Seperti apa sih style berpakaian yang cewek yang paling cowok suka? Bukan berarti kita berpakaian untuk mereka, hanya saja, menyenangkan rasanya ketika bisa tahu pendapat mereka tentang apa yang kita pakai sehari-hari.

Di bawah ini, Hipwee mewawancarai 9 cowok berbeda untuk mengetahui style cewek yang paling mereka suka. Simak jawaban mereka yuk!

1. “Cewek tak perlu terlalu berusaha. Cowok pun suka kok kalau cewek pakai kaos dan celana jeans saja.”

Raisa. Kaos oblong dan jeans justru jadi gaya yang paling cowok suka. via instagram.com

Seringkali, para cewek berlomba untuk mengenakan pakaian terbaik dan termodis untuk menarik perhatian lawan jenis. Ironisnya, bukan gaya berpakaian seperti itulah yang paling cowok suka dari kamu. Menurut para cowok, justru gaya yang santai dan kasuallah yang seringkali membuat mata mereka melirikmu.

“Aku biasanya tertarik sama cewek saat dia pakai kaos sama celana jeans. Simpel dan asik aja kelihatannya.”

– Eka, 23 tahun

Advertisement

Kaos dan celana jeans memang cara paling mudah untuk kamu bisa mendapatkan gaya yang santai dan kasual. Kamu tidak perlu mengeluarkan upaya yang begitu besar karena pasti kedua fashion item ini selalu ada di dalam lemarimu. Di sisi lain, paduan kaos dan celana jeans terlihat klasik, dan pantas dikenakan oleh siapa saja.

Kalau kamu tetap ingin terlihat chic dengan gaya kasual, padukan saja tank top warna dasar seperti hitam atau krem dengan luaran cardigan, kemeja, atau blazer. Paduan ini pun akan terlihat menyenangkan untuk kamu kenakan ke kampus, dan bisa membantumu menyiasati aturan kampus yang tak memperbolehkan kamu memakai kaos.

Tatjana Saphira, bukti bahwa gaya kasual juga bisa terlihat chic! via instagram.com

“Cewek yang pakai cardigan atau kemeja dengan dalaman tank top itu menarik buatku. Nggak peduli bawahannya rok atau celana, nggak peduli dia pakai sepatu apa. Gaya ini selalu enak buat dilihat.”

– Bayu, 23 tahun

Gunakanlah celana jeans berwarna netral, seperti biru navy atau hitam, supaya cocok dengan motif dan warna apapun. Pilihlah flat shoes kesayangan untuk membuat gaya kasualmu menjadi lebih manis. Jika ingin terlihat lebih sporty, kamu bisa mengenakan sepatu kets sebagai alas kaki pilihanmu.

2. “Kami juga suka ketika kamu menabrakkan motif atau warna. Yang penting bagus mix and match-nya.”

Dian Pelangi, jago tabrak motif dan warna. via instagram.com

Saat ini, tidak jarang lagi terlihat baju berwarna hijau dipadukan dengan blazer berwarna biru — atau pakaian bermotif garis-garis yang disandingkan dengan bawahan bermotif kotak-kotak. Tidak ada yang salah dengan tren ‘tabrak-tabrakan’ ini, dengan syarat bahwa kamu memiliki kemampuan untuk memadukannya dengan baik. Tapi kalau tidak punya kemampuan dan hanya ikut-ikut tren saja, kata para cowok lebih baik tidak usah deh.

“Menurutku sih nggak perlu macam-macam. Mau berhijab atau nggak yang penting bagus mix and match-nya.”

– Khrisna, 23 tahun

Kemampuan cewek dalam memadukan warna atau motif pakaian dengan baik adalah poin tambah tersendiri bagi para cowok. Menurut mereka, gaya berpakaian apa saja asalkan warna dan motifnya dipadukan dengan baik akan tetap terlihat menarik.

“Gaya berpakaian cewek? Simpel aja. Yang penting warnanya cocok dan nggak saling tabrakan.”

– Putra, 22 tahun

Untuk itu, jika kamu ingin pandai dalam memadu-padankan pakaian, jangan malas untuk mempelajarinya. Bisa lewat majalah-majalah fashion atau internet. Jangan lupa juga untuk menggunakan warna dan motif yang sesuai dengan warna kulitmu. Tidak mau ‘kan terlihat kusam hanya karena salah pilih warna?

3. “Jika ingin tampil lebih dari biasanya, rok atau dress selutut akan terlihat manis di cewek mana saja.”

Audrey Hepburn dengan dress selutut warna pastel via vogue.com

Walaupun suka dengan gaya yang simpel dan kasual, sesekali cowok senang melihat cewek bergaya sedikit feminin. Apalagi saat sedang pergi berkencan bersamanya. Gayamu yang sehari-harinya hanya mengenakan kaos dan celana jeans saja, tiba-tiba berubah menjadi lebih girly di malam Minggu.

Jangan merasa tersinggung dulu saat matanya terbelalak melihatmu. Itu bukan ekspresi kecewa karena gayamu berubah, melainkan kagum karena kamu tampak jauh lebih manis dari biasanya.

“Cewek yang mengenakan rok selutut atau dress selalu bikin saya tertarik. Manis aja kelihatannya.”

– Bowo, 22 tahun

Raisa. Rok selutut adalah cara instan untuk terlihat manis! via instagram.com

Nah, untuk bergaya girly yang manis tetapi tidak berlebihan ini, kamu hanya perlu menggunakan rok selutut atau dress saja. Padukanlah rok selutut tersebut dengan kaos atau blus yang bermotif sederhana, misalnya motif floral atau garis-garis. Untuk dress, kamu bisa menambahkan kalung dengan bentuk dan liontin yang sederhana sebagai pemanis. Dan sebagai pelengkap gayamu, kenakanlah flat shoes kesayangan yang tentunya memiliki warna yang sesuai untuk dipadukan.

“Hmmm… Saya suka yang simpel tapi feminin. Misalnya saat kalian memakai blus dan rok selutut. Simpel, rapi, tapi manis.”

– Akbar, 22 tahun

4. “Kami suka saat cewek mau menyesuaikan gaya dengan karakter tubuhnya. Jatuhnya pas dan enak dilihat”

Adele. Bukti bahwa kamu tetap cantik walau punya badan besar. via www.mtv.com

“Duh, badanku gendut banget!”

“Ya ampun. Pengen deh punya badan tinggi dan ramping kayak model.”

“Kulitku super hitam dan gosong, nih! Nggak suka…”

Ngaku deh, pasti kamu para cewek hampir semuanya pernah mengeluh seperti itu. Tentang bentuk tubuh yang (katanya) terlampau besar, badan yang tidak semampai, hingga warna kulit yang tidak secerah artis-artis Korea. Menurutmu, kekurangan itu membuat dirimu tidak terlihat cantik dan tidak cocok mengenakan semua jenis pakaian yang ada. Tapi tahu tidak? Menurut para cowok, justru sebaliknya lho!

Dengan cropped top dan full skirt, Evita Nuh tahu apa yang pas untuk remaja usia 15 tahun. via instagram.com

“Gaya berpakaian cewek yang menarik itu ya yang simpel aja sih. Tapi harus sesuai sama postur dan keadaan badannya. Kalau udah sesuai, pasti bagus aja kelihatannya.”

– Ihsan, 22 tahun

Para cowok sebenarnya tidak begitu mempedulikan kekurangan pada fisikmu, apalagi setelah dia mengenalmu dengan baik. Fisik yang “tak sempurna” itu bisa diatasi dengan berbagai trik. Misalnya, untuk yang bertubuh besar, fokuslah pada bagian pinggang dan hindari pakaian yang terlampau ketat. Atau untuk yang berkulit gelap, kenakanlah pakaian yang berwarna cerah supaya kulitmu juga ikut terlihat bercahaya. Menggunakan pakaian yang tepat, walaupun tidak sesuai dengan tren yang ada, akan tetap membuatmu terlihat menarik dan modis, kok! Nah, nggak ada alasan lagi ‘kan untuk mengeluhkan tubuhmu?

5. “Gaya berpakaian yang kami suka sebenarnya sederhana. Asal sesuai dengan acara.”

Dian Pelangi. Kebaya merah untuk Hari Kemerdekaan RI! via blog.dianpelangi.com

Kalau bertanya mengenai gaya berpakaian yang disukai oleh para cowok, mungkin ini adalah jawaban yang paling tepat. Mereka tidak pernah masalah akan caramu berpakaian, asalkan bisa disesuaikan dengan acara yang kamu datangi atau kegiatan yang kamu ikuti. Pastinya mereka akan berkomentar kalau kamu pergi ke kampus menggunakan sepatu hak tinggi dan rok pendek. Alasannya, karena kampus adalah tempat untuk belajar bukan untuk mejeng menebarkan pesona. Mereka juga akan berkomentar kalau kamu pergi ke resepsi pernikahan dengan mengenakan kemeja, celana jeans, dan sepatu kets. Ini acara resmi, mengapa hanya memakai baju sehari-hari?

Komunitas Hijabers Jakarta via karasanten.blogspot.com

“Aku suka cewek yang gaya pakaiannya dinamis. Artinya, bisa menyesuaikan diri dengan acara. Kalau ke kampus ya sederhana aja, tapi kalau ke acara kawinan bisa tampil yang rapi dan resmi.”

– Radit, 23 tahun

Janganlah malas untuk menyesuaikan diri, walaupun mungkin gaya berpakaian yang diharuskan tidak sesuai dengan dirimu. Bukan hanya semata-mata supaya enak dipandang, tetapi juga menghargai yang telah mengundang. Begitu juga saat ke kampus. Tidak perlu terlalu berhias diri, cukup yang sederhana namun rapi. Kalau kamu terlalu berhias diri, bisa-bisa kamu hanya akan menjadi buah omongan saja di kampus nanti.

6. “Fashion fades, style remains. Cewek yang punya style sendiri selalu bikin kami jatuh hati.”

Maudy Ayunda. Kamu harus punya style sendiri! via instagram.com

Coba deh ajak temanmu ke mall dan tunjuk satu baju — baju apapun. Bertanyalah: “Bisa nggak bayangin aku pakai baju itu?” Cewek yang punya gayanya sendiri akan terlihat ganjil memakai baju-baju tertentu. Di sisi lain, cewek itu akan sering mendapatkan komentar: “Ini bajunya kamu banget, deh…”

Walaupun mengikuti tren yang ada, kamu harus tetap memiliki jati diri yang khas dalam setiap gaya berpakaianmu. Mengapa? Karena inilah yang akan membuatmu terlihat berbeda dari yang lain.

“Aku suka lihat cewek yang punya gaya sendiri. Tetap mengikuti tren tapi nggak lebay dan tetap kelihatan jati dirinya.”

– Rizky, 21 tahun

Para cowok pun setuju dengan hal itu. Menurut mereka, cewek yang modis memang terlihat menarik dan modern. Tetapi kalau kamu punya style sendiri yang unik, mereka pasti tidak akan bisa lupa padamu. Untuk itu, ayo mulai cari gaya berpakaian ternyamanmu! Tidak masalah apakah itu kasual ataupun feminin, asalkan kamu merasa nyaman.

Diana Rikasari. Punya gayanya sendiri. via dianarikasari.blogspot.com

Nah, walaupun sudah punya gaya sendiri, kamu juga masih tetap bisa mengikuti tren kok. Misalnya kamu bergaya kasual, kamu bisa tetap mengikuti tren dengan memakai celana jeans atau sepatu kets model terbaru. Untuk kamu yang bergaya feminin, motif dress dan bentuk rok yang sedang in saat ini juga bisa digunakan tanpa menghilangkan gaya dan jati dirimu.

7. “Gaya berpakaian apapun tak masalah, asal kamu PD memakainya. Kadang kami bingung juga kok kalau cewek-cewek tanya… hahahah.”

Nyaman dan percaya diri via viva.co.id

Mungkin para cowok memang memiliki kriteria masing-masing mengenai cewek dan gaya berpakaian cewek yang disukainya. Namun, pada akhirnya mereka semua setuju bahwa yang membuat cewek terlihat menarik bukan hanya dari fisiknya saja, tetapi juga rasa percaya diri yang dimilikinya.

Rasa percaya diri itu bisa muncul karena kamu yakin tidak ada yang salah dari dirimu ataupun pakaianmu dan kamu merasa nyaman mengenakannya. Kalau selama ini kamu masih takut dengan apa yang akan orang katakan mengenai penampilanmu, berarti kamu belum dapat dibilang nyaman dan percaya diri dengan gaya berpakaianmu.

Express yourself. That’s the most important thing. via instagram.com

“Aku nggak punya gaya pakaian cewek yang paling aku suka. Tapi selama melihat cewek itu nyaman dan PD sama apa yang dipakainya, aku selalu suka lihatnya. Dia nggak merasa risih dengan dirinya sendiri.”

– Alfian, 23 tahun

Nah, itulah gaya berpakaian para cewek yang disukai oleh cowok-cowok. Jadi, untuk kamu para cewek, jangan ragu lagi untuk menemukan gaya ternyamanmu dan menumbuhkan rasa percaya dirimu. Dengan adanya rasa percaya diri, kamu pun mampu membawa diri dengan baik dan akhirnya akan terlihat begitu menarik!