Kebanyakan cewek jaman sekarang nggak akan pede keluar rumah tanpa pakai makeup. Tapi ada juga cewek-cewek yang justru nggak nyaman ketika memakai pensil alis dan lipstik “cuma buat keluar rumah”. Nah, tipe cewek-cewek yang kedua ini pun nggak salah. Pada akhirnya, ber-makeup atau tidak memang selera masing-masing.

Tapi kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal jika kamu ingin tampil tanpa makeup. Karena kecantikan bisa datang dari beberapa usaha yang kamu lakukan. Simak terus tips dari Hipwee, ya!

1. Kunci dari tampil cantik tanpa makeup adalah rasa santai dan percaya diri. Kamu tahu, kamu punya kecantikan alami

Feel beautiful via www.kdramastars.com

Advertisement

Merasa cantik bukan berarti kamu sombong. Merasa cantik disini artinya kamu punya kepercayaan diri yang timbul dari baiknya koneksi dan penerimaan atas dirimu sendiri. Kamu yang mencintai dirimu sendiri apa adanya dengan segala kekurangan dan kelebihan cenderung punya persepsi diri yang baik. Dan hanya dengan persepsi pada diri sendiri yang baik, maka orang disekitar kita pun akan mempunyai persepsi yang sama.

Hal ini karena orang lain juga terpengaruh dengan bagaimana kita melihat diri kita sendiri. Jadi, kalau mau terlihat cantik, awali dengan percaya diri dan merasa cantik dengan penampilan natural kita.

2. Cantik tanpa makeup artinya harus punya kulit yang sehat. Rawatlah kulitmu supaya tidak kering atau berjerawat

Your skin is everything via bombler.ru

Tentu saja bagian yang terpenting yang pasti paling terlihat oleh orang lain adalah kulit wajahmu. Jadi mulai sekarang, jangan remehkan kesehatan kulit wajah dan juga tubuhmu ya, girls. Tampil tanpa makeup itu artinya kamu harus ekstra merawat wajahmu agar kekurangan wajah seperti jerawat dan lingkaran hitam yang biasa kamu tutupi dengan makeup tidak akan sembarangan muncul dan merusak penampilanmu.

Advertisement

Untuk itu, rajinlah merawat kulih wajahmu dengan membersihkannya secara teratur, serta pakai masker wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu dan juga scrub wajah dan tubuh setiap seminggu atau dua minggu sekali agar kulitmu selalu terlihat bersih, sehat, dan bercahaya. Selain itu kamu juga bisa lakukan perawatan tambahan yaitu dengan menciprat-cipratkan air es ke wajah selama 10 detik setiap pagi dan malam untuk memunculkan warna natural kulit kita dan mengecilkan pori.

3. Alis adalah bingkai kecantikan paling alami. Walau tanpa pensil alis, pastikan alismu tertata rapi

Bentuk alis sesuai bentuk wajahmu via moda-fashion.biz

Wajah yang cantik rasanya nggak lengkap tanpa alis dengan bentuk yang sempurna. Jika kamu memilih untuk tidak mengenakan makeup, pastikan bulu-bulu kecil yang terdapat di bawah dan atas mata tidak mengganggu demi terbentuk alis yang melengkung sempurna. Memang mungkin jika kamu pakai pensil alis, kamu bisa membentuk garis sesukanya memotong alis yang sudah ada dalam membentuk alismu. Tapi berbeda jika kamu nggak pakai makeup. Kamu perlu membersihkan bulu-bulu ini dan membentuk alismu dengan mencabut atau memotongnya dengan pencukur bulu. Hasilnya wajahmu akan tetap terlihat cantik dan rapi walau tanpa bantuan pensil alis.

4. Sapukan sheer lip balm untuk bibir lembab yang terlihat sehat

Pakai lip balm biar lembab via jejswiat.pl

Ada yang masih mengira bahwa lip balm yang biasa dijual dalam kemasan di supermarket itu adalah kosmetik? Sebenarnya lip balm baik yang berwarna maupun tidak, bukanlah kosmetik yang fungsinya hanya mempercantik penampilanmu. Lip balm juga merupakan produk perawatan untuk kulit khusus kulit bibir yang fungsinya untuk melembabkan. Ada pula yang mengandung beberapa vitamin yang baik untuk kulit bibir. Jadi, jangan justru hindari produk kecantikan satu ini untuk membuat wajahmu cantik tanpa makeup. Cukup pilih dengan warna yang nggak mencolok atau sheer demi membuat penampilanmu tetap natural.

5. Untuk membuat bibirmu selalu lembut, kamu bisa melakukan scrubbing pada bibirmu dengan cara ini

Biar bibirmu pink merona via www.beautylish.com

Seperti juga kulit bagian tubuh lainnya, kulit pada bibir juga mengalami regenerasi yang bisa meninggalkan kulit mati yang menumpuk pada permukaan kulitnya. Untuk itu diperlukan juga proses scrubbing yang bisa kamu lakukan rutin untuk bibirmu. Caranya bisa dengan menggosokkan secara perlahan sikat gigi pada permukaan kulit bibirmu selama sekitar 2 menit. Selain bisa mengelupas kulit mati, proses ini juga bisa melancarkan peredaran darah pada bibirmu agar terlihat merona natural. Selain itu kamu juga bisa membuat scrub sendiri di rumah dengan mencampurkan gula dan madu yang bisa kamu pakai dengan cara digosok-gosokan secara perlana ke bibir. Madu yang kaya akan kandungan yang bermanfaat bisa membuat bibirmu ternutrisi dan lembut. Sedangkan gula berperan sebagai scrub yang mengelupas sekaligus memijat bibir.

6. Makanan dan minuman yang sehat nggak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tapi juga kesehatan kulit

Minum air putih! via plus.google.com

Kita adalah apa yang kita makan. Jadi untuk mendapat tubuh yang sehat dan kulit yang cantik juga harus dibarengi dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran. Kurangi makanan siap saji yang mengandung berbagai bahan makanan olahan yang justru buruk bagi tubuh. Masakan-masakan dari bahan yang segar dan sehat masih banyak yang bisa kamu pilih untuk melengkapi menu harianmu. Dan yang terpenting adalah perbanyak minum air putih delapan gelas per hari. Karena air putih bermanfaat banyak terutama untuk kulitmu agar terus terhidrasi dengan baik. Bisa juga kamu rutin minum teh hijau yang mengandung banyak antioksidan yang bisa membuat kulitmu tetap awet muda dan cantik bahkan saat tidak pakai makeup.

7. Senyum adalah aksesoris paling sempurna untuk dikenakan di muka. Dengan senyum tulusmu, kecantikanmu akan terpancar sebagai wanita

Tersenyumlah via www.baomoi.com

The prettiest girl is the happiest one“- Audrey Hepburn

Senyum akan secara instan membuatmu merasa dan terlihat cantik walaupun tanpa makeup lho, girls. Jadi berikanlah wajah ceria dan senyum terbaikmu pada orang disekitarmu, karena senyum merupakan aksesoris paling sempurna yang bisa kamu kenakan di wajahmu untuk membuat kecantikanmu semakin terpancar. Tersenyumlah maka dunia akan tersenyum kepadamu.

Cintai dirimu sendiri, terima secara utuh dan sepenuhnya dari apapun dirimu. Cintai dirimu dengan penampilan yang alami karena kamu mempunyai keunikan dan kecantikan yang hanya dirimu yang memilikinya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya