di ajang Miss Universe 2022. Laksmi curi perhatian ketika tampil di segmen penjurian National Costume atau Busana Nasional dalam ajang tersebut. Pasalnya, Laksmi mengenakan busana yang cukup unik dengan bentuk kapal Phinisi di atas panggung.

Busana yang beri judul The Glory of Phinisi itu terinspirasi dari semboyan Indonesia, jalesveva jayamahe, di laut, kita menang. Semboyan itu identik dengan budaya Indonesia sebagai Negara Maritim. Busana karya Ikie Morphacio dan Ayrin dari Morphacio Body Art yang berkolaborasi egangan desainer Eko Tjandra itu juga terinspirasi dari orang Bugis yang dihormati sebagai pelaut hebat dan ahli membuat kapal.

Advertisement

Busana yang dikenakan Laksmi bernuansa gold dan silver. Miniatur phinisi tersebut diletakkan di bagian pundak belakang kepala. Busana tersebut juga dilengkapi ekor panjang berwarna putih yang membuat penampilannya tampak anggun.

Miss Guatemala curi perhatian kenakan busana rancangan desainer Indonesia

Gaun Miss Universe 2022

Miss Guatemala | Foto dari Instagram

Nggak cuma Laksmi aja yang pakai produk lokal Indonesia, loh. Perwakilan Guatemala Ivana Batchelor juga mengenakan gaun karya anak bangsa, yakni desainer Indonesia Hengki Kamilarang. Gaun tersebut dikenakan Ivana saat tampil di Night Down  Competition, atau Kompetisi Gaun Malam. Hal itu diketahui dari akun Instagram resmi Miss Guatemala.

Advertisement

“Beginilah penampilan Ivana Batchelor, Miss Universe Guatemala 2022 tadi malam di panggung gaun malam rancangan Hengki Kawilarang Couture asal Indonesia,” tulis akun Miss Guatemala.

Ivana tampil anggun dengan gaun one shoulder dress berwarna krem dan gold. Detail keemasan di seluruh gaun malam itu menambah kesan mewah dan elegan. Nggak heran, penampilan Ivana pun ikut mencuri perhatian.

Miss Ukraina pakai baju perang saat tampil di ajang National Costume, bentuk perlawanan terhadap Rusia

Gaun Miss Universe 2022

Miss Ukraina | Foto dari Instagram

Gaun-gaun di Miss Universe nggak seringkali nggak hanya menceritakan budaya suatu negara, tapi juga kondisi negara tersebut. Seperti busana Miss Ukraina yang nggak kala curi perhatian. Viktoria Apanasenko tampil di sesi National Costume dengan ‘baju perang’.

Gaun yang dikenakan Viktoria ini diberi nama Warrior of Light yang melambangkan peperangan negaranya yang diinvasi Rusia. Viktoria juga menceritakan makna busana tersebut di akun Instagramnya. Warrior of Light Gown itu sebagai simbol perlawanan.

“Ini simbol perjuangan bangsa kita melawan kegelapan. Seperti malaikat Mikail, yang membela Ukraina dengan pedang yang melindungi kita,” tulis Viktoria.

Gaun tersebut terdiri dari dress putih panjang, dilengkapi dengan dua sayap lebar yang di bagian dalamnya berwarna putih, dan dibagian luarnya berwarna biru. Sayap itu berarti untuk melindungi, sementara senjata yang ia bawa sebagai bentuk perlawanan.

Melalui gaun itu, Viktoria membawa pesan bahwa ia menjadi pembawa cahaya yang menmbus kegelapan yang datang ke bumi untuk menuarakan atas tertindasnya negaranya. Busana karya desainer Ukraina Lesia Patoka itu pun menuai pujian dan mencuri perhatian.

Miss Thailand tampil anggun dengan busana dari kaleng bekas yang menyimpan cerita masa lalunya

Gaun Miss Universe 2022

MIss Thailand | Foto dari Instagram

Gaun-gaun Miss Universe nggak hanya menyimpan cerita soal suatu negara, tapi juga tentang kehidupan kontestannya. Seperti gaun yang dikenakan Miss Thailand Anna Sueangam yang tampil memukau saat sesi Preliminarry Competition atau sesi perkenalan. Pasalnya, Anna mengenakan gaun dari bahan daur ulang kaleng minuman bekas.

Kaleng minuman biasanya terdapat can tab atau semacam ring pembuka di bagian atasnya kan? Nah, gaun Anna tersebut berbahan dasar can tab kaleng. Can tab dirangkai sedemikian rupa hingga membentuk gaun yang menutup tubuh Anna. Tentunya bukan sembarang gaun, karena dihiasi dengan kristal Swarovski yang menambah kesan mewah. Gaun karya label Manirat itu berpotongan panjang dan terdapat bukaan di punggung dan belahan panjang di kaki.

Penggunaan can tab dalam gaun Anna ternyata menyimpan cerita tersendiri. Pasalnya, gaun itu dirancang untuk mengenang orang tua Anna sekaligus kehidupan masa kecilnya. Pasalnya Anna terlahir dari keluarga pemulung, sejak kecil ia mengaku terbiasa dengan tumbukan sampah dan bareng-bareng daur ulang.

“Gaun ini terinspirasi dari lingkungan masa kecil saya. Gaun unik ini sengaja dibuat dengan bahan-bahan bekas yang bisa didaur ulang, untuk menunjukkan pada alam semesta bahwa apa yang dianggap tidak berharga oleh banyak orang sebenarnya memiliki nilai dan keindahan tersendiri,” ujar Anna dalam akun Instagramnya.

Wah keren-keren banget ya, gaun-gaun Miss Universe 2022 ini. Nggak cuma sekadar gaun yang membuat para kontestan tampil cantik di panggung bergengsi, tapi juga menyimpan cerita dan makna tersendiri. Menurutmu, gaun dari kontestan mana nih, yang paling unik?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE