Segala hal yang berhubungan dengan dunia militer memang identik dengan kesan gagah dan tangguh, termasuk gaya berpakaian para tentara. Sekarang, gaya army look ini sudah banyak diadopsi. Baik cowok maupun cewek sudah lazim mengenakannya untuk tampilan sehari-hari.

Busana army look didominasi oleh motif camouflage yang unik maupun warna-warna seperti tan, khaki, dan olive-drab (OD). Nah, demi membantumu menampilkan kesan tangguh tapi tetap modis saat memadukan unsur military ini, Hipwee sudah menyiapkan sejumlah ide berbusana yang bisa kamu jajal. Berani coba?

1. Memakai atasan seragam tentara sebagai pengganti jaket: gaya yang otentik tanpa mengkompromikan kenyamanan

Atasan BDU militer Jerman sebagai jaket. via lookbook.nu

Bagian atasan dari Battle dress uniform (BDU) atau seragam tentara bermotif camouflage bisa kamu manfaatkan sebagai jaket yang keren. Kamu bisa memadukannya dengan hampir semua fashion item favoritmu: kaos kesukaanmu, celana denim berwarna gelap, dan sepatu boots atau sneakers. Buat cewek, kamu juga bisa memadankannya dengan tanktopsleggings, hotpants, atau bahkan mini skirt atau dress. Dengan ini, kamu bisa terlihat tangguh sekaligus unik dan menawan di waktu yang bersamaan.

2. Kenyamanan serupa juga bisa diberikan oleh parka ala militer

Parka militer via lookbook.nu

Advertisement

Meski sekilas mirip, parka berbeda dengan BDU. Parka biasanya lebih panjang, bahannya lebih tebal dan berlapis, serta dilengkapi tudung kepala atau hoodie. Parka lebih tepat digunakan untuk menghalau angin dan udara dingin. Tapi, sama seperti BDU, kamu bisa memadupadankannya dengan beragam fashion item kesukaanmu.

3. Bosan pakai celana jeans? Celana BDU bisa kamu manfaatkan untuk tampil lebih gahar

Kemeja flanel bisa menjadi pelengkap army look via lookastic.com

Celana militer BDU umumnya berupa celana model cargo dengan beberapa kantong di sisinya, dan terbuat dari bahan twill atau ripstop yang gak mudah sobek dan cepat kering. Celana ini bisa dengan mudah kamu padukan dengan kaos dan jaket serta sepatu sneakers atau boots. Sementara, celana militer polos berwarna OD atau tan bisa kamu kenakan bersama kemeja flanel kotak-kotak.

4. Untuk menunjukkan kesan santai, kenakan celana pendek bermotif camo

Celana pendek motif camo. via lookbook.nu

Meski mengenakan busana militer, bukan berarti kamu harus meninggalkan kesan santai lho. Tunjukkan kesan santai namun tetap bernuansa dinamis ala militer dengan mengenakan celana pendek bermotif camo. Padukan dengan kaos kesukaanmu untuk menambah kesan santai dan kasual.

5. Memasukkan kesan army look tanpa susah payah? Gunakan saja kaos camo untuk menunjang penampilanmu

Kaos camo via lookbook.nu

Selain celana pendek, sebuah kaos motif camo juga sanggup memancarkan sisi tangguhmu tanpa kamu perlu bersusah payah. Kamu hanya perlu memadupadankannya dengan celana berwarna gelap. Apalagi kalau ditambah dengan aksesoris seperti kalung dogtag dan kacamata model aviary, kamu pasti makin keren.

6. Camo juga bisa membuatmu terlihat elegan. Kenakanlah kemeja camo agar tampak menawan di acara yang semi-formal

Kemeja militer via www.024fan.com

Ketika kamu mesti berbusana semi-formal, seperti di kampus maupun acara mantenan, kamu bisa kok tetap memakai gaya militer kesukaanmu. Kenakan saja kemeja dengan motif camo, lalu padukan dengan denim atau chinos berwarna gelap. kamu pun tetap bisa menampilkan karaktermu di acara-acara yang semi-formal. kalau dilihat, sepintas mirip batik, lho. Hanya saja, yang ini batik tentara.

Bila ingin makin terlihat classy, kamu juga bisa mengenakan kemeja berwarna olive-drab bersama celana jeans gelap. Sebagai pelengkap, kenakan jam tangan tactical berwarna gelap.

7. Shemagh yang biasa digunakan militer juga bisa kamu manfaatkan sebagai syal untuk melindungi leher dan wajahmu

Shemagh via imgkid.com

Shemagh adalah syal ala arab yang biasa digunakan untuk melindungi kepala dan wajah dari terpaan pasir gurun, udara panas, bahkan udara dingin. Kamu mungkin ingat kalau Giring Nidji dulu suka melilitkan kain seperti ini di lehernya sebagai ciri khas. Nah, kalau kebetulan semua fashion item bermotif camo milikmu lagi dicuci, kamu masih tetap bisa menunjukkan karaktermu lewat shemagh kok. Selain gaya, shemagh juga bisa meindungimu dari cuaca yang gak bersahabat.

8. Biar tampil beda sekaligus tampak tangguh dan fleksibel, ganti sepatumu dengan sepasang tactical boots.

Tactical boots buat sehari-hari via instagram.com

Tactical boots ala militer juga bisa menambah level kekerenanmu menjadi berlipat-lipat. Kamu bakal tampak tangguh dan fleksibel, sekaligus tampil beda dari lainnya yang biasanya mengenakan sepatu yang itu-itu aja: sneakers, running shoes, maupun sepatu formal.

Biar sepatumu bisa kamu gunakan sehari-hari dimana saja tanpa keliatan jadi kayak satpam kompleks, pilih sepatu berwarna tan atau coklat. Boots yang berbahan suede juga biasanya cocok dipadupankan dengan berbagai fasion item milikmu.

9. Bosan dengan tas selempang yang itu-itu aja, pakai aja tas selempang tactical yang mengukuhkan karakter tangguhmu

Tas selempang tactical via id.aliexpress.com

Tas selempang kulit memang bikin kamu kelihatan necis dan classy. Tapi, kamu bisa tampil beda dengan tas selempang tactical ala militer. Selain mengukuhkan karakter tangguhmu, tas ini juga nyaman dibawa-bawa dan bisa menampung sebagian besar keperluanmu sehari-hari, kayak buku catatan, gadget, dompet, dan sebagainya.

Nah, itu dia sebagian gaya army look yang bisa kamu tiru di keseharianmu. Sekarang percaya ‘kan, kalau gaya busana ini bisa membuatmu tampil lebih tangguh?

Jika kamu punya tips lainnya untuk berbusana sehari-hari ala army, jangan ragu membocorkannya di kolom komentar ya.