Walaupun usiamu masih relatif muda saat ini, bukan berarti kamu nggak perlu lho merawat keremajaan kulitmu. Salah-salah saat umurmu lebih dewasa lagi nanti, kamu baru menyadari perubahan yang membuat kulitmu terlihat tua.

Kalau sudah kejadian biasanya akan susah menghilangkan keriput halus dan bintik hitam di sekitar wajah. Nggak mau dong jika wajahmu yang cantik seperti saat ini ternyata nggak bisa bertahan lama?

Advertisement

Nah, untuk mencegahnya, mulailah melakukan kebiasaan-kebiasaan baik yang berpengaruh untuk menjaga keremajaan kulitmu. Bukan nggak mungkin saat umurmu menginjak 30-an nanti, orang-orang akan mengira umurmu masih 20-an. Mau tahu caranya? Yuk, simak beauty tips dari Hipwee kali ini!

1. Kurangi kebiasaan minum dari sedotan, karena gerakan mulut saat menyedot minuman bisa membuat bibirmu jadi berkerut

Menyeruput minum

Minum pake sedotan via www.pinterest.com

Kebayang ‘kan gimana bentuk bibir orang saat menyedot minuman dengan sedotan? Bentuk bibir yang mengerucut itu lama kelamaan akan membentuk garis halus disekitar bibirmu lho. Disarankan lebih baik kamu minum langsung dari botol atau dari gelas agar menjaga kulit di sekitar bibirmu jadi terlihat selalu awet muda.

Selain itu, hal yang sama akan terjadi juga pada orang yang merokok. Pasalnya, gerakan mulut saat menyedot rokok dan menyipitkan mata saat asap mengepul, dapat menyebabkan keriput disekitar bibir dan ujung mata jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama.

2. Sinar matahari bisa mengakibatkan penuaan dini. Sebaiknya hindari paparannya dengan selalu pakai sunblock dan kacamata dengan pelindung UV

Pake sunblock sama kacamata hitam

Pake sunblock sama kacamata hitam via www.kadinlar.com

Advertisement

Matahari diatas jam 9 pagi sudah termasuk sinar yang mempunyai banyak pengaruh buruk pada tubuh terutama kulit. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa orang yang banyak terpapar matahari akan menunjukan tanda-tanda penuaan dini pada kulitnya.

Untuk itu, sangat perlu bagi kamu untuk selalu menjaga kulitmu dari sinar matahari langsung. Selain mengurangi  aktifitas di bawah matahari, kamu juga perlu memakai sunblock dengan SPF minimal 30 pada kulit badan dan 15 pada kulit wajah. Tak hanya itu, kamu juga perlu melindungi area di sekitar matamu dengan mengenakan kacamata yang punya perlindungan terhadap sinar UV A dan B, hal ini perlu karena kulit di area mata sangat sensitif dan tipis sehingga perlu lebih dilindungi.

3. Butuh anti-aging yang instan? Pakai parfum wangi grapefruit atau jeruk Bali maka kamu akan tampak lebih muda seketika

Parfum wangi grapefruit

Parfum wangi grapefruit via wanelo.com

Beberapa studi menujukkan bahwa aroma juga mempengaruhi persepsi orang dalam menilai umur seseorang. Karena aroma erat hubungannya langsung dengan otak dan efek yang ditimbulkan pun berbeda-beda.

Ternyata wangi aroma grapefruit atau jeruk bali lah yang paling bisa membuat orang mempunyai persepsi bahwa umur kita 5-10 tahun lebih muda dari yang sebenarnya. Bahkan aroma ini pun akan mempunyai dampak yang sama pada orang yang nggak menyukai baunya. Jadi, kalau kamu atau orang tersayangmu ingin terlihat lebih muda secara instan, pakai saja aroma-aroma buah segar ini.

4. Demi kulit wajah yang selalu sehat dan cantik berseri, rajin-rajinlah membersihkan wajah minimal 2 kali sehari

Rajin bersihin muka

Rajin bersihin muka via www.huffingtonpost.com

Jangan malas membersihkan wajah setiap habis beraktifitas. Karena wajah yang sudah seharian terkena debu, polusi jalanan, dan kotoran nggak bisa didiamkan lama-lama terutama kalau kamu juga pakai makeup.

Hal itu lantaran kotoran dari debu jalanan dan polusi sangat bisa menyumbat pori dan mengurangi kesehatan kulitmu. Langsung bersihkan wajah lalu mencucinya dengan sabun wajah setiap kali usai beraktifitas bisa membantu mengurangi dampak buruk yang ditimbulkan dari wajah yang kotor. Jika kebiasaan ini rutin kamu lakukan, bukan tak mungkin kulitmu akan terjaga vitalitasnya dan akan terlihat muda lebih lama.

5. Luangkan waktu untuk sekedar hangout bersama teman. Saat stres atau tertekan, tips ini tepat dijadikan pilihan.

Awet muda bareng-bareng

Awet muda bareng-bareng via www.uamodna.com

Tingkat stres dan mood terbukti berpengaruh pada penuaan pada kulit. Jika terlalu banyak stres yang menderamu, bisa jadi kamu akan terlihat lebih tua dari umurmu yang sebenarnya. Untuk menghindari ini, coba kamu tangani perasaanmu setiap stres tersebut datang. Jangan sia-siakan ajakan teman untuk jalan bareng saat kamu mulai suntuk. Karena main dengan teman, berbincang, dan tertawa akan membantumu menjaga penampilanmu jadi awet muda.

6. Rawat rambutmu dengan selalu menjaga kelembabannya. Seperti kulit, rambut pun bisa kusam dan terlihat tak sehat lho!

Rambut cantik

Rambut cantik via favimages.com

Rambut yang kekurangan nutrisi dan kelembaban akan cenderung menjadi kusam, kasar, dan susah diatur. Penampilan rambut seperti ini jelas akan membuat penampilanmu jadi terlihat lebih tua dari yang seharusnya. Untuk itu, biasakanlah untuk selalu merawat rambutmu. Cukup dengan conditioner atau hair mask yang produknya sudah bisa dengan mudah kita dapat di mini market terdekat. Dengan rutin paling tidak seminggu sekali merawat rambut, akan membuat rambutmu halus, bersinar, dan sehat. Tampilan rambut inilah yang akan juga bisa membuatmu selalu terlihat awet muda.

7. Jangan lupakan leher saat wajahmu dirawat dengan maksimal, karena bagian lener juga butuh perawatan.

Rawat wajah dan juga leher

Rawat wajah dan juga leher via quemas.mamaslatinas.com

Mungkin banyak dari kamu yang melupakan bagian yang satu ini. Saat kamu sangat terfokus pada wajah, kulit lehermu pun sebenarnya juga membutuhkan perawatan agar terlihat selalu sehat dan awet muda. Bayangkan kalau kulit wajahmu terlihat seperti umur 17 tapi lehermu terlihat seperti umur 40. Duh, nggak mau deh ya.

Maka dari itu, penting bagimu untuk mulai lebih merawat kulit bagian lehermu. Jika kamu punya serum atau krim perawatan wajah, usapkan juga pada leher setiap kamu memakainya pada wajah. Mungkin kamu pikir hal ini akan terasa lebih boros, tapi jika dibandingkan dengan efek yang akan kamu dapat, lebih baik meluangkan sedikit uang tambahan untuk tampilan cantik yang lebih lama, ‘kan?

8. Awetkan kecantikan masa mudamu dengan rajin berolahraga. Meski sederhana, cara ini bisa ampuh jika dipraktekkan setiap harinya

Olahraga teratur

Olahraga teratur via devids.net

Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya umur, maka metabolisme dalam tubuh pun akan semakin menurun. Kekurangan olahraga juga akan membuat kamu terlihat semakin cepat tua, hal ini karena metabolisme tubuhmu yang kurang lancar sehingga nutrisi dalam tubuh nggak secara maksimal terserap sampai ke sel-sel terkecil. Selain itu kesegaran tubuh pun akan berkurang yang akan berpengaruh juga pada penampilan kulitmu. Olahraga ringan secara rutin seperti jalan kaki atau jogging selama 30 menit setiap harinya dapat membantumu meningkatkan metabolisme yang berpengaruh pada penampilan awet mudamu.

Mesk ada cara-cara yang bisa dilakukan agar terlihat awet muda, bukan berarti kamu boleh mengabaikan yang lainnya. Terlihat lebih muda nggak hanya berkat dari apa yang kamu rawat dari luar. Kamu pun perlu merawat hati dan pikiran agar selalu berpikir dan bertindak positif.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya