4 Alasan Mengapa Anak Muda Harus Punya Pemahaman tentang Fashion

Fashion bagi mereka yang paham bisa jadi lebih dari sekadar gaya berpakaian sesuai tren

Bicara soal fashion, hampir semua orang tahu bahwa fashion secara sederhana merupakan gaya yang populer dalam suatu budaya untuk menunjang penampilan seseorang. Meski demikian, masih banyak orang yang belum benar-benar memahami fashion.

Memahami fashion, terlebih bagi generasi muda hari ini adalah penting. Sebab,  fashion bagi mereka yang paham bisa jadi lebih dari sekadar gaya berpakaian sesuai tren: fashion bisa jadi medium berekspresi dan menyatakan suatu hal tertentu.

Nah, untuk itu, berikut adalah 4 alasan mengapa kamu harus punya pemahaman tentang fashion, agar bisa memanfaatkan fungsinya lebih dari sekadar gaya berpakaian. Simak!

1. Pemahaman tentang fashion bisa bikin kamu merasa sempurna dan percaya diri

Fashion kekinian

Ilustrasi percaya diri | Photo by insta_photos from iStockphoto

Punya pemahaman tentang fashion secara singkat akan membuatmu tahu mana pakaian yang cocok untuk dipadupadankan, dan terpenting tahu mana pilihan yang sesuai dengan selera serta kenyamananmu. Sejalan dengan itu, kamu pun akan punya persepsi yang baik terhadap diri sendiri. 

Sebaliknya, jika kamu nggak begitu memahami fashion hingga pada akhirnya tampilan yang kamu dapatkan jauh dari ekspektasi, bukan tidak mungkin akan muncul persepsi negatif yang berdampak pada perasaan kurang percaya diri. 

Dengan kata lain, pemahaman tentang fashion bisa jadi salah satu jalan meningkatkan kepercayaan diri, dengan catatan kamu sudah terlebih dahulu percaya pada diri sendiri dan merasa dirimu sudah cukup baik. 

2. Pilihan fashion adalah bentuk komunikasimu secara nonverbal

Tas branded

Ilustrasi fashion sebagai bentuk komunikasi nonverbal | Photo by Laura Chouette on Unsplash

Dengan memahami fashion, kamu akan tahu kalau fashion bisa jadi bentuk komunikasimu terhadap orang lain secara nonverbal. Seperti dikemukakan filosof Perancis Roland Barthes, fashion dapat diartikan sebagai sebuah sistem tanda untuk menunjukkan siapa dan nilai budaya apa yang kamu anut. 

Contoh paling mudah dari hal tersebut dapat kita amati dari pengacara kondang Hotman Paris yang gemar tampil eksentrik dengan setelan mewahnya. Melalui pilihan fashion-nya, Hotman Paris seakan berkata kepada calon klien sekaligus pengacara lainnya, kalau dia adalah pengacara yang hebat dan sukses menangani kasus-kasus besar. Hal itu dibuktikan lewat kemampuan finansialnya membeli pakaian serta aksesoris mewah. 

Nah, komunikasi seperti itu juga bisa kamu sampaikan kepada orang lain melalui pemahaman akan fashion. Tentukan apa yang ingin kamu tunjukkan atau sampaikan, dan pilih fashion item yang tepat merepresentasikan pesan tersebut. 

3. Pilihan fashion yang tepat di tempat yang tepat bisa jadi sumber daya tarik

fashion warna pastel

Ilustrasi pilihan outfit yang tepat sesuai suasana | Photo by Ehimetalor Akhere Unuabona on Unsplash

Berkaitan dengan poin sebelumnya, pemahaman tentang fashion tidak hanya bisa membantumu menentukan outfit yang tepat dengan kepribadian, tetapi juga dapat membantumu menyesuaikan penampilan dengan tempat atau suasana yang akan kamu datangi.

Nah, sejalan dengan itu, pilihan fashion yang tepat di tempat yang tepat bisa jadi sumber daya tarik, loh. Karena seperti disampaikan sebelumnya, fashion bisa jadi medium komunikasimu. 

Dengan pemahaman tentang fashion, kamu bisa menyesuaikan pilihan outfit dengan suatu tempat atau acara tertentu, agar dapat memberikan impresi yang menarik terhadap orang-orang yang akan kamu temui. Buat kamu yang berniat menemukan relasi, langkah ini penting.

4. Fashion dapat menjadi penanda kelas sosial

Fashion mewah

Ilustrasi fashion dapat menandakan kelas sosial seseorang | Photo from Kristina Petrick on Unplash

Terkadang ada momen dalam hidup yang mengharuskan kita mengetahui kelas sosial seseorang, atau momen di mana kita ingin menunjukkan kelas sosial tertentu. Keduanya bisa kamu lakukan melalui fashion.

Yup, fashion punya power untuk menunjukkan kelas sosial ekonomi yang berbeda. Mereka dengan pakaian bermerek bisa diduga dari kalangan menengah ke atas, sementara mereka dengan pakaian cenderung biasa-biasa saja, bisa diduga dari kalangan menengah ke bawah. 

Dengan pemahaman tentang fashion, kamu juga bisa dengan lebih baik menangkap ekspresi diri seperti apa yang seseorang ingin tunjukkan, terlepas dari jenis fashion atau pakaian tertentu yang secara tidak langsung menunjukkan kelas sosialnya. 

Sebagai contoh adalah para remaja di “Citayam Fashion Week”. Secara fashion item, apa yang para remaja tersebut kenakan mungkin bukan barang baru atau barang bermerek asli. Namun, mereka tak peduli karena apa yang ingin diekspresikan adalah bagaimana mereka mampu untuk keep up dengan tren, dan menegaskan bahwa mereka bukanlah kelompok yang tertinggal melalui caranya sendiri. 

Nah, itu dia 4 alasan mengapa punya pemahaman tentang fashion itu penting, terlebih bagi generasi muda. Ada banyak fungsi fashion yang bisa kamu rasakan manfaatnya jika memahaminya. 

Lebih dari pada itu, dengan pemahaman tentang fashion kamu juga telah mengupayakan keseimbangan dalam salah satu aspek hidup, yaitu keep up dengan tren sekaligus mengekspresikan diri. 

Mencapai keseimbangan dalam berbagai aspek hidup ini sangat penting untuk kamu upayakan. Karena dengan itu kamu tidak hanya akan fokus pada apa yang bisa diberikan, seperti fashion look yang sempurna, tetapi juga fokus pada apa yang bisa didapatkan yaitu wadah untuk mengekspresikan diri secara nyaman.

Nah, buat kamu yang ingin mengupayakan keseimbangan hidup dalam berbagai aspek selain melalui fashion, yuk follow akun Instagram @guegensy karena di sana kamu bisa mendapatkan banyak informasi menarik mengenai keseimbangan hidup.

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.

Editor