Duhh, tadi malam kebanyakan nonton drama Korea nih, mata jadi sembab dan berkantung kayak panda gini deh

Kantung mata memang menjadi sebuah momok bagi sebagian besar cewek. Nggak heran banyak banget alat-alat makeup yang bertujuan untuk menghilangkan atau meminimalisir efek kantung mata seperti concealer, eyebags roller, dan sebagainya.

Tapi yang mungkin kamu nggak tau, kantung mata justru dipuja-puja lho di Korea, dengan tren makeup Aegyo Sal yang justru berupaya untuk menonjolkan kantung mata mereka. Ayuk kita cari tahu lebih lanjut tentang tren makeup yang satu ini.

Aegyo Sal, “kantung mata” yang dianggap sebagai pertanda kecantikan dan keawetmudaan seseorang.

aegyo sal via www.youtube.com

Apa sih sebenarnya aegyo sal? Secara istilah, aegyo sal dapat diartikan sebagai “senyuman mata” karena lipatan kantung mata biasanya muncul ketika kita sedang tersenyum. Lipatan mata tersebut biasa disalah artikan sebagai “kantung mata” yang biasanya muncul karena kurang tidur, habis menangis, atau karena genetik. Padahal, aegyo sal sebenarnya bukanlah kantung mata seperti yang sering diasumsikan oleh orang-orang, tapi deposit lemak yang ada di bawah mata. Deposit lemak ini biasanya ada pada anak kecil dan remaja, dan itulah mungkin kenapa si “kantong mata” ini diidentikan dengan awet muda dan kecantikan.

Cara membuat makeup aegyo sal cukup dengan tiga alat makeup saja!

Advertisement

alat-alatnya pun tak banyak via www.xovain.com

Sebelum kita mulai tutorialnya, siapkan dulu alat-alat makeup yang diperlukan. Dalam membuat aegyo sal, kamu cuma butuh tiga macam alat makeup saja lho. Mereka adalah:

  • Eyeshadow warna coklat muda
  • Pensil alis warna coklat tua
  • Highlighter atau eyeshadow warna putih
  • Sebagai tambahan, cottonbud untuk blending.

Langkah pertama, ciptakan ilusi bayangan kantong mata dengan membubuhkan eyeshadow coklat muda di bawah mata

bubuhkan eyeshadow di bawah lipatan kantung mata via chichibanban.blogspot.co.id

Tujuan dari langkah ini adalah untuk menciptakan gradasi warna atau bayangan natural yang biasanya muncul dibawah “kantung mata.” Seperti ketika sedang menggambar alis, kamu ingin mencapai efek 3D dengan gradasi warna tersebut. Eyeshadow warna coklat muda ini menjadi basis warna pada gradasi bayangan yang berusaha kamu ciptakan. Pilih warna eyeshadow yang satu shade lebih gelap dari warna kulit aslimu agar hasilnya terlihat natural.

Langkah kedua, pertegas “kantung mata”mu dengan menggambar garis tipis di bawahnya dengan menggunakan pensil alis warna coklat tua

kemudian pertegas dengan pensil alis via www.ellejess.com

Langkah kedua adalah mempertegas si kantung mata tadi dengan pensil alis warna coklat tua. Agar hasilnya terlihat natural, buat garis dengan pensil alis setipis mungkin. Untuk kamu yang memang terlahir dengan kantong mata yang berlebih, garis yang dibuat cukup tipis saja. Tapi, untuk kamu yang dianugerahi dengan absennya kantung mata, coba deh gambar garis sedikit lebih tebal di bagian tengahnya agar terlihat seperti kantung mata sungguhan yang biasanya terlihat paling menggembung.

Pertajam lagi “kantung mata” dengan menggunakan white shadow di tengah-tengah kantung matamu

tambahkan highlight atau eyeshadow putih pada daerah tengah kantung mata via madokeki.blogspot.co.id

Fungsi highlight disini sama seperti kita memberi highlight pada countour terutama bagian hidung, yaitu membuat objek lebih tegas. Dengan membubuhkan highlight atau white shadow di bagian tengah “kantung mata,” aegyo salmu pun semakin terlihat mencolok.

Finally, langkah terakhir adalah blending dengan menggunakan cottonbud.

blend dengan cottonbud via chichibanban.blogspot.co.id

Kok pakainya cottonbud sih? Ya, sebenarnya kamu bisa menggunakan kuas atau beauty blender. Tapi, kadang tekanan atau gesekan mereka terlalu besar, alih-alih meratakan makeupmu, mereka justru menghapusnya. Cottonbud atau jari (yang bersih, jangan lupa cuci tangan atau pakai hand sanitizer) bisa menjadi alat blending yang lebih pas dan nyaman.

Gampang banget kan membuat aegyo sal atau senyuman mata ala orang Korea? Buruan dipraktikkan agar kamu bisa menarik hati oppa-oppa dengan lirikan matamu!