Busana kebaya biasa kamu kenakan saat acara-acara tertentu aja, seperti wisuda, kondangan, maupun acara formal lainnya. Beragam kebaya pun hadir menemani kamu supaya nggak bosan dengan modelnya nih. Bahkan, modelnya yang selalu sukses memanjakan matamu ini seringkali membuat kamu bingung sendiri dalam memilih untuk mengenakannya.

Tampil cantik nan menawan dengan menggunakan kebaya memang memiliki nilai tersendiri. Sebagai busana nasional, kamu pun merasa aura kecantikanmu sebagai wanita Indonesia hadir seutuhnya. Nah untuk menunjang hal tersebut, keberadaan aksesoris pun diperlukan. Agar kamu nggak salah pilih dan memadupadankan antara kebaya dengan aksesoris, simak 6 tips berikut ini yuk! Demi penampilanmu selalu menawan dan nggak berlebihan. 😉

1. Kamu harus pastikan dulu kebaya seperti apa yang dipakai. Kalau kebayanya sederhana, pilihlah aksesoris yang cukup glamour.

kalau kebayanya sampai leher dan ada pita cantik menghiasi rambut, antingnya pun yang sederhana aja ;)

kalau kebayanya sampai leher dan ada pita cantik menghiasi rambut, antingnya pun yang sederhana aja 😉 via www.kapanlagi.com

Advertisement

Karena kebaya saat ini banyak modelnya, kamu harus memastikan kebaya seperti apa yang digunakan. Kalau modelnya sederhana seperti kebaya encim, kamu perlu memakai aksesoris yang cukup glamour. Untuk warnanya sendiri bisa disesuaikan dengan warna kebaya maupun warna netral seperti putih maupun silver agar mudah diaplikasikan dengan kebaya warna apapun. Sedangkan kalau kebayamu banyak payetnya dan warnanya cukup terang, kamu dapat memilih aksesoris yang simple. Hal ini untuk menghindari kesan berlebihan pada penampilanmu nanti.

2. Saat memilihnya pun kamu perlu ketahui aksesoris apa yang lebih diperlihatkan. Kalau anting, maka gelang maupun kalung modelnya lebih sederhana.

kayak mba Raisa nih, fokus pada anting <3

kayak mba Raisa nih, fokus pada anting <3 via twitter.com

Meski kebayamu sederhana, nggak harus seluruh aksesoris yang digunakan juga serba glamour. Sebaiknya pilih salah satu aksesoris yang lebih ditonjolkan, misalnya pada anting dan gelang aja atau kalung dan cincin. Dengan begitu kamu nggak terkesan berlebihan dan tetap dinilai menawan nan syahdu di mata orang yang melihat.

3. Tampil menarik gak selalu menggunakan aksesoris yang lengkap. Misalnya aja kalau udah pakai kalung, ya jangan memakai bros.

kayak mba Dian, gak usah pakai bros ;)

kayak mba Dian, gak usah pakai kalung 😉 via www.trendbajukebaya.com

Langkah lainnya dalam berpenampilan dengan kebaya yaitu kamu boleh memilih salah satu aksesoris yang nggak dipakai. Hal ini karena Hipwee yakin ada aksesoris yang kurang kamu senangi atau nggak nyaman dipakai. Oleh sebab itu, jangan memaksa misalnya kebayamu sederhana lalu kamu mengenakan seluruh aksesoris pada tubuh. Pilih satu atau dua aksesoris yang digunakan juga udah cukup kok.

Advertisement

Ada lagi aksesoris yang nggak bisa digunakan berbarengan, seperti kalung dan bros. Letaknya yang sama-sama menghiasi sekitar leher, pundak, dan dada ini kalau dipakai berbarengan akan terlihat berlebihan. Ditambah lagi kalau kebayamu banyak payetnya, selain berlebihan, kebayamu jadi terlihat semakin berat.

4. Rambut merupakan mahkota cewek. Jangan sungkan menghiasinya dengan jepitan cantik ya.

biar semakin cantik <3

biar semakin cantik <3 via www.kapanlagi.com

Berpenampilan menarik nggak hanya dapat diwujudkan melalui busana dan makeup, tapi juga dari keindahan tatanan rambut lho. Apapun gaya rambut yang kamu pilih, jangan lupakan jepitan cantik untuk menghiasi rambut ya. Dalam memilihnya nih harus pandai-pandainya kamu mencari yang glamour namun nggak seperti jepit anak-anak ya. Dengan begitu orang lain yang memandangmu semakin senang deh.

5. Belum pakai kebaya namanya tanpa mengenakan clutch. Pilih yang nyaman digenggam dan gak mengganggumu nanti.

jangan sertakan clutch cantik yang cocok dengan kebayamu

jangan sertakan clutch cantik yang cocok dengan kebayamu via instagrabbr.com

Clutch selalu sukses menambah kesan elegan dan manis dalam penampilanmu. Oleh karena itu, jadikan clutch sebagai pelengkap penampilan kebayamu ya. Toh memakai kebaya biasa kamu gunakan saat acara-acara resmi, jadi nggak salah dong membawa clutch untuk pemanisnya? Kamu bisa memilih clutch yang nyaman dan enak digenggam agar memudahkanmu dalam bergerak. Jenis clutch saat ini juga beragam, mulai dari rotan, polos, maupun penuh kilauan. Sesuaikan clutch dengan kebayamu ya!

6. Dalam mengenakan busana apapun, usahakan selalu mencirikan dirimu sendiri. Jangan memaksa untuk terlihat tampil berlebih maupun sederhana jika itu bukan kamu.

just be yourself!

just be yourself! via m.detik.com

Memberikan penampilan terbaik dengan kebaya nggak selalu harus yang berbeda dari dirimu seutuhnya. Justru alangkah baiknya kalau kamu tetap nggak menghilangkan ciri khasmu dalam penampilan dengan menggabungan bersama paduan busana kebaya, lengkap dengan aksesorisnya. Kalau kamu senangnya sederhana, pakailah kebaya atau aksesoris sewajarnya jangan berlebih. 😉

Kebaya merupakan salah satu busana yang kalau dikenakan pasti terdapat nilai tersendiri pada pemakainya. Oleh karena itu, nggak ada salahnya kamu memanfaatkan aksesoris sebagai penunjang penampilanmu. Karena berpenampilan mengesankan nan menawan perlu ditunjang dengan keberadaan anting, kalung, bros, maupun gelang lho. Kalau kamu udah menerapkan 6 hal yang Hipwee sebutkan tadi, dijamin deh pesonamu semakin terpancar. ;D

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya