Berpakaian sudah barang tentu tujuannya untuk mempercantik penampilan. Buatmu para cewek yang dikaruniai ukuran badan yang lebih besar daripada lainnya, memadupadankan pakaian jadi hal yang cukup memusingkan. Belum banyak yang tahu bahwasanya ada beberapa jenis pakaian yang jika asal-asalan dikenakan, justru akan makin menimbulkan kesan gemuk di badan.

Padahal, bagi cewek, ukuran badan menjadi suatu hal yang sensitif. Alih-alih menyamarkan kegemukan dan memaksimalkan penampilan, memakai beberapa jenis pakaian ini justru akan membuat penampilanmu makin terlihat lebar, lho. Agar nggak salah pilih dalam memadupadankan pakaian, simak uraian Hipwee Style berikut sebagai panduanmu, yuk!

1. Memakai baju ketat justru akan memperlihatkan lekuk tubuh. Hindari ya, kalau kamu nggak mau dibilang mirip ‘lepet’

malah kayak lepet berjalan via www.mixedmartialarts.com

Advertisement

Memakai baju ketat untukmu yang berbadan gemuk agaknya bukan pilihan tepat. Ukurannya yang kecil membuat lekukan tubuhmu makin terlihat nyata. Padahal, timbunan lemakmu itu harusnya disembunyikan, bukan? Jadi, carilah pakaian yang pas dengan ukuran tubuhmu. Jangan terlalu berharap kamu bakal tampil seksi dengan pakaian ketat karena justru lemak yang kemana-mana itu jadi penghalangmu untuk terlihat maksimal.

2. Baju dengan banyak motif atau motif berukuran besar juga jadi salah satu jenis pakaian yang sebaiknya dihindari. Motif akan memberi kesan tubuh makin penuh

terlalu banyak motif atau motif besar via i0.wp.com

Dengan banyaknya motif pada pakaian yang kamu kenakan, tubuhmu yang tambun itu justru semakin terlihat ‘penuh’. Apalagi kalau motifnya berukuran besar dan berwarna-warni seperti pelangi di pagi hari. Sah-sah saja mengenakan pakaian bermotif, asal pilihlah motif yang berukuran kecil. Motif yang berukuran kecil ini nggak menimbulkan efek yang membuat penuh di tubuh, tapi hanya sebagai aksen untuk variasi dan mempermanis tampilan saja.

3. Hindari juga pakaian dengan warna yang terlalu nge-jreng. Badan yang sudah oversize akan semakin mencolok dengan warna mentereng yang dikenakanmu itu

Hindari warna mencolok via oranggemuk.com

Pakaian dengan warna mencolok juga jadi salah satu hal yang sebaiknya dihindari olehmu yang berbadan subur. Warna nge-jreng ini memang dirasa kurang pas karena dengan terlalu menarik perhatian dan memfokuskan pandangan ke badanmu yang lebar. Memang sih, kalau sudah pe-de dan nyaman, baju apapun yang dikenakan akan terlihat oke-oke saja. Tapi tidak untuk kasus ini, ya. Sebaiknya kenakan baju berwarana netral seperti hitam atau abu-abu yang mampu menyamarkan ukuran badanmu.

4. Mengenakan baju bermotif horizontal juga merupakan kesalahan fatal. Garisnya yang ke samping membuat badanmu makin terlihat lebar, lho!

garis horisontal menarik badanmu via www.themilitantbaker.com

Advertisement

Baju dengan garis horizontal memang jadi favorit hampir setiap orang, tapi tidak untukmu yang berbadan melar. Mengenakan baju dengan garis ke samping seperti ini akan membuat tubuhmu terlihat semakin lebar. Ibaratnya, badanmu rasanya makin ketarik, gitu. Kamu masih boleh mengenakan baju stripey kok, asalkan yang garisnya vertikal agar bisa ‘merampingkan’ tubuhmu.

Punya badan gemuk bukan lagi masalah asal kamu tahu trik padu padan busana agar penampilanmu makin paripurna. Selain pemilihan baju, satu hal yang terpenting adalah kepercayaan diri yang kuat di dalam dirimu. Karena apapun yang kamu kenakan, bagaimana pun bentuk tubuhmu, asal kamu percaya diri dan bersyukur dengan yang kamu punya, maka kecantikanmu akan semakin terpancar nyata. Semoga menginspirasi, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya