Zaman selalu berubah sepanjang waktu kehidupan manusia. Termasuk soal style dan busana yang populer di setiap masa. Karena dari sini, siapa pun bisa mengekspresikan diri. Dulu, para cewek biasa pakai kain, kebaya, dan stagen yang ketat. Namun makin ke sini, gaya pakaian menjadi semakin simpel karena banyak cewek yang menjadi aktif dan punya seabrek kegiatan.

Dulu, kebaya dan kain adalah pakaian sehari-hari. Sekarang pakaian harian cewek adalah kulot dan t-shirt.

Perubahan itu juga diiringi dengan cara mereka ber-Outfit of the Day, atau OOTD. Dulu sih cukup disebut sebagai sesi foto saja. Ingin tahu bagaimana perbedaan orang dulu dan sekarang dalam berekspresi lewat foto dan pakaian? Silakan orgasme mata menyimak gambar dari Hipwee Style ini, ya.

1. Celana cutbray yang melebar di bagian bawah ini dipopularkan oleh Elvis Presley. Sekarang jadi primadona di kalangan selebgram

Celana cutbray OK

Saat melihat di feeds Instagram banyak orang dan selebgram, pasangan celana cutbray ini mengingatkan jaman Mama dan Papa saat masih muda dulu. Sekarang pun kembali kekinian lho. Selain nyaman dan nggak ketat, bisa ngasih kesan rapi dan formal juga. Bagaimana, berani coba?

2. Little black dress, sebuah baju terusan berwarna hitam yang membuat pemakainya naik kelas. Sekarang dibuat makin variatif dengan pose yang classy

Little black dress sekarang dipakai dengan lebih simpel. Dulu, saat pake dress, matching-nya cuma dengan memakai heels. Tapi sekarang, dengan flat shoes atau slip on pun nggak akan mengurangi ke-gorgeous-an penampilanmu.

3. Sesekali dandan yang Indonesia banget dengan kebaya, akan menonjolkan aura yang dewasa. Anggun juga tentunya

Kayak gini nih cantinya Indonesia

Ingin sesekali berdandan yang Indonesia banget, nggak sulit kok, girls. Kamu hanya perlu sehari saja mengganti pakaian kemeja dan kaosmu dengan kebaya. Jangan lupa lengkap dengan sanggulnya. Setelah itu, OOTD-lah. Dengan kebaya, kamu akan jadi lebih dewasa dan terpancar sempurna aura anggunmu. Dulu dan sekarang, mengekspresikan diri menjadi cewek Indonesia nggak sulit, kok.

4. OOTD nggak melulu dari ujung kepala sampai kaki. Selama style simpelmu tetap terlihat, nggak masalah kok

Charming-nya nggak ada obat

Kadang, OOTD itu diidentikkan dengan dengan foto dari ujung rambut sampai kaki. Tapi, dengan foto setengah badan saja, kamu tetap bisa terlihat cool dengan penampilan simple-mu. Bukti nyatanya adalah John Lennon dan Al Ghazali. Mengapa ini terlihat cool? Ah #NantiJugaLoPaham.

5. Katanya, foto dengan jumlah orang ganjil itu pamali. Tapi foto bertiga bareng sahabat dulu dan sekarang serunya nggak ada yang ngalahin

dulu dan sekarang via www.wikiwand.com

Kata orang jaman dulu, foto dengan jumlah orang yang ganjil itu pamali. Yang berpose di tengah umurnya lebih pendek. Katanya. Tapi gimana dong, foto bertiga bareng sahabat makin kerasa seru dan asiknya. Mau pake baju kembaran untuk menunjukkan kedekatan dan persahabatan, kadang pamali bukan jadi halangan lagi.

6. Dulu atau sekarang, taman adalah spot OOTD-an yang nggak boleh terlewat. Beda style tapi tetap jadi diri sendiri

ke taman ya harus begini dulu via www.margaretavania.com

Menjadi diri itu bisa dimulai kapan dan di mana saja. Terlebih lagi buat mengekspresikan apa yang kamu suka dan kamu tunjukkan lewat penampilan, di taman buat OOTD nggak jadi masalah. Kalau diperhatikan, taman adalah salah satu spot buat berekspresi. Dulu dan sekarang, tetap sama. Dengan gaya yang vintage atau kekinian, jangan lupa di-upload!

7. Memakai kemeja dan rok yang bermotif pas buat kamu yang berani mencoba hal baru. Nggak usah ragu

Lucunya dulu dan sekarang

8. Jaman Mama masih muda sampe sekarang, boyfriend jeans adalah pilihan bagi kamu yang males sama yang serba ketat

Celana adalah yang terpenting

9. Cuaca dingin bukan jadi penghambat buat OOTD-an. Sweater ada, tetap bisa jadi diri sendiri yang feminin

Semakin stylish aja

Nah, itulah beberapa perbedaan gaya OOTD dulu dan sekarang. Kalau dilihat sekilas memang seperti jauh berbeda. Yang membedakan pun nggak seberapa banyak. Mulai dari komposisi filter, keluwesan pose, dan pilihan bajunya.

Namun yang membuat OOTD dari generasi yang berbeda ini menjadi sama adalah bagaimana setiap orang, baik zaman dulu sampai sekarang, berusaha menunjukan keunikannya masing-masing dalam bergaya dan mengekspresikan diri. Dan di zaman sekarang, jangan ragu untuk menunjukkan keunikan di dalam diri! Bisa banget kamu tunjukin semuanya dengan gaya rambut, gaya berbusana, gaya foto, atau apapun yang membuat kamu nyaman dan terasa “kamu banget”.

Eh, jangan lupa submit foto ke Go Ahead People, ya! Akan dicari pemenang yang beruntung setiap 2 minggu sekali dalam 2 kali seminggu, khusus buat kamu yang berani ekspresiin diri dan nunjukin keunikannya! Nggak percaya? Sok atuh dicoba dulu.

Mendapat komentar “aneh” perkara penampilan dari orang lain, nggak perlu kamu pikir terlalu serius. Semua orang itu unink apa adanya. Kalo ada yang nanya apa sih maksud keunikan kamu itu, tinggal jawab saja…

Nanti Juga Lo Paham.

Nah, inspirasi fashion mana nih yang kamu suka? Generasi lama atau yang kekinian? 🙂

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya