Sebagai cewek, punya jidat jenong memang bisa jadi derita tersendiri. Mau potong rambut aja harus selalu ada poninya. Salah potong rambut sedikit, langsung deh muka berubah jadi kayak paus beluga.

jidat semua isinyaaa via animaltree.wordpress.com

Lapangan terbang, lapangan sepak-bola, kepala melom, ejekan-ejekan seperti itu mah udah sering kamu dengerin kalau jidat kamu jenong alias lebar.Untungnya banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir kadar di-bully gara-gara jidat jenong. Sebagai teman baik untuk para cewek, makeup adalah jawaban dari keluh kesahmu terhadap jidat yang jenong. Mau tahu gimana cara menciutkan jidat jenongmu dengan makeup? Cek yuk!

1. Samarkan jidat jenongmu dengan matte concealer yang lebih gelap dari kulitmu! Gini nih caranya!

dahimu tersamarkan kan? via www.makeup.com

Kamu bisa menyamarkan jidat jenongmu dengan matte concealer yang jauh lebih gelap dari warna kulit aslimu! Agar hasilnya lebih bagus, jangan pakai mineral concealer! Jenis liquid concealer akan menjadi pilihan yang lebih pas.

Advertisement

Cara memakai concealer untuk menyamarkan jidat jenongmu adalah dengan mengusapkannya di pinggiran jidat yang berbatasan dengan rambutmu! Ratakan atau blend concealer tersebut dengan menggunakan beauty blender atau kuas eye shadow yang lembut. Kamu harus memastikan bahwa garis concealer tersebut ter-blend secara maksimal, biar kesannya lebih natural! Setelah itu, kamu  bisa mengguanakan finishing powder untuk nge-set concealer-nya!

2. Pakai contouring powder atau bronzer juga bisa! Nggak susah kok!

tanpa contour versus contour via thebeautifullifeofthegirlnextdoor.blogspot.co.id

Kamu juga bisa melakukan teknik concealer tadi dengan menggunakan concealer powder atau bronzer. Karena mereka biasanya sudah datang dengan warna yang gelap, kamu nggak perlu menggunakannya terlalu banyak. Kamu cukup mengaplikasikannya sedikit di daerah ujung kening.

3. Hati-hati dalam memakai highlighter biar jidat nggak bertransformasi menjadi landasan pesawat di malam hari! Bang ini jidat bukan bandara!

highlight cukup di hidung saja, tak perlu di dahi! via www.esjaytee.com

Buat kamu yang hobi makeup, pasti udah tahu donk bahwa highlighter adalah salah satu makeup items yang penting bua contouring. Biar makeup semakain gorgeous, kamu biasa mengusapkan highlighter di tengah hidung, tulang pipi, dan di pertengahan dahi! Tapi buat kamu yang punya jidat jenong, tolong hindari pemakaian highlighter pada dahi. Dengan memakai highlighter, kamu justru akan menarik perhatian mata ke dahimu yang lebar. Duh, makasih deh!

 4. Jangan takut sama riasan mata yang bold dan cetar! Ini adalah koentji agar jidatmu nggak jadi fokus pandangan mata.

smokey eyes yang menggoda! via www.enfemenino.com

Riasan mata yang tepat bisa jadi penyelamat hari-harimu dari derita dah yang terlalu lebar. Untuk menyamarkan jidat jenong, kamu bisa bermain dengan riasan mata yang tebal dan tegas seperti riasan smokey eyes atau riasan glitter penuh warna yang bisa kamu pakai untuk hangout di malam hari. Kamu juga bisa mempertegas hiasan matamu dengan bulu mata palsu yang tebal  namun tetap proporsional! Dengan begitu, pandangan mata tidak akan tertuju langsung pada jidat, namun ke matamu! Alhasil kamu bisa menyamarkan jidat jenongmu deh!

5. Tampilkan Inner-Raisa kamu dengan riasan alis yang tebal! Semakin berisi alismu, semakin menciut tampakan jidat jenongmu!

alis hits a la raisa! via angginurputriyanti.blogspot.co.id

Selain riasan mata, riasan alis pun menjadi kunci utama dalam meminimalisir jidat lebarmu! Alis yang tipis justru akan membuat dahimu menjadi fokus pandangan. Dengan adanya riasan alis yang penuh, jidatmu pun bisa terlihat lebih kecil dari aslinya! Jadi, alis seperti apa yang paling cocok untukmu si jidat jenong? Alis yang “tajam” dan sedikit keatas adalah yang paling ciamik!

6. Sebagai tambahan, pilihlah makeup jenis matte agar jidatmu nggak dibuat ngaca sama temen-temenmu!

gini nih kalo jidat jenong terlalu glossy 🙁 via ohnotheydidnt.livejournal.com

Jidat jenong yang bercahaya itu bak lampu mobil di malam hari, bikin silau! Oleh karena itu, kamu sebisa mungkin perlu menghindari makeup yang glossy dan bercahaya. Foundation dan bedak tipe matte adalah sahabat baikmu selalu ditambah dengan pelembab yang water-based dan kertas pembersih minyak!

Nah, sekarang kamu nggak perlu khawatir lagi dengan jidatmu yang jenong! Tinggal aplikasikan saja tips-tips diatas agar kamu semakin percaya diri! Buktikan sendiri yuk!