Ini 5 Aturan Ketat Berbusana di Korea Utara yang Wajib Dipatuhi. Apa Indonesia Bisa Begini?

Aturan berbusana di Korea Utara

Jika biasanya negara mengatur hal-hal krusial seperti perbatasan wilayah, pajak, tata cara berkomunikasi dan sebagainya, ada hal menarik di Korea Utara yakni adanya aturan ketat mengenai pemakaian busana. Ya, ada beberapa aturan ketat yang wajib dipatuhi meski terkesan sepele seperti dilarang mengenakan pakaian berbahan jeans berwarna biru. Hal ini ternyata berkaitan dengan ketatnya aturan negara terhadap preferensi pribadi yang dianggap berkaitan erat dengan kepentingan negara khususnya di bidang politik.

Advertisement

Berikut ini Hipwee Style kupas fakta-faktanya untukmu, seperti dikutip dari Huffington Post. Simak, ya!

Dilarang mengenakan celana ketat dan pendek. Celana yang dikenakan harus panjang dan longgar

harus longgar via www.thesun.co.uk

Model celana skinny jeans atau cut bray dilarang keras dikenakan di Korea Utara. Para wanita diharuskan mengenakan celana panjang dan longgar saat keluar rumah, terutama bagi mereka yang bekerja. Meksi saat di perjalanan mereka boleh mengenakan rok, namun wajib menggantinya dengan celana panjang dan longgar saat bekerja.

Mengenakan pakaian berbahan jeans berwarna biru dianggap ke barat-baratan. Boleh memakai jeans, asal warnanya hitam

Jeans berwarna hitam dianggap lebih sopan dan nggak ke barat-baratan apalagi saat berkunjung ke Monumental Kim II Sung dan Kim Jong II. Aturan ini berlaku juga untuk turis asing yang berkunjung ke Korea Utara, di mana mereka wajib mengganti pakaian jeans berwarna biru menjadi warna hitam saat ke sana.

Advertisement

Pakaian yang terlalu banyak motif nggak diperbolehkan, semuanya harus minimalis

Bukan hanya saat acara formal, saat keluar rumah untuk acara santai pun, warga Korea Utara dilarang mengenakan pakaian yang terlalu banyak mengandung motif atau dekorasi. Pakaian yang dikenakan harus minimalis dan rapi, bahkan wajib disetrika.

Rok mini atau hot pants hanya akan membuat pemakaianya menderita. Pakaian seksi dilarang keras oleh pemerintah di sana

dilarang pakai baju seksi via www.huffingtonpost.co.uk

Pakaian yang memperlihatkan lekuk tubuh jelas dilarang di Korea Utara karena dianggap nggak sopan. Aturan ini jelas disampaikan oleh pemerintah, sehingga warganya nggak bisa melanggar dengan bebasnya. Jika terlihat di jalanan ada sekelompok anak muda yang melanggar, maka hukuman akan segera mereka dapatkan.

Mengenakan topi lebar akan membuatmu dicurigai sebagai mata-mata

Advertisement

sun hat via www.thesun.co.uk

Topi lebar atau bundar besar dilarang di Korea Utara karena identik dengan seragam mata-mata. Untuk itu, kamu akan jarang menemukan warga Korea Utara yang mengenakan topi lebar serta bulat di tempat-tempat umum.

Gimana? Ketat banget kan aturannya? Yup, sanksi yang diberikan pemerintah pun beragam mulai dari teguran, pembinaan hingga kerja paksa.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang makmum yang taat :)

Editor

Seorang makmum yang taat :)

CLOSE