Pakai kebaya dengan bawahan kain jarik yang sudah dijahit itu biasa. Yang lagi hits sekarang adalah menggunakan kain lilit sebagai bawahan untuk dikenakan pada acara semi formal sampai formal. Kain lilit sendiri sebenarnya hanya selembar kain yang memang difungsikan sebagai bawahan, tanpa perlu dijahit dan cukup dililitkan. Karena hanya dililitkan, kamu jadi bebas berkreasi dan membentuknya sesuai keinginan.

Kamu nggak selalu harus memilih kebaya sebagai atasannya, lho. Cukup dengan memakai blouse, kamu sudah bisa melenggang ke acara yang akan didatangi. Nah, biar referensi gayamu makin lengkap, Hipwee Style kasih beberapa inspirasi padanan kain lilit yang bisa kamu sontek. Ini dia!

1. Atasan longgar memang paling pas dipadukan dengan kain lilit. Dimasukkan atau tidak, keduanya tetap ciamik!

dua-duanya cocok via www.instagram.com

Kain lilit sangat cocok dipadankan dengan atasan polos, karena kain lilit sendiri coraknya sudah sangat ramai. Kamu bisa memakai atasan yang dimasukkan ataupun tidak. Dua-duanya sama-sama serasi dengan bawahan kain lilit. Kesannya jadi anak muda banget!  

2. Bahkan cuma pakai kemeja putih biasa, kesan formal pun langsung bisa kamu tunjukkan

cuma pakai kemeja via www.instagram.com

Advertisement

Inspirasi gambar di atas bisa kamu terapkan kalau kamu harus pergi kondangan selepas pulang kerja. Cukup ganti bawahanmu dengan kain lilit saja. Praktis banget, ‘kan?

3. Atasan peplum juga bikin penampilanmu dengan kain lilit makin lucu, lho!

pakai peplum via instagram.com

Berhijab atau tidak, kamu tetap bisa mengenakan atasan peplum panjang dengan kain lilit berwarna kontras. Jika peplummu tak berwarna, pilihlah kain lilit dengan banyak corak agar perhatian orang-orang tertuju padamu. Jangan lupa, mix and match warnanya secara detail supaya nggak norak, ya!

4. Jika kain lilitmu agak ketat, padukanlah dengan atasan lebar atau yang biasa disebut batwing

atasan batwing via www.instagram.com

Kain lilit yang dibuat menyempit pada bagian bawah membuat pas banget dipadankan dengan atasan model batwing. Selain membuatmu tampak elegan, padu padan kedua busana ini juga sangat cocok digunakan pada banyak acara formal. Tambahkan aksesoris berupa kalung atau tas jinjing biar makin oke.

5. Punya atasan berenda yang bingung mau dikenakan bersama bawahan apa? Kain lilit jawabannya!

atasan berenda via instagram.com

Ke kondangan, acara wisuda atau bahkan lamaran, perpaduan atasan renda dengan kain lilit ini sangat cocok untuk dijadikan pilihan. Meski sederhana dan jauh dari kesan glamor, penampilanmu akan lebih feminin dari biasanya.

6. Dibuat lebih simpel seperti kebaya encim juga oke, lho!

kebaya simpel via id.pinterest.com

Memang pada dasarnya, kain lilit itu ditujukan untuk acara formal dan ampuh menjadikan penampilan tampak kasual. Kebaya model encim pun bisa jadi pilihan sebagai atasan untuk dipadankan dengan kain lilit.

7. Ini kasual banget! Cocok buat kamu yang nggak mau ribet kalo pergi ke kondangan atau wisudaan teman

cantik! via instagram.com

Nah, inspirasi yang ini paling pas buat kamu yang sebenarnya paling nggak suka kalau disuruh pakai kebaya. Cukup kenakan atasan dengan sedikit aksen berwarna pastel atau putih, lalu tambahkan kain lilit bermotif cukup banyak sebagai bawahannya. Hasilnya, look formalmu akan semakin terpancar meski tanpa kemeja atau blazer seperti biasa.

Menurut Hipwee Style, tren memakai kain lilit ini adalah sebuah gebrakan yang sempurna, khususnya buat mempercantik tampilan para kaum hawa. Selain karena nggak sama sekali menunjukkan lekuk tubuh, kesan sederhana namun modis akan terlihat jelas buat siapa saja yang memakainya. So, kapan kamu mau coba?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya