Bersanggul atau membuat tampilan updo pada rambutmu memang bisa membuat penampilan menjadi anggun seketika. Apalagi jika dipadu dengan kebaya atau gaun yang cantik. Dijamin, semua mata akan tertuju padamu. Kita mengenal ada banyak acara yang menyiratkan untuk tampil rapi dengan gaya formal dan tentunya, bersanggul. Contohnya ke acara pesta, kondangan, prom night, sampai wisuda. Namun sayangnya bagi beberapa cewek, bersanggul itu identik dengan kata ribet. Terutama kalau memakai tambahan rambut lepasan yang dinilai cukup berat di kepala.

Supaya tampil simpel tanpa ribet dan ‘berat’, ada metode alternatif sanggul yang ditata tanpa tambahan rambut lho. Penampilanmu akan tetap cantik dan mampu menampilkan sisi modern yang tak kalah anggun. Nah, sekarang simak dulu inspirasi sanggul dari Hipwee ini dan sampaikan ke penata rambut kamu ya.

1. Menguntel-untel rambut ke arah belakang bisa kamu terapkan untuk pemilik rambut curly yang ingin terlihat lebih rapi

Untuk si rambut curly via www.teruskan.com

Punya rambut curly dan diwarnai? Tak ada salahnya lho mengumpulkan rambutmu ke arah belakang untuk dibuat cepolan yang lucu. Tak perlu harus rapi-rapi banget. Yang penting sebagian besar rambutmu terkumpul di belakang. Jika rambutmu tidak curly pun tak mengapa, kamu bisa dengan mudah merekomendasikan penata rambutmu untuk meng-curly rambutmu terlebih dahulu. Jangan lupa tambahkan aksesori yang sesuai dengan busana yang kamu kenakan. Siap tampil beda dari biasanya.

2. Aksen kepang yang membingkai wajahmu bisa digunakan agar tatanan rambutmu terlihat manis dan anggun layaknya seorang ratu

Aksen kepang via rambutterbaru.com

Advertisement

Gaya kepang samping juga bisa kamu lakukan jika poni kamu cukup panjang. Punya wajah chubby? Bisa banget disamarkan dengan bingkai kepang semacam ini lho. Konsultasikan dengan penata rambutmu. Hair styler profesional pasti tau kok apa yang akan diperbuat dengan rambutmu. Kamu juga bisa sedikit menyasaknya di bagian tengah untuk memberikan volume rambut di kepalamu. Namun tindakan sasak rambut ini optional. Hipwee tau, nggak semua cewek bersedia rambutnya disasak karena bisa menadi kusut.

3. Pemilik rambut lurus pun jangan mau kalah. Sanggul model keong yang dilengkapi dengan tambahan aksesori di pinggir bisa membuatmu makin menawan

Sanggul keong untuk si pemilik rambut lurus via sriiewahyuni.blogspot.co.id

Kamu pemilik rambut lurus dan panjang? Sanggul model keong ini bisa kamu terapkan. Tinggal until-until rambutmu menjadi satu bagian. Kemudian bulatkan dan semat di bagian belakang dengan bobby pin agar kuat dan tidak jatuh. Kemudian sematkan aksesori yang cantik untuk melengkapi penampilanmu. Bisa berupa sirkam, atau bebungaan yang manis.

4. Siapa bilang pakai sanggul itu harus 100% rapi? Style yang agak berantakan seperti ini justru menambah daya tarik rambutmu lho

Style gaya berantakan via sriiewahyuni.blogspot.co.id

Dalam style ini, rambut rapi bukanlah goal utama. Yang penting adalah bagimana mengumpulkan rambut ke arah belakang secara messy. Namun jangan salah. Membuat gaya rambut seperti ini bukan berarti gampang lho. Justru malah kadang lebih susah daripada bikin style yang rapi. Dan, tentu saja, Hipwee menyarankan kamu untuk menggunakan aksesori andalan terlebih jika rambutmu hanya berwarna satu jenis saja.

5. Aksesori adalah kunci. Terlebih jika rambut kamu berwarna hitam pekat. Kilaunya bisa makin terpancar

Aksesori melingkar via www.hipwee.com

Memakai aksesori yang melingkari putaran sanggul kamu juga bisa dilakukan bahkan untuk sanggul yang sangat simpel sekalipun. Gunakan aksesoris berukuran besar agar perhatian orang tertuju pada kilau aksesoris ketimbang bentuk sanggul kamu yang simpel. Tak perlu risau kok. Tanpa ribet dan tetap cantik dengan gaya rambut sesimpel mungkin.

6. Menggulung rambut dengan gaya french-twist a la pramugari juga bisa dipakai untuk kamu yang ingin pesta sederhana

French twist a la pramugari via alam-maya.com

Gaya french-twist updo seringkali kita temui di gaya rambut para mbak-mbak pramugari. Gaya ini relatif mudah diaplikasikan. Banyak kok tutorial di internet yang membahas cara menyanggul a la pramugari. Malahan kamu bisa jadi tidak perlu lagi menyewa penata rambut untuk sekadar menata rambut seperti ini. Agar lebih pop up, tambahkan saja aksesoris yang manis untuk melingkari bagian rambut yang kurang rapi.

7. Rambutmu tak terlalu panjang? Tak perlu khawatir, membuat cepolan mini di belakang dengan sedikit sasakan bisa memberi volume di rambutmu

Untuk si rambut pendek via www.modeldangayarambutku.com

Jika rambutmu kurang panjang, kamu bisa mengaplikasikan gaya di atas ini. Sisir rambutmu dengan rapi kemudian kumpulkan di belakang membentuk gulungan rambut mini. Kamu bisa konsultasikan dengan penata rambut kamu untuk mendapatkan tampilan ini. Untuk menciptakan tampilan yang mempesona itu tak harus berambut panjang kan?

8. Alternatif dengan menggunakan bando kristal juga bisa kamu lakukan untuk mempercantik rambutmu tanpa ribet

Aksesori bando via www.teruskan.com

Saking malesnya kamu menata rambut, usahakan jangan pernah lupakan aksesori penunjang. Misalnya bando seperti ini. Bahkan tatanan rambut yang paling ‘berantakan’ sekalipun akan terlihat manis untuk acara wisuda atau wedding.

Bagaimana, Girls? Sudah mendapatkan inspirasi tatanan rambut anti ribet tanpa tambahan rambut untuk acara wisudamu? Selamat mencoba.