Bayangkan berapa banyak botol sampo, sabun mandi, dan sabun cuci muka yang dibuang oleh orang di seluruh dunia setiap harinya. Pasti banyak banget deh. Nggak hanya botol perlengkapan mandi aja, botol produk perawatan kulit dan juga produk rias wajah pasti juga menyumbang banyak sampah plastik dan kaca di dunia. Apalagi kalau produk itu nggak punya sistem isi ulang sehingga setiap kehabisan, kita akan beli baru terus alias ada kemasan yang terus terbuang.

Nah, sekarang hal-hal soal lingkungan jadi perhatian buat produsen produk-produk kecantikan lo. Berbagai inovasi mulai dari konsep, kemasan, dan formula yang ramah lingkungan terus dikembangkan. Hasilnya, saat ini sudah ada beberapa produk kecantikan yang ramah lingkungan dan patut buat diapresiasi. Nggak heran sih makin banyak yang membuat produk ramah lingkungan, konsumen masa kini sudah banyak yang peduli soal hal itu. Bahkan, segala hal yang ‘ecofriendly’ jadi tren yang populer. Produk kecantikan apa saja sih yang sudah punya label ramah lingkungan?

1. Salah satu faktor yang bikin produk kecantikan nggak ramah lingkungan adalah kemasannya. Makanya beberapa merek sudah membuat sistem daur ulang kemasan

Begini sistem daur ulang botol kemasan dari The Body Shop via kumparan.com

Advertisement

Salah satu merek yang merintis kesadaran orang lain soal lingkungan adalah The Body Shop. Programnya mengajak konsumen buat mengembalikan botol kemasan kosong buat didaur ulang. Dengan mengembalikan botol, maka konsumen juga mendapatkan poin. Selain itu, merek lain yang menerapkan hal serupa lo. Misalnya produk lokal Indonesia yaitu Sensatia Botanicals dan juga merek luar negeri seperti Innisfree dan Kiehl’s.

2. Tapi proses daur ulang itu nggak murah lo. Makanya ada produk sampo batangan yang padat sehingga nggak perlu kemasan botol buat sabun pencuci rambut

Cara pakai sampo batangan mirip seperti pakai sabun batangan. Tapi, menggunakannya di rambut ya via www.preview.ph

Produk kecantikan yang kemasannya daur ulang memang konsepnya menarik. Tapi, ada yang lebih menarik lagi lo yaitu produk yang nggak pakai kemasan sama sekali! Ya, beberapa merek memang sudah mengembangkan produk berupa sampo dan conditioner padat batangan. Tujuannya biar kedua produk itu nggak perlu dikemas dalam botol plastik lagi. Daur ulang itu prosesnya mahal lo. Merek terkenal yang membuatnya adalah Lush. Sedangkan di Indonesia, beberapa merek indie sudah membuat seperti Seven Cactus.

3. Nggak cuma soal kemasan aja, ternyata formula produk bisa merusak lingkungan seperti yang ada pada tabir surya. Untungnya kini ada yang ramah lingkungan

Ternyata penggunaan tabir surya bisa merusak terumbu karang. Cek komposisinya dulu sebelum memutuskan menggunakannya. via theconversation.com

Ternyata, selain masalah kemasan, formula dari produk kecantikan ada lo yang nggak ramah lingkungan contohnya adalah tabir surya. Dikutip dari The Guardian, ternyata tabir surya bisa merusak terumbu karang karena kandungan oxybenzone dan octinoxate. Tapi sekarang, makin banyak kok tabir surya yang memberi klaim aman buat lingkungan. Produk lokal yang punya tabir surya aman buat lingkungan adalah Sensatia Botanicals sedangkan merek luar negeri adalah Kiehl’s.

4. Selain itu ada juga produk yang peduli dengan permasalahan air di dunia. Maka dari itu, dibuatlah perawatan kulit yang nggak menggunakan air di formulanya

Kalau nggak pakai air, maka potensi tumbuh bakteri di produk jadi berkurang. Makanya deh banyak yang berlomba membuat produk kecantikan tanpa air. via www.geekyposh.com

Advertisement

Masalah soal penggunaan air secara masif memang jadi masalah besar di dunia. Maka dari itu, banyak produsen kecantikan mengembangkan produk yang nggak ada komposisi airnya. Padahal, air kan berguna buat mencampur dan melarutkan komposisi produk. Karena nggak pakai air, dikutip dari Femaledaily, mereka mencari bahan yang bisa menggantikan air seperti ekstrak cairan alami tumbuhan. Contohnya adalah produk kecantikan Korea Selatan bernama Pyunkang Yul yang mengganti air dengan Coptis Japonica root extract dan Milkvetch root extract. Selain itu, ada juga produk Sunday Riley Good Genes yang nggak pakai air.

Inovasi produsen produk kecantikan buat ikut andil dalam menyelamatkan lingkungan memang keren lo. Semoga hal baik seperti itu bisa dicontoh dan diterapkan oleh banyak produk lokal Indonesia. Buat jadi cantik, nggak seharusnya mengorbankan kelestarian lingkungan ‘kan~

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya